Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar

2021.01.15

Salah satu kunci keberhasilan dalam belajar adalah fokus dan konsentrasi. Bahkan, belajar dalam jangka waktu yang lama tidak bisa menjamin keberhasilan tersebut. Namun, bagaimana jika di sekelilingmu terlalu banyak distraksi yang membuat perhatianmu teralihkan? Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar, di antaranya:

Belajar di tempat yang mendukung suasana belajar

Salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi adalah menciptakan suasana belajar yang mendukung kamu agar lebih berkonsentrasi. Jika kamu tidak bisa belajar saat ada televisi menyala, atau tidak bisa belajar sambil mendengarkan musik, hindari hal-hal tersebut.

Sementara, jika suasana yang terlalu hening justru membuatmu tidak bisa fokus, cobalah dengarkan musik, tapi pastikan musik tersebut bisa meningkatkan konsentrasi, bukannya mengalihkan perhatianmu.

Lalu, hindari pula berbagai ruangan atau lokasi yang terlalu banyak orang. Pasalnya, tidak semua orang akan mengerti bahwa kamu sedang belajar dan butuh konsentrasi. Bisa jadi, mereka yang hanya melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa justru mengganggu konsentrasimu.

Bahkan, bisa jadi, orang tersebut mengajakmu ngobrol, dan berbagai kegiatan lain yang membuatmu tak bisa kunjung fokus untuk belajar.

Belajar di waktu yang tepat

Jika kamu ingin meningkatkan konsentrasi saat belajar, hindari waktu-waktu yang kurang tepat, misalnya saat kamu sedang merasa lelah. Saat itu, bukannya berkonsentrasi, kamu tentu akan mengantuk. Upayakan, saat kamu belajar, kamu dalam kondisi prima dan bersemangat. Saat kamu dalam kondisi fresh dan siap untuk belajar, waktu yang kamu habiskan untuk belajar tentu lebih efisien dan proses belajar menjadi lebih efektif. Hasilnya tentu akan sangat berbeda dibandingkan saat kamu memaksakan diri untuk belajar, meksi kondisi tubuhmu sedang tidak nyaman atau tidak memungkinkan untuk belajar.

Jika demikian, lebih baik beristirahat terlebih dahulu, untuk mengumpulkan energi yang digunakan belajar di keesokan harinya.

Beri jeda di setiap waktu belajar

Jika ingin belajar lebih efektif, coba beri jeda setiap kamu sedang belajar. Jangan belajar terus selama berjam-jam tanpa jeda, karena bisa jadi di tengah-tengah waktu belajar, konsentrasimu sebenarnya sudah buyar. Salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar adalah beri jeda setelah 20 menit belajar selama 5 menit.

Kamu bisa mengambil air minum, melakukan peregangan sesaat, atau pergi ke kamar mandi selama lima menit tersebut. Untuk menerapkannya, coba pasang alarm setiap 20 menit sekali agar kamu bisa memberi jeda tepat pada waktunya.

Hindari gadget jika tidak digunakan belajar

Salah satu distraksi terbesar saat belajar adalah gadget, khususnya smartphone. Padahal, saat belajar, tidak sedikit fitur dan aplikasi yang bisa kamu gunakan di ponsel pintar untuk meningkatkan efektivitas belajar.

Sayangnya, berbagai akun media sosial dan layanan chat yang juga ada di dalam ponsel ini dapat mengalihkan perhatianmu untuk waktu yang lama. Jika memang tidak digunakan belajar, lebih baik jauhkan dirimu dari gadget saat belajar. Namun, jika benar-benar diperlukan untuk belajar, cobalah menggunakan airplane mode atau matikan paket data agar tidak ada notifikasi yang masuk dan merusak konsentrasi yang sudah dibangun. Jika kamu masih menggunakan internet untuk belajar, matikan untuk sementara notifikasi di ponsel agar bisa belajar lebih fokus dan tenang.

Ciptakan rutinitas

Rutinitas belajar juga penting untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Saat kamu terbiasa belajar pada waktu-waktu tertentu, pola pikir untuk belajar menjadi terbentuk. Artinya, pada jam-jam tersebut, hati dan pikiranmu sudah siap dan terbiasa untuk digunakan belajar.

Hal ini tentu membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi karena kesiapan itu tadi. Nah, sekarang kamu tidak perlu takut lagi, karena ada banyak cara yang bisa kamu praktekkan agar bisa lebih konsentrasi saat belajar.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar