Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Cara Jitu Mengatasi Kebiasaan Buruk Terlalu Sering Bermain Smartphone
Karir & Bisnis

6 Cara Jitu Mengatasi Kebiasaan Buruk Terlalu Sering Bermain Smartphone

2019.06.03

Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua orang akan dengan senang hati menyibukkan diri dengan ponsel pintar di mana dan kapan saja; di kantor, di rumah, di kereta, bahkan saat sedang kumpul bersama dengan teman dan keluarga, mereka lebih memilih untuk berkutat dengan ponsel masing-masing sehingga lama-kelamaan, esensi dari kegiatan sosial yang sesungguhnya mulai terkikis. Padahal, kecanduan smartphone bukan pertanda baik bagi kesehatan mental dan fisik penggunanya. Lalu, bagaimana cara menghentikan kecanduan ini?

Hindari Penggunaan Smartphone di Tempat Tidur

Saat berada di kamar tidur, usahakan untuk menjauhkan smartphone

dari jangkauanmu sehingga kamu tidak mudah tergoda untuk meraihnya. Istirahatkan mata dari radiasi layar smartphone yang bisa memicumu untuk terjaga lebih lama dan manfaatkan waktu sebelum tidur dengan membaca buku, menulis buku harian, atau kegiatan lainnya. Dengan begitu, kamu sudah melatih dirimu untuk perlahan lepas dari kecanduan bermain smartphone.

Pasang Alarm Saat Menggunakan Smartphone

Meski terdengar sedikit berlebihan, membatasi waktu penggunaan smartphone di kala senggang juga penting, agar saat kamu menggunakannya, kamu hanya benar-benar mengoperasikannya untuk kegiatan yang penting dan bermanfaat. Dengan adanya alarm, kamu bisa melatih diri untuk menggunakan smartphone hanya sesuai kebutuhan. Jika kegiatan yang kamu lakukan belum tuntas namun alarm sudah berbunyi, itu bisa menjadi satu pertanda bahwa kamu belum berhasil menggunakan smartphone secara efektif.

Log Out Media Sosial Selama Tidak Digunakan

Gunakan ponsel pintarmu untuk kegiatan yang bermanfaat, misalnya belajar bahasa inggris online, mengingat saat ini banyak lembaga bahasa inggris yang merilis aplikasi belajar yang bisa digunakan di smartphone yang kamu miliki. Di luar itu, cobalah hindari menggunakan media sosial terlalu berlebihan. Hal ini bisa dimulai dengan log out media sosial yang kamu miliki seperti Instagram, Twitter, Facebook, saat tidak sedang kamu gunakan, sehingga notifikasi dari akun-akun media sosialmu tidak akan muncul dan mendistraksimu untuk terus mengeceknya.

Gunakan Fitur Airplane Mode

Jika kamu sedang travelling dan ingin menggunakan kamera ponselmu untuk merekam dan mengambil gambar tanpa ada distraksi, gunakan fitur airplane mode. Kamu tetap bisa menggunakan fitur kamera dan perekam video tanpa terganggu oleh notifikasi-notifikasi seperti e-mail dan media sosial yang dapat mengganggu liburanmu. Setelah kamu gunakan, segera masukkan ponsel pintarmu ke dalam tas dan nikmati liburanmu semaksimal mungkin.

Gunakan smartphone secara bijak, sehingga kamu tetap mendapatkan manfaatnya, namun tidak terpengaruh oleh kerugian yang diakibatkannya. Penggunaan smartphone akan lebih bermanfaat jika kamu memanfaatkannya untuk kegiatan yang produktif, contohnya les bahasa inggris professional secara online, sehingga makna dari smartphone itu benar-benar bias diaplikasikan dengan tepat.

Daftar Konsultasi Gratis

6 Cara Jitu Mengatasi Kebiasaan Buruk Terlalu Sering Bermain Smartphone