5 Tips Mudah untuk Memulai Bisnis di Instagram

 

 

Instagram adalah platform media sosial yang sejak perilisannya hingga saat ini masih banyak digunakan oleh hampir semua orang di hampir seluruh penjuru dunia. Hal ini disebabkan ia memiliki berbagai fitur menarik yang membuat penggunanya betah berlama-lama untuk menguliknya. Saat ini, kamu tidak hanya bisa menggunakan Instagram sebagai media sosial pribadimu saja, tapi kamu juga bisa memanfaatkannya untuk kegiatan bisnismu. Terlebih, Instagram sendiri sudah mengeluarkan fitur business account yang memudahkanmu melihat metric realtime dari post dan story akun bisnismu. Di samping itu, kamu juga bisa melihat bagaimana para follower berinteraksi dengan post serta story di akunmu. Menarik, kan? Lalu, bagaimana cara memulai bisnis di Instagram?

 

Perkenalkan Bisnismu dengan Cara yang Kreatif

Mengingat Instagram adalah media sosial yang condong pada visual, baik gambar maupun video, buatlah konten yang kreatif untuk mengenalkan bisnismu kepada para follower dengan visualisasi yang menarik dan memanjakan mata mereka. Contohnya, jika kamu menjual barang, maka gunakan foto atau video menarik yang memamerkan barang daganganmu dengan cara yang kreatif. Buat para pengikut akunmu penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut. Begitu juga jika kamu menjual jasa, cobalah untuk fokus memvisualisasikannya dengan menarik tentang layanan yang akan kamu berikan kepada para calon pengguna jasamu nanti.  

 

Jagalah Hubungan dengan Para Follower

Cara termudah untuk memikat para follower adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat konten-konten yang memicu mereka untuk meninggalkan komentar atau melakukan interaksi denganmu. Coba libatkan mereka pada setiap postinganmu. Misalnya, gunakan fitur polling, questions, dan fitur lain yang bisa kamu gunakan di Instagram Story. Menjaga komunikasi dengan mereka bisa menanam rasa percaya pada diri mereka mengenai apa yang kita coba jual di Instagram. Hal ini harus dijaga karena jika hilang, susah untuk mengembalikannya lagi.

Jika kamu ingin memperluas jangkauan followers, gunakan bahasa Inggris agar orang dari negara lain juga bisa mengerti apa yang kamu bicarakan. Jangan khawatir jika kamu belum bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik karena saat ini kamu bisa belajar bahasa Inggris untuk dewasa di tempat kursus bahasa Inggris di Jakarta, atau di kota lainnya.

 

Gunakan Hashtag pada Setiap Postinganmu

Meski jumlah maksimum yang bisa kamu gunakan mencapai 30 hashtag dalam setiap postingan, usahakan untuk menggunakannya dalam jumlah yang cukup dan tidak terlalu banyak. Tujuan dari penggunaannya adalah meluaskan cakupan orang yang bisa melihat setiap postinganmu. Cara membuat hashtag pun mudah, yaitu dengan menulis padanan kata yang berkaitan dengan apa yang ingin kita jual, merek dagang kita, dan hal-hal relevan lainnya. Idealnya, gunakan tiga hingga lima hashtag saja agar tidak terlihat berlebihan.

 

Konsisten untuk Upload Setiap Hari

Akun instagram yang aktif menunjukkan keseriusanmu dalam berbisnis dan berusaha. Untuk melakukannya, kamu harus siap dengan berbagai ide kreatif dan menarik demi konten yang tidak monoton. Jika akun instagrammu aktif dan selalu up to date bisa dipastikan orang semakin tertarik untuk mengikuti. Agar kamu tidak bingung, cobalah untuk selalu mempersiapkan konten yang hendak kamu upload seminggu ke depan. Dengan begitu, konsistensimu dalam menjaga akun Instagram agar tetap aktif bisa terjaga. 

 

Gunakan Fitur Bisnis di Instagram

Fitur bisnis yang ada di Instagram memudahkanmu dalam melihat metric realtime di mana kamu bisa melihat dengan jelas interaksi yang dilakukan follower atas setiap postingan yang kamu unggah; sekedar dilihat, disukai, dikomen, atau bahkan dibagikan kepada orang lain. Selain itu, dengan fitur Instagram Bisnis, kamu bisa mengetahui bagaimana seseorang bisa sampai pada tiap postinganmu; apakah mereka melihatnya dari hashtag yang kamu gunakan, dari profilmu, dari timeline mereka, atau dari fitur explore. Dari situ, kamu bisa memaksimalkan penggunaan fitur-fitur di Instagram yang paling banyak mendatangkan follower untuk meningkatkan peluang bisnis dari sana.

Memulai berbisnis memang tidak selalu mudah, seringkali kita di hadapkan dengan berbagai macam rintangan. Begitu pula dengan kamu yang hendak memulainya melalui Instagram. Persiapkan akun Instagrammu dengan baik dan jangan mudah menyerah. Selamat mencoba!

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut