Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Ternyata, Ada Kata dalam Bahasa Inggris yang Berbeda Makna Karena Ada Spasi
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Ternyata, Ada Kata dalam Bahasa Inggris yang Berbeda Makna Karena Ada Spasi

2021.08.25

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa kosakata yang berbeda makna saat terdapat spasi di tengah kata. Ini artinya, penulisan dan urutan huruf dalam kata tersebut sama. Hanya saja, keberadaan spasi di antara huruf tertentu memecahkannya ke dalam beberapa kata yang memiliki makna berbeda. Nah, berikut ini adalah beberapa contohnya:

Everyday dan every day

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa “every day” dan “everyday” memiliki makna yang berbeda. Ya, penulisan kedua kata tersebut memang hampir sama. Satu hal yang membedakan hanyalah keberadaan spasi di tengah kata “everyday” yang membuatnya terpisah menjadi dua kata, yaitu “every day”.

Nah, frasa “every day” bermakna, “setiap hari”. Kata “every” adalah kata yang memberi sifat pada kata “day” sehingga frasa tersebut bisa dianggap sebagai frasa kata benda atau noun phrase. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan “every day” yang tepat dalam kalimat bahasa Inggris:

My mother wakes up at 4 a.m every day.

I go to the library every day during exams.

Seperti contoh kalimat di atas, kamu bisa menggunakan “every day” sebagai keterangan waktu yang menandakan bahwa kamu melakukan suatu hal setiap hari.

Sementara itu, “everyday” merupakan “adjective” atau “kata sifat” yang berarti “setiap hari” atau “harian”. Kata ini biasanya digunakan untuk memberi sifat kepada suatu barang yang digunakan sehari-hari. Contohnya, “everyday clothing” berarti “pakaian sehari-hari.” Berikut adalah contoh penggunaan kata “everyday” dalam kalimat:

Shoplifting is an everyday crime here in Paris.

You should wear proper clothes instead of an everyday piece of cloth.

Maybe dan may be

Sama halnya dengan “everyday” dan “every day”, ternyata kata “maybe” dan “maybe” juga merupakan dua kata yang berbeda. Meski maknanya sekilas terlihat sama, tetapi keduanya pun digunakan dalam kondisi yang tak sama. Belum lagi, keduanya termasuk ke dalam kelas kata yang berbeda.

Kata “maybe” tergolong sebagai kata keterangan. Kata yang satu ini merupakan sinonim dari “possibly” atau “perhaps”. Ya, kata “maybe” berarti “mungkin”. Berikut adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “maybe” dengan tepat:

Maybe I will go to your house later today.

Maybe she will come, maybe she won’t.

Sementara itu, “may be” termasuk ke dalam verb phrase atau frasa kata kerja. Kedua kata yang terdapat dalam frasa ini merupakan kata kerja terpisah, yaitu “may” dan “be”. Frasa ini menandakan sebuah kondisi di mana sesuatu bisa terjadi, atau suatu kondisi yang mungkin nyata ada. Contoh penggunaan kata “may be” dalam kalimat adalah seperti berikut:

I may be young, but I know better than you do.

Arina may be going to the doctor today, but only if she doesn’t have to drive herself.

Anytime dan any time

Pada dasarnya, kata “anytime” dan “any time” adalah dua kata dengan makna yang sama. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati saat menuliskan keduanya dalam kalimat. Kata “anytime” dan “any time” berarti “setiap saat” dan keduanya bisa kamu gunakan sebagai keterangan waktu.

Umumnya, kata “any time” bisa kamu gunakan untuk menggantikan “anytime”. Akan tetapi, belum tentu dengan kata “anytime” yang menggantikan “any time”. Kata “anytime” tidak bisa digunakan mengikuti preposisi “at”, sedangkan “any time” bisa.

Sebagai contoh, “You can come to my house at anytime,” adalah penulisan yang salah. Sementara, “you can come to my house at any time” adalah penulisan kalimat yang tepat.

Di sisi lain, “If you’d like me to help you, I’m available any time,” dan “If you’d like me to help you, I’m available anytime” adalah dua kalimat yang penulisannya sudah tepat.

Nah, selain ketiga contoh di atas, masih ada beberapa kata lagi yang memiliki perbedaan arti karena terpisah oleh spasi. Cari sebanyak-banyaknya dan pelajari agar kemampuan bahasa Inggrismu meningkat.

Daftar Konsultasi Gratis

Ternyata, Ada Kata dalam Bahasa Inggris yang Berbeda Makna Karena Ada Spasi