8 Kiat Memulai Usaha dari Nol sampai Sukses

 

 

 

Ingin tahu langkah langkah memulai usaha dari nol? Mungkin Anda baru saja resign dan berencana memulai usaha baru. Walau dengan modal minim, tetap saja peluang untuk sukses itu terbuka lebar. Sudah banyak contoh usaha mulai dari nol yang berhasil. Sebut saja misalnya Bob Sadino, Susi Pudjiastuti, Nicholas Kurniawan, Yasa Singgih dan banyak lagi contoh lain. Anda bisa pilih usaha dagang, kuliner, online shop, usaha pakaian, dan jenis usaha lainnya.

Apapun kemudian jenis usaha yang Anda pilih, mulailah dengan langkah langkah berikut ini. 

 

Tetap Punya Penghasilan

Ya, walau Anda ingin mulai bisnis dengan modal nol, tetap harus punya pendapatan. Maka, sangat bijak kalau memulai bisnis ini sebagai usaha sampingan. Walau berarti kemudian Anda harus bekerja lebih keras, tapi ini jalan keluar yang lebih "aman". Memang ada beberapa pebisnis yang kemudian langsung "banting setir" dari karyawan menjadi pengusaha. Tentu pilihan ini memiliki resiko tinggi. Kalau Anda cukup punya nyali untuk melakukan hal serupa, boleh saja. Tapi kalau khawatir kondisi keuangan Anda memburuk, memulai usaha sampingan adalah solusi tepat. Yang penting Anda pandai mengatur waktu dan mau bekerja lebih keras.

 

Tentukan Jenis Usaha 

Ada banyak peluang bisnis yang berterbaran di sekitar kita. Anda bisa putuskan mau mulai usaha yang mana. Bisa dari hobi Anda selama ini, mungkin Anda hobi memasak. Mulai bisnis kuliner bisa jadi pilihan menarik. Kalau Anda hobi menjahit, buka usaha konveksi atau usaha menjahit rumahan bisa pilihan yang menarik. Selain dari kemampuan diri, Anda juga bisa coba melihat dari pasar sekitar Anda. Kalau misalnya usaha di sekitar Anda banyak yang sukses menjalankan usaha pakaian, Anda bisa tiru bisnis serupa. Tak perlu khawatir soal kompetisi. Yang penting Anda tahu siapa sasaran konsumen Anda dan memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, maka pelanggan pun akan terus berdatangan. Jika Anda punya keahlian tertentu, Anda bisa mulai membuat produk. Contoh, kalau Anda ahli menjahit, maka Anda bisa buat pakaian. Lalu coba mulai menjualnya. Kalau Anda ahli kayu, mungkin Anda bisa buat ukiran atau souvenir tertentu. Singkatnya, mulai dari apa yang Anda bisa. Tak perlu modal besar untuk memulainya. Karena biasanya Anda sudah memiliki peralatan yang diperlukan. Selain itu mungkin bahan baku produk pun Anda sudah punya. 

 

Tanpa Uang, Mulai dengan Apa yang Anda Bisa

Karena fokus Anda adalah untuk memulai bisnis tanpa modal, maka modal uang itu harus Anda keluarkan seminim mungkin. Tapi tentu untuk modal lainnya tetap perlu Anda miliki. Sebagai contoh, kalau Anda mulai usaha menjahit, maka perlu Anda memiliki mesin jahit. Syukurlah kalau Anda sudah memiliki mesin tersebut, tapi jika belum Anda bisa berusaha dengan meminjam dari kerabat yang mungkin memiliki mesin jahit tak terpakai. Kemudian terapkan sistem bagi hasil dalam usaha ini. Jadi anggaplah Anda menyewa mesin jahit tersebut dengan sistem pembayaran sewa di belakang. Akan lebih mudah hal ini bisa berhasil, jika orang yang Anda ingin pinjam peralatannya sudah dikenal. Mungkin kerabat, teman dekat, atau tetangga Anda. Dengan begitu Anda pun bisa mulai bisnis tanpa perlu keluar modal uang. Namun tetap Anda perlu mengeluarkan tenaga dan skill sebagai modal Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba bisnis model dropship atau reseller. Dengan kata lain, Anda bantu jualkan produk orang.  

 

Perluas Jaringan

Ini sudah hukum alam dalam bisnis. Makin banyak kenalan yang Anda miliki akan sangat membantu usaha Anda. Maka rajin-rajinlah untuk membangun network (jaringan) dengan orang lain. Anda bisa datangi acara-acara yang memungkinkan Anda bertemu orang-orang baru. Selain itu, Anda bisa menggembangkan jaringan melalui online seperti melalui social media dan forum. Sampaikan bahwa Anda memiliki usaha tersebut sehingga makin banyak orang mengetahui bisnis Anda. 

 

Latih Kemampuan Komunikasi

Dalam bisnis, kemampuan berkomunikasi sangat penting. Tidak hanya saat melayani pelanggan, Anda juga harus memiliki skill komunikasi tatkala berbicara dengan supplier atau vendor Anda. Selalu fokus pada solusi sehingga tiap kali ada masalah, maka Anda pun bisa segera mengatasinya. 

 

Mulai Bisnis

Ya, ketika bisnis atau usaha Anda sudah siap diluncurkan, segera lah mulai. Anda tidak perlu menunggu semuanya sempurna. Yang penting bisnis tersebut sudah siap, maka Anda pun bisa langsung memulainya. 

 

Evaluasi

Selalu lakukan evaluasi atas bisnis yang sudah Anda lakukan. Selain evaluasi diri Anda sendiri, Anda pun bisa meminta masukan dari konsumen Anda. Dengan feedback tersebut, Anda bisa memperbaiki kekurangan bisnis Anda. Di samping itu, Anda bisa meminta evaluasi usaha dari mentor bisnis atau rekan sesama pengusaha. Manfaat evaluasi usaha dari pihak luar ini berguna membuat bisnis lebih baik. Mungkin feedback yang diberikan bisa terkait dengan sistem produksi, keuangan dan komponen bisnis lainnya.

 

Barter Bisnis

Keterbatasan modal juga bisa Anda atasi dengan melakukan barter. Contoh, misalnya Anda pintar membuat website, coba Anda cari orang lain yang perlu kemampuan Anda ini. Misalnya Anda bertemu dengan pengusaha pakaian. Anda bisa buat website untuk jual pakaian dengan catatan Anda bisa menjualkan produk yang dimiliki pengusaha tersebut. Jadi, walau tanpa modal kulakan baju, Anda pun sudah bisa berjualan pakaian dengan stok melimpah. Coba eksplorasi kemungkinan ini. Ada banyak usaha dan bisnis yang Anda bisa lakukan walau bermodal nol rupiah.

 

Itulah langkah-langkah memulai bisnis tanpa modal. Praktekkan cara di atas dan pantang menyerah untuk terus mengembangkan bisnis Anda. 

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut