Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Arti Kata "Call" dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Arti Kata "Call" dalam Bahasa Inggris

2021.10.11

Kamu tentu mengenal kata call dalam bahasa Inggris sebagai “menelepon”. Padahal, arti yang terkandung di balik kata “call” ada beragam. Ini tandanya, untuk mengetahui apa makna dari kata call pada sebuah kalimat, kamu perlu memahami konteksnya terlebih dahulu. Lalu, apa saja makna yang terdapat di balik kata “call” dalam bahasa Inggris? Nah, berikut adalah beberapa makna dari kata “call”:

“Menyebut”

Salah satu makna yang terkandung di balik kata call adalah “menyebut”. Ini artinya, kamu bisa menggunakan kata “call” jika ingin menjelaskan bahwa kamu menyebut seseorang atau sesuatu dengan nama tertentu. Sebutan tersebut biasanya kamu gunakan saat sedang berbicara dengan orang lain atau menyebut benda tertentu. Agar lebih jelas, berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata call dengan makna “menyebut:

I decided to call him my baby.

Her name is Alexandra, but everyone calls her Alex.

I have forgotten what the company my mom works for is called.

“Menelepon”

Seperti yang telah kamu pahami, salah satu arti dari kata call adalah menelepon. Kamu bisa menggunakan kata ini jika ingin mengatakan kepada orang lain tentang telepon-menelepon. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “call” dalam konteks “menelepon”:


I will call you again tonight.

My teacher gave me a message to call home immediately.

Robert called me to ask how he could help.

“Memberi julukan”

Salah satu makna yang terkandung dari kata “call” adalah “memberi julukan”. Hal ini mungkin terdengar sama dengan “menyebut”, akan tetapi sebenarnya fungsi dari keduanya sedikit berbeda. Jika “menyebut” kamu berarti memanggil seseorang dengan sebutan tertentu.

Namun, “memberi julukan” tandanya memberikan label atau title tertentu kepada orang atau benda, meski sebenarnya kamu tidak memanggilnya secara langsung dengan julukan tersebut. Berikut contoh penggunaan call yang bermakna “memberi julukan” dalam kalimat bahasa Inggris:

Are you calling me a liar?

She now calls me a champion.

I call this room the lounge.

“Meneriakkan sesuatu secara lantang”

Nah, ternyata kata call juga bisa bermakna “meneriakkan sesuatu secara lantang”. Biasanya, tujuan dari berteriak ini adalah untuk menarik perhatian orang tertentu. Hal ini bisa berarti memanggil orang lain dengan cara berteriak. Agar lebih jelas, berikut contoh penggunaannya dalam kalimat:

He called out to his brother for help.

I thought I heard you calling me.

Lucy called to her to wait.

“Memanggil”

Dalam situasi formal, kata “call” juga bisa bermakna “memanggil”. Ini tandanya kamu memanggil seseorang untuk datang ke sebuah tempat tertentu sesuai dengan perintah yang kamu berikan. Ya, maksud dari kata “memanggil” adalah “memerintahkan orang lain untuk datang”.

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata call dengan konteks “memanggil”:

The CEO called several candidates for an interview.

The ambassador was called back to US by Mr. President.

The police may call you to give evidence.

“Mengumumkan”

Kamu mungkin masih belum sering mendengarkan salah satu makna yang juga terkandung di balik kata “call” yang satu ini. Ya, makna yang satu ini memang masih tergolong jarang digunakan. Namun, kamu perlu tahu bahwa kata call juga bisa berarti “mengumumkan” atau “mengadakan” suatu event atau kegiatan tertentu di masa depan.

Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

The head of marketing suddenly called an urgent meeting today.

The government has called an election for 14 April next year.

Dari berbagai contoh di atas, kini kamu sudah mendapatkan gambaran yang jelas bukan mengenai arti kata call selain menelepon dalam bahasa Inggris? Yuk, pelajari lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Arti Kata "Call" dalam Bahasa Inggris