1500-003

6 Tips Wisata ke Bromo dari Malang

Bromo merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Jawa Timur. Jalan menuju tempat wisata di Gunung Bromo mudah diakses oleh para pengunjung, tidak seperti gunung lain di sekitarnya seperti Gunung Semeru dan Gunung Arjuno. Karena mudahnya akses jalan, para wisatawan cenderung tidak membutuhkan pendakian yang menguras tenaga untuk dapat sampai ke area ini. Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata yang selalu ramai dengan pengunjung, terutama pada saat liburan.Oleh sebab itu, bagi kamu yang tidak menyukai banyaknya wisatawan yang datang, sebaiknya kamu datang tidak pada saat hari libur panjang atau lebih baik lagi jika kamu datang ke gunung Bromo pada saat tidak musim liburan. Saat pengunjung sepi, kamu dapat dengan leluasa menikmati keindahan panorama di sini.

 

Sebelum mengunjungi Bromo, ada baiknya kamu persiapkan secara matang terlebih dahulu segala keperluan yang harus kamu bawa. Selain itu, kamu harus menentukan waktu terbaik untuk datang ke sana. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Bromo adalah saat musim kemarau. Karena apa? Pada saat musim kemarau pemandangan di Gunung Bromo akan jelas terlihat indah.Selain itu, akses jalan yang ditempuh juga akan semakin mudah dibandingkan dengan pada saat musim penghujan. Untuk dapat sampai di Gunung Bromo, kamu dapat memilih beberapa rute. Bromo dapat di akses melalui Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Bagi kamu yang ingin menuju ke Bromo melalui kota Malang, ada beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk dapat sampai di Bromo.

Pertama

Kamu akan menempuh perjalanan yang menarik saat memulai rute dari kota Malang. Walaupun perjalanan dari Malang ke Bromo cukup melelahkan, akan tetapi saat kita berliburan semakin jauh dan menantang perjalanan yang ditempuh, maka saat sampai di lokasi wisata akan semakin menarik. Dalam menempuh perjalanan, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik berupa kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Sebenarnya, lebih seru menggunakan kendaraan pribadi. Karena kamu akan melewati banyak pemandangan yang menarik sehingga sewaktu-waktu kamu dapat berhenti untuk mengabadikan momen berharga ini. Akan tetapi, bagi kamu yang berasal dari luar kota, tak perlu khawatir karena dari Malang banyak terdapat mobil sewaan yang bisa mengantar kamu dan rombongan langsung menuju Bromo. Walaupun memiliki tarif agak mahal, yaitu sekitar Rp. 500.000,- untuk sekali jalan pulang pergi. Akan tetapi, jika kamu pergi rombongan dengan teman-teman akan lebih irit karena bisa iuran. Tentunya perjalanan bisa lebih seru. Bagi kamu yang tidak ingin menyewa mobil, kamu dapat menggunakan travel karena banyak jasa travel yang menawarkan para penumpang menuju wisata Bromo. Harga perorang bisa mencapai Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,- (tergantung dari fasilitas travel yang ditawarkan). Jarak yang akan kamu tempuh dari Malang menuju Bromo adalah sekitar 53 kilometer. Jalannya juga cukup terjal. Cukup jauh dan menantang, kan! Namun, saat kamu sampai ke Bromo semua rasa lelahmu akan terbayar seketika dengan suguhan pemandangan alam yang sungguh cantik nan memukau hati. 

Kedua

Gunakan pakaian yang tebal. Karena cuaca di gunung cukup dingin dengan jarak tempuh yang cukup jauh sebaiknya kamu gunakan jaket yang tebal untuk menghangatkan tubuhmu dari cuaca dingin. Selain itu, jaket tebal juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari saat dalam perjalanan, khususnya bagi kamu yang berangkat menggunakan kendaraan roda dua. 

Ketiga

Bawa bekal secukupnya. Jangan lupa untuk membawa bekal secukupnya, baik berupa makanan ataupun minuman. Karena suasana di gunung sangat dingin, hal ini akan membuat tubuh kita cepat lapar. Ditambah lagi dengan aktivitas yang kita lakukan saat berada di sana tentu akan menyita tenaga kita sehingga tubuh akan cepat merasa lapar. Sebenarnya di gunung Bromo terdapat penjual makanan, akan tetapi harga yang ditawarkan cukup mahal. Nah, untuk mengirit pengeluaran tak ada salahnya jika kamu membawa bekal dari rumah.

Keempat

Persiapkan kamera. Karena momen liburan tidak sering kamu lakukan, tak ada salahnya kamu mengabadikan momen berharga ini dalam sebuah album foto. Hal ini akan mengenangmu bersama kerabat saat mengalami masa-masa seru bersama. Bisa juga dengan membawa handphone yang memiliki kualitas kamera baik. Akan tetapi, jangan lupa kontrol baterai handphone mu.
 

Kelima

Jangan nekad membawa motor matik. Hal ini dikarenakan medannya cukup parah. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, pastikan kendaraan yang kamu bawa harus benar-benar dalam keadaan prima. 

 

Itulah tadi lima tips wisata ke Bromo dari Malang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share foto-foto kamu yah.  

Coba kelas pertama gratis