Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Macam-Macam Preposition dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Macam-Macam Preposition dalam Bahasa Inggris

2021.10.04

Sebagian besar dari kamu mungkin masih belum sepenuhnya paham dengan apa arti dari preposition. Preposisi atau preposition sendiri adalah kata depan yang biasanya diletakkan sebelum kata benda atau pronomina di dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Nah, ada macam-macam preposition yang berbeda-beda. Agar tidak terjadi kesalahan dalam menggunakan preposisi, simak jenis-jenisnya berikut ini:

Preposition of place

Preposition of place berarti kata depan yang menunjukkan tempat atau lokasi. Tidak hanya terdapat satu macam saja, preposition of place juga masih terbagi ke beberapa jenis. Biasanya, hal ini ditentukan oleh lokasi atau tempat yang kamu maksud. a. At

Salah satu preposition of place yang tentunya sudah akrab di telinga adalah kata “at”. Biasanya, dalam menunjukkan waktu, kata “at” digunakan untuk:

- Menunjukkan alamat: at Gatot Subroto street, at Mercu Buana street

- Menunjukkan gedung atau tempat yang besar dan luas: at the park, at the mall

- Menunjukkan nama daerah atau suatu tempat saat sedang melakukan perjalanan: at a village near Perawang.

b. In

Selain preposition of place yang sudah disebutkan di atas, ada pula jenis preposition of place lain, yaitu “in”. Sebenarnya, fungsi dari “at” maupun “in” tidak jauh berbeda. Sama halnya dengan “at”, preposisi “in” juga bisa kamu gunakan untuk beberapa fungsi berikut:

- Menunjukkan tempat umum: in the city hall, in the city garden.

- Menunjukkan tempat di dalam gedung atau tempat-tempat yang luas: in the restaurant, in the book store.

- Menunjukkan nama desa, kota, atau negara: in Malang, in Vietnam, in Australia

c. On

Sedikit berbeda dengan “at” dan “in”, adalah preposisi yang lebih sering digunakan untuk menunjukkan posisi atau letak suatu benda. Misalnya, gelas yang letaknya di atas meja. Preposisi ini memiliki arti, “di atas”. Oleh sebab itu, biasanya, preposition of place ini menunjukkan posisi suatu benda yang berada di atas benda lainnya.

Contoh kalimat:

- I put my glasses on the table.

- I saw your smartphone on the coffee table last night.

Selain ketiga preposisi yang mengawali kata benda berupa keterangan tempat, ada pula beberapa jenis preposition of place yang memiliki fungsi beragam. Contohnya, “to”, “from”, “near”, “beside”, “between”, “among”, “above”, “below”, “under”, “in front of”, “in back of”, “by”.

Preposition of time

Nah, fungsi preposisi tidak hanya mengawali keterangan tempat, tetapi juga keterangan waktu. Tak jauh berbeda dengan preposition of place, preposisi yang satu ini juga terdiri dari beberapa jenis yang penting untuk kamu pelajari. Berikut adalah beberapa contoh dan penjelasannya.

a. At

Preposisi yang satu ini biasanya digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu yang berupa jam atau suasana. Contohnya, waktu yang berupa, “pukul 11 siang”, “pada siang hari”, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan preposisi “at” yang digunakan sebagai preposition of time.

- I go to school every day at 6 am.

- My parents usually come home at night.

b. On

Sebagai preposition of time, kata “on” digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu yang berupa informasi tentang hari, tanggal, atau hari spesial atau perayaan, seperti tahun baru atau natal. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan “on” yang tepat sebagai preposition of time dalam kalimat bahasa Inggris:

- I went to the park on Saturday night last weekend.

- I was born on Sunday, November 20th, 1994.

- My sister came home last year on Christmas day.

c. In

Sebagai preposition of time, “in” biasanya digunakan untuk menjelaskan informasi berupa waktu, bulan, cuaca, hingga tahun. Berikut adalah beberapa contoh kalimatnya:

- I wake up in the morning everyday.

- I will come home in June.

- I will go to Italy in 2022.

Sebenarnya, masih ada beberapa preposisi waktu yang juga bisa kamu gunakan jika ingin berbahasa Inggris. Di antaranya adalah “before”, “after”, “since”, “during”, “for”, “until”, “from… to…” dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin menguasai bahasa Asing yang satu ini, cobalah mempelajari fungsi dari masing-masing preposisi yang telah disebutkan di atas.

Preposition of direction

Nah, salah satu macam dari preposisi yang juga tak kalah penting adalah preposition of direction. Ini artinya, preposisi yang digunakan berfungsi untuk menunjukkan arah. Ada macam-macam preposition yang bisa kamu gunakan dalam kalimat demi menunjukkan informasi tentang arah:

a. Into

Preposisi yang satu ini menunjukkan arah yang diambil oleh seseorang saat bergerak atau bepergian. Tak hanya itu preposisi yang satu ini juga bisa menunjukkan suatu benda yang digerakkan. Salah satu contoh kalimat yang dengan tepat menggunakan preposisi “into” adalah:

- He jumped into the sea.

- I pushed him into the book store.

b. Toward

Sedikit berbeda dengan kata “into”, kata “toward” menunjukkan arah. Alhasil, jika “into” adalah gerakan yang sudah terjadi ke dalam, “toward” masih berupa persiapan atau ancang-ancang, meski sudah mengarah ke salah satu tujuan. Berikut contoh kalimatnya yang tepat:

- She ran away when saw someone coming toward her.

- He said that he had a feeling towards me.

Nah, kini kamu sudah lebih paham kan mengenai preposition? Agar tidak ragu, pelajari topik ini secara keseluruhan dan hindari kesalahan penggunaannya saat berbahasa Inggris. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

Macam-Macam Preposition dalam Bahasa Inggris