Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
3 Cara Tepat Mengajarkan Anak Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

3 Cara Tepat Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

2020.04.13

Selain mengajarkan anak berbicara dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa Ibu, anak sebaiknya juga diajarkan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Tujuannya, demi mempersiapkan diri menghadapi persaingan global. Pasalnya, bahasa Inggris adalah bahasa global, sehingga masyarakat global menggunakannya sebagai bahasa komunikasi utama. Tapi, kapan dan bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan anak bahasa Inggris?

Sedini mungkin

Salah satu cara yang tepat untuk mengajarkan anak bahasa Inggris adalah sedini mungkin. Bahkan, jika perlu, saat anak sudah mulai bisa memahami ucapan kamu, ajak anak untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Kamu juga bisa membagi tugas dengan pasanganmu. Sebagai contoh, saat denganmu, biarkan anak berbicara dalam bahasa Inggris. Sementara itu, saat berbicara dengan pasanganmu, biarkan anak berbicara bahasa Indonesia.

Awalnya, anak mungkin akan tanpa sadar mencampurkan kedua bahasa dalam satu percakapan. Namun, lama-kelamaan, anak pasti bisa membedakan kedua bahasa. Apalagi jika kamu dan pasangan bisa konsisten untuk menggunakan metode yang sama dalam proses pengajaran ini.

Sediakan berbagai media belajar di rumah

Saat anak mulai beranjak besar, cobalah untuk menyediakan berbagai media belajar bahasa Inggris di rumah. Seperti belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris pun bisa dipelajari dengan metode yang sama. Sebagai contoh, kamu bisa sediakan buku bacaan, permainan dengan instruksi berbahasa Inggris, atau musik dan video bahasa Inggris.

Kamu bisa mengajak anak untuk membaca buku bahasa Inggris secara bergantian dengan membaca buku bahasa Indonesia. Dengan ini, kamu bisa mengajarkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris bersamaan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajak anak pergi ke berbagai tempat menarik sambil mengenalkan benda-benda yang dilihatnya dalam bahasa Inggris. Intinya, bantu pikiran anak untuk terus memikirkan berbagai hal dalam bahasa Inggris.

Izinkan anak belajar bahasa Inggris di tempat kursus

Kamu juga bisa mengizinkan anak untuk belajar bahasa Inggris di tempat kursus. Apalagi jika anak sudah memasuki usia sekolah. Cara ini bisa membantu anak agar bisa belajar bahasa Inggris lebih cepat. Selain itu, anak juga bisa belajar bahasa Inggris bersama dengan teman-teman sebayanya.

Namun, pastikan kamu memilih tempat kursus yang tepat untuk anak belajar. Ada beberapa hal yang mungkin harus kamu perhatikan dalam memilih tempat kursus. Misalnya, cari tempat belajar yang diajarkan oleh native speaker.

Tentu hasil belajar anak yang diajarkan oleh native dan dengan pengajar biasa akan sangat berbeda. Bahkan, di usia yang masih amat dini, anak bisa mengucapkan bahasa Inggris dengan aksen yang sangat mirip dengan native jika terbiasa mendengarnya. Maka itu, sangat penting untuk menemukan tempat kursus dengan pengajar native.

Selain itu, metode yang digunakan untuk belajar di tempat kursus akan disesuaikan dengan usia anak. Aktivitas yang digunakan sebagai materi belajar tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Khususnya jika anak belajar bersama dengan teman-temannya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu mencarikan tempat kursus yang memiliki durasi dan kurikulum belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak. Pasalnya, usia anak-anak adalah usia yang masih cepat merasa bosan saat belajar. Takutnya, anak yang merasa bosan jadi tidak bisa konsentrasi, sehingga rasanya hanya buang-buang waktu saat anak belajar di tempat kursus terlalu lama.

Daftar Konsultasi Gratis