Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Pilihan Kalimat Sapaan Bahasa Inggris saat Berbisnis

6 Pilihan Kalimat Sapaan Bahasa Inggris saat Berbisnis

2020.01.27

Ada banyak sekali kalimat sapaan yang bisa kamu gunakan. Namun, tahukah kamu bahwa dalam situasi bisnis, kamu juga harus memerhatikan pilihan kalimat sapaan dalam bahasa Inggris bisnis yang kamu ucapkan. Pasalnya, rekan bisnis akan menilaimu hingga jenis sapaan yang sopan dalam berbisnis yang kamu pilih. Berikut ini adalah beberapa jenis kalimat sapaan dalam bahasa Inggris saat berada dalam situasi bisnis.

Good morning

Salah satu sapaan yang paling umum dan masih tergolong sopan adalah “Good morning!” Sapaan ini paling pas digunakan pada saat pagi hari. Kamu bisa menggantinya menjadi “Good afternoon” atau “good evening”. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan waktu penggunaannya.

Nice to meet you

Jenis sapaan dalam bahasa Inggris saat bertemu rekan bisnis lainnya adalah “It’s nice to meet you.” Sapaan ini bisa kamu gunakan jika kamu belum pernah bertemu sama sekali dengan rekan bisnis tersebut sebelumnya.

Arti dari sapaan ini adalah, “senang bertemu dengan Anda.” Sapaan ini masih dianggap sopan karena padanan kata yang cukup formal sehingga pantas untuk digunakan dalam berbagai situasi yang formal pula. Selain sapaan ini, kamu juga bisa menggunakan sapaan, “It’s a pleasure to meet you,” dengan makna yang hampir sama.

How are you today?

Sapaan lain yang juga masih tergolong sopan untuk digunakan kepada rekan bisnis adalah, “How are you today?” Meski berupa kalimat tanya, kalimat tersebut sangat lumrah digunakan dalam situasi formal untuk menanyakan kabar lawan bicara.

Dengan menggunakan sapaan ini, kamu menunjukkan bahwa kamu juga peduli terhadap kondisi rekan bisnismu.

How do you do?

Kalimat sapaan berupa kalimat tanya lainnya adalah “How do you do?” Tapi, kamu harus paham bahwa “How do you do?” tak sama makna dan penggunaannya dengan “How are you”. Justru, kalimat ini hampir sama penggunaannya dengan “It’s nice to meet you.”

Bahkan, kalimat “How do you do?” tidak harus dijawab. Karena kalimat ini digunakan saat pertama kali bertemu dengan rekan bisnis.

How have you been?

Kalimat ini masih tergolong sopan dan pantas untuk diucapkan sebagai kalimat sapaan kepada rekan bisnis dalam situasi formal.

Kalimat sapaan yang satu ini biasanya digunakan untuk menyapa lawan bicara yang sudah kamu kenal, tapi sudah lama tidak kamu temui. Kalimat sapaan berupa kalimat tanya ini bisa kamu gunakan kepada rekan bisnis yang sudah kamu kenal sebelumnya.

It’s been awhile

Meski kamu sedang menyapa rekan bisnis, tidak berarti kamu dilarang menggunakan bahasa informal. Jika rekan bisnismu adalah orang yang sudah cukup akrab denganmu, tak ada salahnya untuk menggunakan bahasa atau sapaan yang lebih kasual.

Misalnya, kamu sudah beberapa kali memiliki kerjasama bisnis dengan orang tersebut. Tentu kamu menjadi lebih akrab dan mungkin lebih luwes saat berkomunikasi. Sapaan seperti, “It’s been awhile” masih boleh kamu gunakan saat menyapa rekan bisnis yang sudah seperti teman sendiri. Namun, “It’s been awhile” hanya boleh digunakan jika kamu memang sudah lama tak bertemu lagi

dengan rekan bisnis tersebut.

Dari berbagai pilihan sapaan untuk menyapa rekan bisnis di atas, kamu mungkin bisa menggunakan salah satunya. Awas, jangan sampai salah pakai sapaan, ya!

Daftar Konsultasi Gratis