Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Memahami Kata ‘Guys’ dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Memahami Kata ‘Guys’ dalam Bahasa Inggris

2023.08.02

Tidak seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris menggunakan pronoun yang menunjukkan gender, seperti ‘he’ dan ‘she’, yang merupakan pronoun orang ketiga yang sering digunakan. Dalam Bahasa Indonesia, ‘dia’ dan ‘mereka’ tidak menunjukkan gender dari orang yang dibicarakan. Namun Bahasa Inggris juga memiliki istilah yang tampak menunjukkan gender dari orang yang dibicarakan, tapi nyatanya bisa digunakan untuk membicarakan tentang pria atau wanita. Istilah ini adalah ‘guys’.

‘A guy’ adalah kata yang berarti seorang pria. Contoh:

“There was a guy standing in front of the apartment when I went to work this morning.”

‘A guy’ dalam kalimat tersebut menunjukkan bahwa orang yang dia bicarakan adalah seorang laki-laki.

Tapi ‘guys’ bisa pula digunakan untuk membicarakan sekelompok wanita atau sekelompok orang yang terdiri dari pria dan wanita. Contoh:

“Have you guys seen the news this morning?”

‘Guys’ dalam kalimat tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut sedang berbicara dengan sekelompok orang, tanpa mempedulikan gender dari setiap orang dalam kelompok tersebut. Jadi, kini ‘guys’ menjadi bahasa netral gender yang bisa digunakan untuk berbicara dengan sekelompok pria, sekelompok wanita, ataupun sekelompok pria dan wanita.

Asal-Usul Kata ‘Guy’ Dalam Bahasa Inggris

Menurut The Washington Post, asal-usul kata ‘guys’ bisa ditelusuri jauh hingga 5 November 1605, tepatnya dari nama Guy Fawkes, salah satu pemimpin Gunpowder Plot yang berusaha membunuh King James I di Inggris. Ketika usaha pembunuhannya gagal, pemerintah Inggris pada saat itu menyetujui perayaan yang dilakukan setiap tahun pada tanggal 5 November, sebagai ucapan syukur atas gagalnya usaha pembunuhan tersebut. Dalam perayaan ini, masyarakat menyalakan kembang api dan membakar patung-patung yang menjadi simbol dari Guy Fawkes dan komplotannya, yang mereka sebut sebagai ‘guys’.

Setelah itu, masyarakat mulai menggunakan ‘guys’ untuk menggambarkan sekelompok orang. Pada awalnya, ‘guys’ memiliki konotasi yang cenderung negatif. Lama-kelamaan, arti ‘guys’ mulai bergeser menjadi lebih positif dan digunakan untuk menggambarkan sekelompok laki-laki, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu pada pertengahan abad-20, ‘guys’ juga mulai digunakan secara gender netral dan tidak melulu digunakan untuk laki-laki.

Beda ‘Guys’ dan ‘Gaes’

‘Guys’ merupakan salah satu kata Bahasa Inggris yang juga sering digunakan dalam Bahasa Indonesia, terutama ketika Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia digunakan bersamaan dalam percakapan sehari-hari seperti dalam bahasa gaul Jaksel. Kamu mungkin juga sering melihat kata ‘gaes’ digunakan dalam media sosial. Apa beda kedua kata ini?

Sebenarnya ‘gaes’ dan ‘guys’ memiliki arti dan penggunaan yang sama, tapi ‘gaes’ merupakan cara yang salah untuk menulis ‘guys’. Kesalahan ini bisa tidak disengaja ataupun disengaja untuk menunjukkan situasi informal dalam penggunaan kata tersebut, seperti yang sering digunakan dalam bahasa anak Jaksel.

Menggunakan ‘Guys’ dalam Bahasa Inggris

‘Guys’ sudah lama menjadi kata netral gender dalam Bahasa Inggris. Namun dengan maraknya bahasan isu gender saat ini, beberapa orang mulai mengurangi dan memikirkan kembali penggunaan ‘guys’ dalam Bahasa Inggris, karena kata ini dianggap tidak inklusif dan terlalu lekat dengan gender laki-laki. Beberapa kata lain yang serupa dengan ‘guys’ dalam Bahasa Inggris adalah:

1. Dude

Seperti ‘guy’, ‘dude’ juga merupakan kata yang cenderung digunakan untuk laki-laki.

2. Fella

‘Fella’ atau ‘fellas’ terbentuk dari kata ‘fellow’ dan merupakan kata informal yang bisa digunakan secara netral gender. Pada dasarnya, ‘a fella’ digunakan untuk menggambarkan seseorang yang biasa-biasa saja dan tidak menonjol, tapi bisa juga digunakan untuk menggambarkan seorang teman.

3. Mate

‘Mate’ juga merupakan kata yang digunakan untuk menyapa seseorang, tapi lebih umum digunakan di negara seperti Inggris dan Australia.

Dalam upaya untuk menggunakan kata yang lebih gender inklusif, beberapa orang menggantikan penggunaan ‘guys’ dengan kata lain, misalnya ‘everyone’, ‘people’, ‘folks’, dll. Menurut kamu, kata apa yang bisa digunakan untuk menggantikan ‘guys’?

Daftar Konsultasi Gratis

Memahami Kata ‘Guys’ dalam Bahasa Inggris