Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
7 Cara Menyampaikan Maaf Selain Sorry dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

7 Cara Menyampaikan Maaf Selain Sorry dalam Bahasa Inggris

2022.02.18

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Jika kesalahan yang kamu lakukan itu berkaitan dengan orang lain, sebaiknya segera sampaikan permohonan maaf. Salah satu ungkapan dalam bahasa Inggris yang sering digunakan saat menyampaikan maaf adalah, “I’m sorry.” Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak ungkapan dan istilah lain yang bisa kamu gunakan untuk meminta maaf? Berikut ini contoh dan penjelasannya:

I’m terribly sorry

Salah satu ungkapan yang bisa menjadi alternatif dari “I’m sorry” adalah, “I’m terribly sorry.” Jika dibandingkan dengan “I’m sorry”, ungkapan tersebut memang menunjukkan perasaan maaf yang lebih besar. Pasalnya, “I’m terribly sorry,” bermakna, “Aku benar-benar minta maaf.” Itu artinya, permintaan maaf yang satu ini terasa lebih tulus secara ucapan saat digunakan untuk meminta maaf kepada orang lain.

I didn’t mean to

Meski tidak secara gamblang mengucapkan permintaan maaf, ungkapan yang satu ini bisa kamu gunakan untuk meminta maaf kepada lawan bicara. “I didn’t mean to” berarti, “Aku tidak bermaksud…” Saat menggunakan ungkapan yang satu ini, kamu sebenarnya sedang menunjukkan penyesalan atas suatu kesalahan yang ka

mu lakukan. Sebuah penyesalan juga bisa dianggap sebagai suatu permintaan maaf meski tidak secara langsung.

It’s all my fault

Kalimat “It’s all my fault” memiliki arti, “Ini semua salahku.” Jika kamu mengucapkan kalimat tersebut, tandanya kamu sedang mengakui bahwa kamu telah membuat suatu kesalahan. Tidak semua orang, lho, mau mengakui bahwa ia telah membuat suatu kesalahan. Oleh sebab itu, dengan menggunakan kalimat ini, sebenarnya kamu sedang menyatakan sebuah permintaan maaf sekaligus penyesalan. Meski, lagi-lagi, tidak secara terang-terangan.

I hope you can forgive me

Saat mengucapkan kalimat, “I hope you can forgive me” kamu sebenarnya sedang melakukan suatu permintaan maaf kepada lawan bicara. Pasalnya, “I hope you can forgive me” berarti, “Aku harap kamu bisa memaafkanku.” Dari kalimat itu, meski kamu belum mengatakan sebuah permintaan maaf, kamu sudah menyatakan sebuah pengharapan untuk dimaafkan. Itu tandanya, kamu sendiri sudah mengakui kesalahan dan menyatakan permintaan maaf.

I apologize for my mistake

Sementara itu, kalimat yang satu ini merupakan alternatif lain yang tergolong formal. “Apologize” adalah sebuah kata kerja yang berarti sebuah aksi meminta maaf. Ini artinya, saat kamu mengatakan “apologize”, itu tandanya kamu sedang meminta maaf. Nah, kalimat, “I apologize for my mistake” berarti, “Aku meminta maaf atas kesalahanku.” Dari kalimat tersebut, kamu telah meminta maaf sekaligus mengakui bahwa kamu telah membuat suatu kesalahan.

Please forgive me

Kalimat yang diawali dengan kata “Please” menandakan bahwa kamu sedang melakukan sebuah permohonan. Nah, kalimat di atas menunjukkan sebuah permohonan agar kamu diberi maaf oleh lawan bicara. Ini disebabkan kalimat, “Please forgive me,” bermakna, “Tolong maafkan aku.” Saat kamu menggunakan kalimat tersebut, kamu sebenarnya sedang meminta maaf sekaligus mengharapkan lawan bicara untuk memaafkan kamu atas sebuah kesalahan yang telah kamu perbuat.

Please don’t be mad at me.

Sama halnya dengan kalimat sebelumnya, kalimat ini juga merupakan sebuah permohonan. Jika menggunakan kalimat tersebut, kamu berarti sedang memohon agar lawan bicara tidak marah kepadamu. Nah, biasanya, seseorang marah karena adanya kesalahan yang kamu perbuat. Saat mengatakan kalimat ini, kamu memohon agar lawan bicara tidak marah atas kesalahan yang kamu perbuat. Ini tandanya, kamu menyadari bahwa kamu sedang membuat kesalahan. Meski begitu, hindari menggunakan kalimat ini karena permintaan maaf dengan ungkapan ini terasa tidak setulus permintaan maaf lainnya.

Dari berbagai contoh di atas, kini kamu bisa mengucapkan permintaan maaf selain “I’m sorry,” bukan?

Daftar Konsultasi Gratis

7 Cara Menyampaikan Maaf Selain Sorry dalam Bahasa Inggris