1500-003

6 Tips Lancar Interview Dalam Bahasa Inggris

Jika ingin masuk ke dalam dunia kerja, kamu setidaknya diharapkan bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Khususnya, untuk kebutuhan profesional. Kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki dapat meningkatkan penilaianmu, apalagi saat menjalani interview kerja dengan bahasa tersebut. Lalu, apa saja sih yang harus disiapkan untuk mengikuti wawancara kerja berbahasa Inggris?

Mempersiapkan diri dengan matang

Jika kamu merasa kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris masih kurang lancar dan terbata-bata, tidak ada salahnya untuk rutin mencoba. Kamu bisa belajar bahasa Inggris, latihan berbicara di depan kaca, atau praktik menjawab pertanyaan interview dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dan percaya diri saat menjalani wawancara kerja. 

Belajar berbicara seperti native speaker

Jika kamu sudah melatih tempo berbicara, menggunakan grammar yang sesuai, kini saatnya kamu melatih aksen berbicara hingga terdengar seperti native speaker. Meski terlihat sepele, sebenarnya hal ini termasuk faktor penentu, apalagi jika kamu bekerja di perusahaan Internasional. Semakin bagus aksen yang kamu gunakan, semakin mudah ucapanmu dimengerti. 

Minta bantuan untuk latihan berbicara

Kamu mungkin bisa saja latihan berbicara sendiri, namun akan lebih enak jika ada
lawan bicaranya. Kamu bisa meminta bantuan temanmu yang sudah ahli dalam bahasa Inggris untuk berpura-pura menjadi orang yang akan mewawancarai kamu nanti. Selain mendengarkan, temanmu juga bisa membantu mengoreksi jika ada kata-kata yang salah. Jika kamu mengikuti les bahasa Inggris, kamu juga bisa meminta bantuan dan saran pengajar agar bisa lebih lancar menjalani interview dalam bahasa Inggris. 

Mencari informasi tentang perusahaan

Saat menjalani wawancara kerja, kamu tidak hanya akan ditanyai mengenai diri sendiri, tetapi juga pengetahuan kamu mengenai perusahaan. Hal ini juga meliputi sejauh mana bayangan kamu terhadap posisi yang kamu lamar. Ada baiknya jika kamu mencari terlebih dahulu mengenai informasi yang berkaitan dengan perusahaan dalam bahasa Inggris. Sehingga, kamu bisa mempelajari dan meringkas informasi yang kamu dapat sekaligus melatih diri menyampaikan informasi tersebut dalam bahasa Inggris. 

Gunakan bahasa tubuh yang menunjukkan rasa percaya diri

Jika kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki belum benar-benar sempurna saat interview, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, kamu bisa menutupinya dengan bahasa tubuh yang percaya diri. Kuncinya, setiap kamu merasa sedang melakukan sebuah kesalahan, jangan menunjukkan ekspresi atau gerakan yang terlalu kentara karena mungkin saja interviewer juga tidak menyadari kesalahan tersebut. 

Latih kemampuan mendengar dalam bahasa Inggris

Tidak hanya kemampuan berbicara, kamu juga harus melatih kemampuanmu dalam mendengarkan bahasa Inggris, khususnya dengan aksen yang baik. Masalahnya, bisa saja yang mewawancarai kamu nanti adalah native speaker, sehingga jika kamu tidak memahami aksen yang digunakannya, kamu sendiri yang akan kebingungan.

Menjalani interview dalam bahasa Inggris memang harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Tidak usah menunggu undangan interview baru mempersiapkan diri, namun persiapkan dirimu dari jauh-jauh hari agar kamu punya banyak waktu untuk mengasah kemampuan. Jangan gugup dan selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis