1500-003

6 Tips agar Pelajar Memaksimalkan Waktu Belajarnya

Sebagai pelajar dan mahasiswa, belajar sudah menjadi kewajiban. Sayangnya, tidak semua pelajar mengetahui trik dan tips untuk belajar efektif dan efisien. Alhasil, hasil dari waktu yang mereka habiskan untuk belajar tidak maksimal. Jadi, apa saja ya, tips dan trik untuk para pelajar agar bisa belajar dengan maksimal? Berikut penjelasannya. 

Ketahui metode belajar yang paling sesuai untukmu

Banyak sekali metode belajar yang bisa kamu pilih, tetapi pastikan metode tersebut
sesuai denganmu. Artinya, jika kamu lebih mudah mempelajari sesuatu dalam suasana yang tenang dan tidak gaduh, jangan memaksakan diri untuk belajar di tempat yang ramai seperti cafe. Selain itu, jika kamu terbiasa untuk belajar di pagi hari, jangan memaksakan diri untuk belajar pada saat malam hari. 

Selain itu, pilih gaya belajar yang paling sesuai. Misalnya jika kamu lebih mudah mempelajari gambar, tidak ada salahnya membuat mind map, atau catatan dengan banyak gambar. Atau, jika kamu lebih suka belajar dengan cara mendengarkan, tidak ada salahnya membuat irama dengan lirik buatan sendiri yang berisi materi belajar. 

Tentukan lama waktu belajar

Agar lebih efisien, tentukan lama waktu belajar yang sesuai dengan kemampuan otakmu berkonsentrasi. Tidak perlu muluk-muluk, yang penting di waktu-waktu tersebut, kamu bisa belajar secara maksimal. Misalnya, tentukan waktu belajar bahasa Inggris selama 30 menit, kemudian belajar Matematika selama 30 menit dan seterusnya. 

Eliminasi berbagai gangguan atau distraksi

Saat belajar, cobalah untuk meminimalisir gangguan. Misalnya, matikan gadget terlebih dahulu dan fokus pada materi belajar. Selain itu, jika kamu belajar di rumah, kamu bisa meminta pengertian orang rumah agar tidak mengganggu untuk sementara waktu. Lalu, sebelum belajar, pastikan juga kamu sudah mempersiapkan segala kebutuhan belajar termasuk buku catatan, alat tulis, dan lain sebagainya. Sebab, jika kamu terpaksa menunda belajarmu untuk pergi mengambil benda lain, hal tersebut akan sangat mudah untuk membuyarkan konsentrasi. 

Imbangi kegiatan belajar dengan kegiatan lain yang kamu suka

Saat belajar, kualitas jauh lebih penting daripada kuantitas. Pasalnya, belajar lebih lama, jika tidak efisien, justru membuat kamu hanya membuang-buang waktu. Oleh sebab itu, jika kamu sudah merasa ngantuk, tidak bisa konsentrasi, dan sudah mulai merasa bosan, sebaiknya hentikan belajar sejenak. Lalu lakukan kegiatan lain dan baru kembali belajar jika kamu sudah merasa lebih berenergi, dan sudah siap menghadapi berbagai materi belajar. 

Tentukan prioritas

Saat belajar, lebih baik dahulukan untuk mengerjakan tugas-tugas terlebih dahulu. Di antara tugas-tugas tersebut, pastikan untuk mengerjakan dengan deadline yang paling dekat terlebih dahulu. Agar tidak ada yang terlewat, tidak ada salahnya membuat rencana belajar atau study planner, agar tidak ada tugas yang terlewat. Baru, bila semua tugas sudah selesai, kamu bisa menyusun rencana belajar untuk tiap materi. 

Apresiasi dirimu

Apresiasi ini bisa berupa apa saja. Kamu bisa memberikan kamu hadiah jika mendapat nilai bagus, atau jika kamu berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu. Hadiah itu juga bisa berupa makanan yang kamu suka, atau istirahat belajar sambil melakukan kegiatan yang kamu sukai. Dengan begitu, semangat kamu dalam belajar akan lebih membara.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, tingkatkan semangat belajar kamu dengan mencoba tips dan trik jitu belajar lebih efektif dan efisien ini, ya. 

Coba Kelas Pertama Gratis