Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Ungkapan Expressing Feeling dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Ungkapan Expressing Feeling dalam Bahasa Inggris

2021.09.17

Selain kata sad, angry, atau happy, ada banyak kata dan ungkapan lain dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan atau menunjukkan perasaan. Ya, ungkapan untuk expressing feeling dalam bahasa Inggris memang bisa sangat beragam. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, cobalah untuk mempelajari berbagai ungkapan tersebut, seperti berikut:

Bewildered

Mungkin tidak banyak dari kamu yang paham apa makna dari kata bewildered. Nah, kata ini termasuk salah satu padanan kata advanced yang bisa kamu gunakan jika ingin mengekspresikan perasaan. Kata ini bermakna “very confused” atau “sangat kebingungan”.

Nah, kamu bisa menggunakan kata ini jika ingin mengungkapkan atau expressing feeling yang berkaitan dengan rasa bingung. Berikut contoh kalimat yang tepat untuk menggunakan kata ini:

She turned around with a bewildered look on his face.

Delighted

Alih-alih menggunakan kata “happy”, kamu bisa menggunakan kata “delighted” sebagai ungkapan rasa senang yang sedang kamu rasakan. Ya, kata “delighted” adalah adjective yang termasuk ke dalam kata advanced. Kata ini bermakna “senang” atau “bahagia”, sama artinya dengan “happy”.

Berikut adalah contoh kalimat yang tepat dalam menggunakan kata “delighted”:

I’d be delighted to come to your party.

She was delighted by the news of your wedding

Ecstatic

Kata yang termasuk ke dalam macam-macam padanan expressing feeling dalam bahasa Inggris adalah kata ecstatic. Sama halnya dengan kata delighted, kata ecstatic bermakna “very happy”. Namun, terdikit sedikit perbedaan dari kedua kata tersebut.

Jika delighted adalah perasaan senang, ecstatic cenderung menunjukkan rasa senang yang bersemangat. Ini artinya, saat sedang merasa ecstatic, ada suatu hal yang membuatmu senang hingga bersemangat dan rasanya seolah dirimu ingin meledak karena terlalu bahagia. Berikut contoh kalimat penggunaannya:

Sarah was very ecstatic about her new job.

Furious

Nah, berbeda dengan delighted dan ecstatic yang berarti “happy” atau bahagia, kata yang satu ini justru bermakna sebaliknya. Jika seseorang sedang merasa “furious” akan suatu hal, itu tandanya ia sedang merasa marah. Ya, kata “furious” merupakan advanced word dari expressing feeling “angry”.

Biasanya, saat seseorang sudah merasa furious, perasaan marahnya sudah membuncah. Itu tandanya, seseorang yang merasakan perasaan tersebut sudah sangat marah dan mungkin ingin meluapkan perasaan marahnya dengan melakukan sesuatu.

Berikut contoh kalimat penggunaannya:

His incompetence in handling this matter makes me furious.

Jaded

Kata yang satu ini juga tergolong sebagai adjective atau kata sifat. Ungkapan expressing feeling dalam bahasa Inggris yang satu ini memiliki makna “tired and bored”. Ini artinya, seseorang yang merasa “jaded” adalah orang yang sedang merasa lelah dan bosan.

Kata ini juga tergolong sebagai kata advanced, sehingga kamu bisa mencoba untuk menggunakannya saat berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris. Berikut adalah contoh penggunaannya dalam kalimat:

I felt jaded after working all weekend.

Reluctant

Padanan kata dalam bahasa Inggris yang satu ini juga memiliki makna tersendiri. Reluctant adalah kata sifat atau adjective yang memiliki makna, “when you don’t want to do something”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata “reluctant” sama artinya dengan “enggan”.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “reluctant” dalam kalimat yang tepat:

He seemed reluctant to wake up from his bed.

She was reluctant to smile when she saw me at the party.

Sebenarnya masih banyak padanan kata dan ungkapan lain yang bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Perbanyak pengetahuan berbahasa Inggrismu, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Ungkapan Expressing Feeling dalam Bahasa Inggris