Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Idiom Bahasa Inggris yang Mengandung Nama Hewan
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Idiom Bahasa Inggris yang Mengandung Nama Hewan

2021.07.29

Sama halnya dengan idiom dalam bahasa Indonesia, ada berbagai idiom bahasa Inggris yang mengandung kata hewan di dalamnya. Untuk memperdalam kemampuan berbahasa Inggris, cobalah untuk memahami makna di balik idiom-idiom tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh idiom dalam bahasa Inggris yang memuat jenis-jenis hewan di dalamnya:

An early bird

Dalam idiom bahasa Inggris yang satu ini, jenis hewan yang termasuk di dalamnya adalah “bird” atau “burung”. Nah, idiom ini bisa berarti banyak hal yang serupa tapi tak sama. Contohnya, “an early bird” bisa bermakna seseorang yang bangun di awal pagi. Namun, idiom ini juga bisa bermakna seseorang yang datang ke suatu tempat atau sebuah acara paling awal.

Contoh penggunaan idiom bahasa Inggris yang mengandung jenis hewan yang satu ini adalah:

Adam is an early bird, so he is never late to school.

I know Chyntia is an early bird. That is why, I was shocked when I saw her coming late.

A busy bee

Idiom berikutnya yang juga mengandung jenis hewan adalah “a busy bee”. Idiom bahasa Inggris yang satu ini memiliki makna, “seseorang yang sibuk,” atau, “orang yang senang menyibukkan diri sendiri”. Selain “a busy bee”, kamu juga bisa menggunakan istilah, “as busy as a bee” sebagai idiom dengan makna serupa dalam kalimat.

Berikut adalah contoh penggunaan idiom bahasa Inggris yang satu ini:

She is busy as a bee preparing her wedding day.

He is a busy bee every Monday.

Raining cats and dogs

Nah, dalam idiom bahasa Inggris yang satu ini, tidak hanya mengandung satu melainkan dua jenis hewan, yaitu “cats” atau “kucing” dan “dogs” atau “anjing”. Idiom bahasa Inggris tersebut bermakna, “hujan yang amat deras”. Namun, makna dari idiom ini juga bisa berarti, “hujan yang turun terus-menerus dan tak kunjung mereda.” Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang memuat idiom ini:

It’s raining cats and dogs and my sister hasn’t come home yet.

When we were about to go out, it was raining cats and dogs.

A lone wolf

Jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia, idiom “a lone wolf” berarti, “serigala yang sendirian”. Akan tetapi, makna yang sesungguhnya dari idiom ini adalah, “seseorang yang lebih senang menyendiri” atau bisa dikatakan jarang bersosialisasi dengan orang lain. Idiom tersebut juga bisa diartikan sebagai, “orang yang tidak terlalu suka menghabiskan waktu dengan orang lain.” Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang mengandung idiom “a lone wolf”:

He doesn’t have friends at school. He’s such a lone wolf.

Don’t be such a lone wolf and come to the party!

Social butterfly

Berbanding terbalik dengan “a lone wolf”, idiom yang satu ini justru bermakna, “seseorang yang gemar bersosialisasi dengan banyak orang, khususnya dalam event atau pesta.” Nah, meski idiom ini bisa diaplikasikan kepada baik kepada wanita maupun pria, social butterfly lebih lekat dengan wanita. Bisa dibilang, seseorang yang tergolong “social butterfly” adalah orang yang punya banyak kenalan dan sibuk mengikuti banyak kegiatan dan acara.

Contoh kalimat yang mengandung idiom ini adalah sebagai berikut:

Sarah used to be a social butterfly, but she is no longer anymore.

You don’t need to worry about her, she is a social butterfly, so she can adapt to a new environment easily.

Dari beberapa contoh di atas, manakah yang sudah kamu ketahui? Masih banyak idiom-idiom lain yang mengandung jenis hewan di dalamnya dan bisa kamu pelajari. Jangan berhenti belajar, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Idiom Bahasa Inggris yang Mengandung Nama Hewan