1500-003

6 Hiasan Imlek dan Makna Di Baliknya

Pernahkah kamu memerhatikan hiasan Imlek? Hiasan Imlek sangat khas dengan warna merah. Biasanya terdapat lampion, barongsai, dan masih banyak lagi. Tapi ternyata, setiap hiasan imlek memiliki makna tersendiri. Lalu, apa saja sih hiasan imlek dan maknanya? 

Lampion berwarna merah

Hiasan ini termasuk salah satu hiasan yang wajib ada di setiap perayaan tahun baru Imlek. Bahkan, setiap Imlek kamu akan melihat lampion berwarna merah di mana-mana. Sebenarnya, hiasan ini paling tepat digunakan di depan pintu karena keberadaan lampion ini dipercaya dapat mengusir kesialan. Jadi, lampu ini dapat menangkal kesialan yang hendak masuk ke dalam rumah jika dipasang di depan pintu. 

Ucapan selamat tahun baru di pintu

Kamu mungkin pernah tak sengaja melihat dua kertas berukuran persegi panjang yang ditempel secara vertikal di depan pintu saat perayaan Imlek. Ya, ini adalah salah satu dekorasi Imlek yang memiliki makna khusus.

Dua kertas itu selalu hadir sepasang, biasanya berwarna merah dengan tulisan dalam bahasa China ditulis menggunakan tinta berwarna hitam. Dua kertas tersebut melambangkan ucapan dan harapan yang baik di tahun yang baru. 

Lukisan

Dekorasi yang wajib ada saat perayaan Imlek selanjutnya adalah lukisan. Biasanya, dekorasi ini akan ditempel di pintu atau di tembok-tembok rumah. Gambar dari lukisan ini pun bervariasi.

Akan tetapi, gambar yang paling sering digunakan adalah Dewa Pintu dan Dewa Kekayaan. Pasalnya, Dewa Pintu dipercaya dapat menjaga rumah dan seisinya dari marabahaya yang datang dari luar pintu rumah. Sementara, dewa Kekayaan dipercaya dapat membantu memudahkan mencari uang. 

Pohon 'emas' kumquat

Salah satu pohon atau tanaman yang banyak digunakan sebagai hiasan pada saat tahun baru Imlek adalah pohon kumquat. Tanaman ini memang banyak digunakan di negara Tiongkok dan sekitarnya.

Tanaman ini melambangkan emas dan keberuntungan. Harapannya, dengan menggunakan pohon ini sebagai dekorasi, tahun baru ini akan diwarnai dengan keberuntungan, baik secara fisik maupun materi. 

Bunga

Perayaan tahun baru Imlek sangat identik dengan pergantian musim, dari musim dingin menjadi musim semi. Sementara itu, musim semi juga identik dengan bermekarannya bunga. Maka dari itu, tak salah jika bunga menjadi salah satu dekorasi yang digunakan pada saat perayaan Imlek.

Tak hanya itu, keberadaan bunga juga menunjukkan harapan akan kesejahteraan tahun baru. Bunga yang biasanya digunakan sebagai hiasan adalah anggrek, dan masih banyak lagi yang lain. 

Potongan kertas motif

Hiasan yang juga harus ada saat perayaan Imlek adalah potongan kertas motif. Biasanya, sudah ada desain tertentu yang digunakan, sehingga kertas dibentuk sedemikian rupa menyesuaikan desain.

Setelah itu, kertas yang sudah dibentuk ini ditempel di dinding dan juga jendela. Potongan kertas ini biasanya dibentuk dalam gambar binatang atau tumbuhan.
Setiap gambar akan menandakan arti tertentu.

Contohnya, gambar bebek mandarin menandakan cinta. Sementara, gambar pohon pinys menandakan masa muda yang abadi, dan masih banyak lagi simbol lainnya.

Dari berbagai hiasan yang wajib ada saat perayaan Imlek, mana yang paling berkesan untukmu? 

Daftar Konsultasi Gratis