Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Tradisi Unik Merayakan Valentine dari Berbagai Negara
Gaya Hidup

6 Tradisi Unik Merayakan Valentine dari Berbagai Negara

2020.02.20

Saat kamu merayakan hari Valentine, kamu mungkin terbiasa untuk merayakannya dengan cara bertukar hadiah, memberikan kejutan, atau sekedar makan malam bersama yang dilakukan secara romantis. Akan tetapi, tradisi yang kamu lakukan rupanya tidak sama dengan tradisi masyarakat di negara lain saat merayakan hari kasih sayang ini. Lalu, apa saja sih tradisi unik merayakan Valentine yang dilakukan oleh berbagai masyarakat di negara lain?

Nikah massal

Meskipun nikah massal adalah event yang juga dirayakan di Indonesia, namun nikah massal di Filipina sering kali khusus dirayakan pada hari Valentine. Acara yang disponsori oleh pemerintah ini memang jatuh pada tanggal 14 Februari sebagai salah satu cara untuk merayakan hari Valentine bagi pasangan yang mungkin tidak memiliki biaya sendiri untuk mengadakan acara pernikahan.

Bertukar kartu ucapan buatan sendiri

Di salah satu negara Eropa, tepatnya di Denmark, tradisi yang lumayan sering dilakukan saat merayakan Valentine adalah bertukar kartu ucapan. Berbeda dari kartu ucapan biasa, kartu ucapan yang diberikan adalah kartu buatan sendiri.

Mulai dari desain kartu, hiasan, hingga kata-kata yang ditulis di dalamnya harus dibuat dari ide sendiri. Tradisi ini juga tidak hanya dilakukan bersama dengan pasangan. Akan tetapi, juga dengan keluarga dan para teman tersayang.

Mencari calon suami di pinggir jalan

Tradisi unik merayakan Valentine yang satu ini mungkin bukan tradisi yang akan kamu lakukan di Indonesia. Namun, hal ini cukup sering dilakukan oleh warga Italia saat merayakan hari kasih sayang ini. Ya, pada tanggal 14 Februari setiap tahun, wanita Italia akan bangun sebelum matahari terbit untuk mencari dan menemukan suami di masa depan. Caranya, mereka akan berdiri di pinggir jalan dan pria pertama yang dilihatnya berarti calon suami di masa depan.

Berciuman di bawah Cherry Blossom

Tradisi unik lainnya yang bisa kamu temukan saat merayakan hari Valentine adalah tradisi yang dilakukan oleh warga Ceko. Jika masyarakat dunia merayakan hari kasih sayang pada tanggal 14 Februari, warga Ceko akan merayakannya pada tanggal 1 Mei setiap tahun.

Di hari itu, anak-anak muda akan pergi ke patung sastrawan bernama Karol Hynek Macha dan berciuman di bawah pohon Cherry Blossom. Mereka memercayai bahwa jika berciuman dengan orang yang dicintai di bawah pohon tersebut, keberuntungan akan menyertai hubungan mereka.

Bertukar sendok kayu

Jika kamu tinggal di Wales, kamu akan tahu bahwa hari Valentine tidak dirayakan pada tanggal 14 Februari, melainkan tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Hari itu juga lebih dikenal dengan San Dwynwen, di mana masyarakat Wales akan saling bertukar hadiah berupa sendok kayu yang dibuat sendiri dengan ukiran-ukiran khas yang mungkin tidak bisa ditemukan atau dijual di tempat lain.

Minum wine

Sementara itu, di negara Bulgaria, Valentine sangat identik dengan tradisi minum Wine. Pasalnya, tanggal 14 Februari juga dikenang sebagai hari pembuatan Wine. Oleh karena itu, baik tua maupun muda akan merayakan hari Valentine sembari minum Wine buatan lokal.

Sebenarnya, masih banyak lagi tradisi unik merayakan Valentine dari berbagai negara lain. Kamu bisa menemukan banyak sekali perbedaan cara merayakan Valentine di negara-negara tersebut yang seru untuk disimak dan dipelajari.

Daftar Konsultasi Gratis

6 Tradisi Unik Merayakan Valentine dari Berbagai Negara