Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi saat TOEFL iBT
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi saat TOEFL iBT

2021.05.07

Hampir sama dengan tes IELTS, TOEFL iBT adalah tes yang akan menguji kemampuanmu dalam berbahasa Inggris dari empat aspek berbeda: listening, reading, writing, dan speaking.

Untuk mendapatkan nilai tinggi dalam tes ini, kamu perlu belajar untuk mempersiapkan diri agar bisa menjalani tes dengan baik. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar mendapatkan nilai yang baik dalam tes TOEFL iBT, yaitu:

Memahami format tes dengan baik

Tes TOEFL iBT memiliki format yang hampir mirip dengan tes IELTS. Hanya saja, dalam tes ini, kamu akan melakukannya secara online atau di hadapan komputer, sekalipun kamu harus tetap datang ke tempat tes. Ini artinya, segala aspek yang diujikan akan kamu lakukan menggunakan komputer, termasuk tes speaking.

Untuk bisa menguasainya, kamu perlu memahami format dari tes TOEFL yang satu ini. Dalam tes ini, kamu akan mengerjakan 36-56 soal reading dalam kurun waktu 60-80 menit. Sementara itu, listening section akan berlangsung dalam waktu 60-90 menit dan kamu perlu menyelesaikan 34-51 soal.

Dalam tes ini, kamu bisa beristirahat selama 10 menit sebelum memasuki speaking dan writing section. Pada tes speaking, kamu akan melakukannya selama 20 menit untuk menjawab 6 pertanyaan. Lalu, pada tes writing, kamu akan diberi waktu selama 50 menit untuk menulis dua esai.

Menentukan skor minimal

Jika kamu ingin daftar ke universitas, melamar beasiswa, atau melamar pekerjaan yang menjadikan TOEFL iBT sebagai salah satu syaratnya, cari tahu skor minimal yang dibutuhkan agar kamu bisa lolos. Lalu, kamu juga bisa menentukan skor minimal ideal yang ingin kamu capai sendiri.

Sebagai contoh, kamu ingin mendaftar ke Harvard University, dan minimal skor yang menjadi persyaratan adalah 90. Nah, kamu bisa menggunakan skor yang lebih tinggi sebagai target pribadi, misalnya 110. Hal ini adalah salah satu cara ampuh untuk mengukur lama waktu yang kamu butuhkan untuk belajar persiapan tes TOEFL ini.

Menentukan jadwal belajar

Jika sudah tahu bagaimana format tes dan berapa skor yang ingin kamu raih, kini saatnya melakukan eksekusi. Ini artinya, sudah waktunya kamu mulai belajar sebagai cara agar dapat nilai tinggi dalam test TOEFL ini. Waktu belajar bisa sangat berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya. Terlebih, kamu pasti memiliki segudang aktivitas lain yang tidak bisa kamu tinggalkan begitu saja.

Oleh sebab itu, agar bisa tetap fokus belajar, kamu perlu disiplin terhadap waktu dan diri sendiri. Nah, kamu bisa membuat jadwal belajar yang benar-benar bisa kamu ikuti. Tidak perlu muluk-muluk, yang penting cukup dan rutin. Misalnya, sempatkan kurang lebih dua hingga tiga jam dalam sehari untuk belajar. Kamu bisa memisahnya ke dalam dua sesi, pagi dan sore atau pagi dan malam hari.

Dengan komitmen tinggi, kamu akan mengikuti jadwal belajar yang kamu buat. Jika sudah demikian, nilai skor yang baik tentu sudah di depan mata. 

Belajar dengan orang lain

Untuk melakukan persiapan test TOEFL iBT, kamu tidak akan bisa benar-benar mengukur kemampuan jika hanya belajar sendiri. Artinya, kamu membutuhkan orang lain untuk membantu menilai apakah kamu sudah siap melakukan real-test, atau masih perlu belajar lagi.

Oleh karena itu, kamu butuh mengikuti les atau kursus bahasa Inggris sebagai salah satu persiapan tes TOEFL iBT ini. Setidaknya, dengan bantuan orang lain, proses belajar bisa lebih cepat, dan kamu pun bisa mengerti apa saja kekurangan yang perlu kamu perbaiki. Para tutor di tempat kursus tentu akan dengan senang hati membantu agar kamu bisa mendapatkan nilai tinggi dalam tes ini.

Melakukan praktik tes

Sebelum mengerjakan tes yang sesungguhnya, lebih baik melakukan tes praktik untuk mengukur dan memprediksi kondisi dan situasi saat tes nanti. Selain itu, kamu juga bisa mengukur apakah dengan waktu dan soal tes yang diberikan, kamu bisa menyelesaikannya dengan baik.

Jika perlu, lakukan praktik tes ini selama beberapa kali sebelum melakukan real-test TOEFL iBT. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dengan kondisi tes dan lebih tenang saat mengerjakan tes yang sesungguhnya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu sudah pasti akan mengantongi nilai yang tinggi dalam TOEFL iBT nanti.

Oh iya buat kamu yang ingin mencari tau tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu, bisa klik di sini ya. GRATIS loh! Selamat mencoba, EFellas.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi saat TOEFL iBT