Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
 5 Cara Mengungkapkan Stress dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Cara Mengungkapkan Stress dalam Bahasa Inggris

2022.09.06

Apakah kamu pernah merasakan stres? Jangan khawatir, karena hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai aspek dalam hidup, mulai dari hubungan keluarga, hubungan dengan pasangan, hubungan pertemanan, pekerjaan, lingkungan, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Inggris, kondisi ini biasanya digambarkan menggunakan adjective “stress”. Namun, ada banyak kosa kata lain yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami stres. Apa saja? Berikut beberapa contohnya.

Overwhelmed

Selain “stress”, kata dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan perasaan tersebut adalah “overwhelmed”. Secara spesifik, kata tersebut bermakna, “memiliki perasaan emosional yang kuat akan sesuatu yang sulit untuk dihindari atau tidak tahu bagaimana harus menghadapi sesuatu hal tersebut.” Nah, kata tersebut memang tidak secara gamblang menyatakan bahwa kamu sedang stres.

Akan tetapi, dalam kondisi seperti itu, biasanya kamu akan merasa tak nyaman karena tidak tahu bagaimana harus merespons sesuatu yang terjadi. Kondisi tersebut jika dibiarkan bisa memicu munculnya stres. Alhasil, kamu bisa menggunakan kata ini jika merasakan stres akibat kondisi spesifik yang sudah disebutkan di atas.

Too much

Frasa yang juga bisa kamu gunakan untuk menunjukkan perasaan stres adalah “too much”, yang jika diartikan secara harafiah berarti, “terlalu banyak.” Namun, sebenarnya, dalam konteks ini, “too much” berarti, “sebuah situasi atau kondisi yang terlalu sulit untuk dihadapi.” Ini tandanya, situasi atau kondisi yang sedang dihadapi ini biasanya bukan hal yang menyenangkan buat kamu.

Jika kamu merasa sulit untuk menghadapi suatu kondisi atau situasi, tentu kamu merasa tertekan dengan hal tersebut. Apalagi jika kamu tidak berhasil menemukan cara untuk keluar dari situasi tersebut. Nah, hal ini bisa juga menjadi pemicu stres yang kamu alami. Oleh sebab itu, frasa ini juga bisa kamu gunakan saat ingin mengungkapkan “stress” dengan cara lain dalam bahasa Inggris.

Under pressure

Kamu juga bisa menggunakan kata “under pressure” untuk menjelaskan perasaan stres yang sedang kamu alami. Pada dasarnya, “under pressure” memiliki arti, “terpaksa melakukan sesuatu.” Saat kamu merasa terpaksa, tentu kamu merasa tidak nyaman dengan perasaan tersebut. Nah, jika sudah merasa terpaksa untuk melakukan suatu hal dan bukan karena keinginan sendiri, kamu bisa saja stres karenanya.

Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan kata “under pressure” jika ingin mengungkapkan perasaan stres akibat suatu keterpaksaan dalam menjalani atau melakukan sesuatu. Biasanya, kondisi tertekan seperti ini muncul karena kamu merasa tidak punya kuasa untuk menolak tawaran, ajakan, atau perintah orang lain sehingga mau tidak mau kamu harus mengikutinya.

Burned out

Frasa lain yang juga bisa kamu gunakan untuk menggambarkan perasaan stres yang kamu alami adalah “burned out”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “burned out” bisa bermakna, “kelelahan”. Nah, kelelahan yang dimaksud bukan kelelahan fisik seperti biasanya. Kelelahan yang dimaksud adalah lelah secara mental dan juga fisik karena suatu hal yang terus-menerus dilakukan.

Contohnya, kamu bisa saja “burned out” karena lelah bekerja hingga kamu tidak sanggup lagi memikirkan hal-hal lainnya. Jika hal ini tidak segera kamu atasi dengan refreshing, atau rehat sejenak, bisa jadi kamu justru akan stres dengan rutinitas yang kamu jalani sehari-hari.

Having a hard time

Kamu juga bisa menyatakan bahwa kamu sedang stres dengan pernyataan, “I’m having a hard time,” yang berarti kamu sedang mengalami masa-masa sulit. Masa-masa sulit yang dimaksud ini bisa jadi suatu hal atau kondisi yang membuat kamu merasa tertekan, stres, tidak nyaman, dan lain sebagainya. Hal ini bisa berkaitan dengan berbagai aspek dalam hidup.

Dengan menggunakan kalimat, “I’m having a hard time,” lawan bicara tentu akan mengerti bahwa kamu sedang merasa tak nyaman dengan kondisi atau situasi yang kamu jalani. Ini artinya, kamu termasuk seseorang yang sedang merasa stres.

Nah, kini kamu memiliki banyak pilihan spesifik yang bisa kamu gunakan jika ingin menggambarkan bahwa kamu sedang stres tanpa harus menggunakan adjective “stress” saat mengungkapkannya. Menarik, bukan? Anyway, cek artikel yang lain yuk dengan klik di sini ya.

Daftar Konsultasi Gratis

 5 Cara Mengungkapkan Stress dalam Bahasa Inggris