Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Ungkapan Rasa Terkejut Selain "Oh My God"
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Ungkapan Rasa Terkejut Selain "Oh My God"

2021.09.17

Hampir semua orang pasti pernah terkejut, termasuk kamu. Jika kamu sedang terkejut, kamu bisa mengatakan berbagai kata dalam bahasa Indonesia, seperti, “Ouch! Ya ampun! Ya Tuhan!” dan masih banyak lagi. Sementara itu, dalam bahasa Inggris, sebagian besar orang lebih senang menggunakan kalimat, “Oh my God!” sebagai bentuk rasa terkejut. Padahal, saat terkejut, ada begitu banyak kata, frasa, hingga kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan kaget dalam bahasa Inggris. Nah, agar pengetahuanmu dalam bahasa Inggris semakin luas, kamu bisa mencari tahu berbagai contoh ekspresi kaget dalam bahasa Inggris pada artikel ini. Yuk, simak yuk!

What?

Jika diartikan secara langsung, kata “what” mungkin hanya terdengar seperti kata tanya biasa. Akan tetapi, dengan nada tertentu, kata ini bisa digunakan sebagai ekspresi rasa kaget atau terkejut dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, saat seseorang memberi tahu kamu akan suatu hal dan kamu terkejut dengan informasi tersebut, kamu bisa mengatakan, “What???” dengan nada kaget. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan rasa terkejut melalui kata tanya tersebut.

Really?

Kata yang satu ini mungkin lebih kamu pahami sebagai kata yang menunjukkan makna, “sangat”. Contohnya, “I really love food,” yang berarti, “Aku sangat mencintai makanan.” Akan tetapi, dalam konteks ini, kata “really” yang diikuti tanda tanya tersebut tidak bermakna, “sangat”. Dalam konteks ini, kata “really” digunakan untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan lawan bicara kepadamu adalah benar. Hal ini bisa kamu katakan jika kamu masih tidak percaya atau khawatir bahwa lawan bicara sedang berbohong atau bercanda akan suatu hal.

Oleh sebab itu, saat kamu mengatakan “really?” kamu sedang terkejut dan tidak percaya, tetapi tidak ingin langsung bereaksi terhadap informasi tersebut sebelum memastikan kebenarannya.

You must be joking!

Biasanya, kalimat “You must be joking!” digunakan saat seseorang terkejut atau kaget akan suatu informasi yang didapatkannya. Akan tetapi, saat memberikan reaksi dengan kalimat tersebut, informasi yang biasa diterima bersifat positif atau menyenangkan. Nah, kalimat, “you must be joking” yang bermakna, “Kau pasti bercanda” ini mengekspresikan rasa terkejut yang menyenangkan. Alhasil, kamu mungkin merasa senang mendengar kabar tersebut, tapi karena terkejut dan tak percaya, kamu berusaha menepis informasi tersebut dan mengira lawan bicaramu sedang bercanda.

Are you serious?

Tak berbeda jauh dengan ungkapan sebelumnya, kalimat “Are you serious?” juga salah satu kalimat yang dapat kamu gunakan saat ingin mengekspresikan rasa kaget. Nah, sebagian besar orang menggunakan kalimat ini untuk memastikan apakah lawan bicaranya serius mengenai informasi yang disampaikan. Mengapa? Pasalnya, ada rasa tak percaya terhadap informasi yang disampaikan. Biasanya, hal ini terjadi karena informasi yang disampaikan adalah sesuatu yang hampir tidak mungkin terjadi. Oleh sebab itu, saat informasi tersebut diberikan, orang yang terkejut dan tidak percaya akan berusaha memastikan kebenaran dari berita itu dengan menggunakan ungkapan tersebut.

I find it hard to believe

Kalimat yang satu ini juga bisa menjadi salah satu ekspresi dari rasa kaget yang kamu rasakan. Namun, alih-alih diucapkan dengan nada terkejut, biasanya orang yang mengatakan kalimat, “I find it hard to believe” cenderung mengucapkannya dengan pelan.

Hal ini diakibatkan rasa terkejut yang berlebihan membuatnya seolah tak bisa berkata-kata sehingga terbata-bata menunjukkan keterkejutannya.

Nah, dari beberapa kalimat di atas, kini kamu sudah tahu kan apa saja ekspresi yang bisa kamu gunakan saat sedang terkejut? Coba gunakan pilihan frasa atau kalimat lain yang bisa membantu kamu menunjukkan ekspresi terkejut selain “Oh My God!”

Daftar Konsultasi Gratis

5 Ungkapan Rasa Terkejut Selain "Oh My God"