Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Contoh Kalimat Penutup dalam Email Berdasarkan Tujuannya
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Contoh Kalimat Penutup dalam Email Berdasarkan Tujuannya

2021.04.19

Email adalah salah satu alat komunikasi yang biasanya digunakan dalam dunia profesional. Ini artinya, kamu akan sering menggunakannya saat berhubungan dengan rekan kerja, rekan bisnis, hingga client.Sebagai bentuk profesionalisme, bahasa yang sebaiknya kamu gunakan saat menulis email adalah bahasa formal, dari kalimat pembuka hingga kalimat penutup.
Nah, penggunaan kalimat penutup sangat tergantung pada tujuan kamu menulis email tersebut. Berikut adalah beberapa contoh kalimat penutup email yang dibedakan berdasarkan tujuannya:

Saat kamu membutuhkan jawaban

Biasanya, tujuan dari menulis email kepada rekan kerja, atasan, bawahan, atau client adalah untuk menanyakan suatu hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Jika kamu memang membutuhkan jawaban dari pertanyaan yang kamu berikan di dalam email, kamu bisa mempertegasnya pada kalimat penutup.

Contohnya, “I’ll appreciate your help for answering my question,” atau “If you are able to reply by 2 PM, that would be nice. Thank you.” Pada kedua kalimat tersebut, kamu sama-sama menekankan bahwa kamu memang membutuhkan jawaban dari sebuah pertanyaan.

Namun, kamu tetap bisa menyampaikannya dengan kalimat yang sopan.

Saat kamu memenuhi permintaan

Jika kamu berhasil memenuhi permintaan untuk mengerjakan sesuatu, biasanya kamu akan diminta untuk melaporkan kembali hasil pekerjaanmu.

Apabila kamu diminta menyampaikan laporan tersebut melalui email, ada beberapa contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang cocok untuk digunakan sebagai penutup dari surat elektronik yang satu ini. Kamu bisa menuliskan, “Let me know if you have any questions,” atau “I’m happy to help if you want to know more.”

Dengan menggunakan kalimat tersebut, kamu menunjukkan bahwa kamu akan dengan senang hati membantu jika penerima email membutuhkan bantuan atau penjelasan lebih lanjut mengenai hasil pekerjaanmu.

Saat orang lain menyelesaikan sebuah pekerjaan untukmu

Dalam dunia pekerjaan, tidak melulu kamu yang menyelesaikan pekerjaan untuk orang lain. Ada kalanya, orang lain yang melakukan pekerjaan untukmu. Ya, bisa jadi, kamu memiliki bawahan atau rekan kerja yang perlu mengerjakan suatu hal atas permintaanmu. Nah, setelah ia menyerahkan pekerjaannya kepadamu melalui email, kamu tentu akan membalas email tersebut.

Ada beberapa contoh kalimat yang bisa kamu gunakan sebagai penutup untuk email dengan tujuan mengucapkan terima kasih, seperti, “Thank you for your hard work,” atau, “Thank you for doing your best.” Dua contoh kalimat tersebut menunjukkan bahwa kamu telah mengapresiasi orang tersebut atas pekerjaan yang telah berhasil diselesaikan.

Saat hendak merencanakan pertemuan bisnis atau meeting

Jika ingin merencanakan sebuah pertemuan bisnis atau meeting dengan rekan kerja, tentu kamu harus membuat janji terlebih dahulu.
Biasanya, kamu harus menanyakan jadwal yang dari rekan kerja atau bisnis demi menemukan waktu yang tepat untuk pertemuan tersebut.

Apabila kamu harus menanyakannya melalui sebuah email, pastikan bahwa kamu menekankan kembali pada kalimat penutup. Contohnya, “Hoping for a hole in your calendar,” yang berarti, “Semoga kamu memiliki jadwal atau waktu luang untuk pertemuan tersebut.”

Saat menyesuaikan kalimat penutup dengan waktu pengiriman email

Terkadang, kamu juga boleh menuliskan kalimat penutup yang berkaitan dengan waktu pengiriman email tersebut. Apalagi jika inti dari email tersebut sudah tersampaikan dengan baik. Contohnya, “Have a great weekend,”  jika kamu mengirimkan email tersebut pada hari kerja terakhir sebelum akhir pekan.

Bahkan, kamu juga bisa menambahkan, “Hope your weekend is going well,” jika terpaksa mengirimkan email tentang pekerjaan pada akhir pekan. Selain itu, kamu juga bisa mengatakan, “Enjoy your holiday,” sebagai kalimat penutup jika kamu mengirimkan email tersebut sesaat sebelum musim liburan dimulai.

Dari berbagai contoh kalimat penutup email di atas, mana yang sudah pernah kamu gunakan? Perluas pengetahuanmu mengenai kalimat penutup email yang baik demi meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Contoh Kalimat Penutup dalam Email Berdasarkan Tujuannya