Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

2020.11.23

Dari sekian banyak metode belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan, salah satu yang menarik adalah belajar bahasa Inggris dengan lagu. Sambil mendengarkan lagu, ada banyak aspek bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari. Nah, berikut ini adalah tips untuk belajar bahasa Inggris dengan lagu secara efektif. Di antaranya:

Memilih lagu yang disukai

Sama halnya dalam memilih metode belajar, memilih lagu yang tepat juga salah satu tips untuk memudahkan kamu mempelajari bahasa Inggris dengan metode ini. Tentu akan terasa lebih sulit jika harus mendengarkan lagu dengan genre yang tidak sesuai dengan telinga kamu.

Setelah beberapa kali mendengarkan lagu tertentu, lama-lama kamu akan mengingat lirik dari lagu tersebut hingga melekat di kepala. Dari barisan lirik yang kamu ingat, kamu bisa saja menambah kosa kata bahasa Inggris yang kamu miliki, beserta konteks dan penggunaan kata yang mungkin kamu dapatkan dari lirik tersebut.

Ikut bernyanyi

Tidak perlu takut jika merasa suaramu tidak enak didengar, karena kamu tidak harus bernyanyi di hadapan orang lain. Cobalah bernyanyi saat sedang berada di kamar sendiri, atau mungkin kamu juga bisa menggelar ‘konser’ di kamar mandi jika perlu. Hal yang terpenting, cobalah untuk ikut bernyanyi dan mengucapkan kata-kata di dalam lagu yang kamu dengar. Dengan sering ikut menyanyikan lagu tersebut, selain kosa kata bertambah, kamu juga bisa langsung mengetahui pelafalan tiap kata dengan tepat.

Membaca lirik

Jika kamu tidak mengerti lirik dari lagu berbahasa Inggris hanya dengan mendengarkannya, kamu boleh mencari lirik dari lagu tersebut di Internet. Awalnya mungkin memang tidak mudah untuk memahami keseluruhan lagu tanpa membaca liriknya terlebih dahulu. Mencari dan membaca lirik dari lagu-lagu tersebut dapat membantu kamu memahami bagaimana penulisan dari tiap-tiap kata di dalam lirik. Sambil membaca lirik, kamu juga bisa memahami pelafalan dari kata-kata tersebut dengan cara mendengarkan lagunya.

Jadi, dengan mendengarkan lagu, selain menambah kosa kata dalam bahasa Inggris, kamu juga belajar pronunciation dan meningkatkan kemampuan listening.

Menghafalkan lirik

Setelah membaca lirik lagu dan menyanyikannya dalam waktu yang bersamaan, kini saatnya kamu untuk hanya menyanyikannya saja tanpa membaca liriknya. Kali ini, gunakan teknik menghafal untuk mengingat kosa kata yang biasanya kamu baca pada lirik.Setelah membiasakan diri membaca sambil mendengarkan, kamu jadi lebih mudah untuk mengingat kosa katanya sambil bernyanyi. Lama-kelamaan, kamu akan familiar dengan kata-kata tersebut sehingga kamu bisa menggunakannya dalam berbicara dan menulis bahasa Inggris.

Mencari lagu lain

Kamu tidak perlu harus benar-benar menghafal satu lagu sepenuhnya terlebih dahulu untuk lanjut mempelajari kosa kata di lagu yang lain. Jika kamu sudah merasa cukup apalagi bosan dengan lagu yang satu, kamu boleh kok mencari lagu lain dan melakukan hal yang sama. Setelah beberapa waktu, cobalah untuk kembali kepada lagu pertama yang sudah kamu hafalkan tadi. Hal ini cocok dilakukan untuk menguji kemampuan kamu dalam mengingat, apakah dengan diselingi menghafalkan lagu lain, kamu akan tetap mengingat lirik dan kosa kata yang sudah kamu pelajari sebelumnya di lagu pertama.

Lima tips bisa kamu coba saat belajar bahasa Inggris dengan lagu. Nah, kira-kira lagu apa yang akan kamu dengarkan setelah ini?

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu