Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Memahami Pemakaian kata “Despite” dan “In Spite Of” dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Memahami Pemakaian kata “Despite” dan “In Spite Of” dalam Bahasa Inggris

2021.09.29

Kamu mungkin sudah pernah menggunakan kata despite dan in spite of saat berbahasa Inggris. Akan tetapi, tahukah kamu makna yang ada di balik kedua kata tersebut? Ya, sebenarnya, secara penulisan, despite dan in spite of adalah dua kata yang berbeda. Namun, ternyata kedua kata tersebut juga memiliki kesamaan makna, yaitu berarti “meskipun” dalam bahasa Indonesia. Lalu, apa perbedaan despite dan in spite of? Nah, simak penjelasannya berikut ini:

Arti dan fungsi dari despite

Kata despite adalah kata dalam bahasa Inggris yang termasuk ke dalam preposisi. Nah, despite terhitung lebih formal dan biasanya lebih sering digunakan, baik lisan maupun tulisan, daripada in spite of. Selain itu, kata despite juga lebih fleksibel karena bisa digunakan di awal kalimat tetapi juga bisa menjadi penghubung klausa yang terdapat di tengah kalimat. Biasanya, jika digunakan di dalam kalimat, kata despite diikuti oleh kata benda atau gerund. Agar lebih jelas mengenai fungsi dan penggunaan kata despite di dalam kalimat bahasa Inggris, perhatikan beberapa contoh kalimat berikut ini:

Despite the traffic jam, I can arrive on time.

Despite Arin cancelling, we still go to the cinema to watch Fantastic Beast.

Despite the snowy day, I still have to go to school.

Nah beberapa contoh kalimat di atas adalah penggunaan kata despite yang tepat saat digunakan di awal kalimat. Pada kalimat-kalimat tersebut, kamu bisa melihat keberadaan kata “despite” menunjukkan makna, “meskipun” karena klausa di awal kalimat dan di akhir kalimat menunjukkan adanya kontradiksi yang terdapat di dalam kalimat.

Sementara itu, berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata despite sebagai kata hubung antar klausa di tengah kalimat:

She still goes to school despite the heavy rain.

Ed still manages to finish his food despite his stomach is already full.

Ruby chooses to leave despite wanting to stay

Arti dari in spite of dan fungsinya

Sedikit berbeda dengan despite, frasa in spite of terdengar lebih jarang digunakan. Tak hanya itu, frasa ini juga cenderung lebih informal. Ini artinya, in spite of akan lebih sesuai jika digunakan dalam suasana casual atau saat berbicara dengan orang terdekat. Sama halnya dengan despite, frasa in spite of juga bisa kamu gunakan di awal kalimat maupun tengah kalimat sebagai penghubung antar klausa. Selain itu, tak berbeda dengan despite, frasa in spite of juga selalul diikuti oleh noun atau kata benda. Namun, tak menutup kemungkinan jika in spite of diikuti oleh gerund.

Nah, agar lebih jelas, simak beberapa contoh kalimat yang menggunakan in spite of berikut ini.

In spite of being hungry, I still manage to walk two kilometers from here.

In spite of my past failures, I don’t want to give up.

In spite of being guilty, she pretended nothing happened.

Beberapa kalimat di atas adalah contoh penggunaan frasa in spite of di awal kalimat bahasa Inggris yang tepat. Sementara itu, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan in spite of dalam kalimat yang berfungsi sebagai penghubung dua klausa yang kontradiktif.

The game wasn’t cancelled in spite of the heavy rain.

I am eating sweets in spite of my high blood sugar levels.

She chose to leave in spite of my presence here.

Setelah membaca berbagai contoh kalimat di atas, kini kamu sudah cukup paham kan perbedaan antara despite dan in spite of yang tepat? Nah, jangan berhenti sampai di sini, pelajari lebih lanjut dan lebih dalam agar kamu semakin paham. Selamat belajar!

Daftar Konsultasi Gratis

Memahami Pemakaian kata “Despite” dan “In Spite Of” dalam Bahasa Inggris