1500-003

5 Tips Mudah Menulis Essay dalam Bahasa Inggris

Menulis essay dalam bahasa Inggris mungkin sedikit menantang dibanding saat menulis essay dalam bahasa Indonesia. Namun, bukan berarti kamu tidak mungkin akan melakukannya. Lalu, apa saja sih tips menulis essay dalam bahasa Inggris? 

Tentukan topik essay

Salah satu tips menulis essay dengan Inggris adalah menentukan topik dari essay yang hendak kamu tulis. Jika kamu bebas menentukan topik, pilih topik yang tidak terlalu sulit, atau setidaknya pilih topik yang kamu sukai.

Jadi, saat meski ternyata topik yang kamu sukai adalah topik yang sulit, setidaknya kamu masih memiliki keinginan untuk menulis essay tersebut karena kamu suka dengan topik yang kamu tulis. 

Kumpulkan segala informasi penting

Jika ternyata kamu harus menulis essay dengan topik yang telah ditentukan, lakukan yang terbaik. Salah satu cara menulis essay yang benar adalah menuliskan segala informasi penting. Oleh karenanya, jika topik yang kamu dapat adalah topik yang tidak familiar, cobalah untuk mengumpulkan segala informasi yang mungkin terkumpul.

Mulailah dengan riset atau wawancara pada orang yang memang berhubungan dengan topik yang kamu tulis. Upayakan yang terbaik agar kamu bisa mendapatkan info yang kamu butuhkan untuk ditulis di dalam essay. Semakin menyeluruh info yang bisa kamu dapat, akan semakin baik pula essay tersebut. 

Buat kerangka

Setelah mengumpulkan informasi, buatlah kerangka essay, di mana kamu akan menuliskan secara urut materi yang kamu dapatkan. Dengan begitu, kamu sudah memiliki bayangan akan nampak seperti apa essay yang kamu tulis nanti.

Selain itu, dengan adanya kerangka essay, kamu juga akan lebih mudah menyusun paragraf untuk essay dalam bahasa Inggris, apalagi kamu yang masih tahap belajar bahasa Inggris. 

Gunakan bantuan kamus

Dalam menulis essay berbahasa Inggris, gunakan bantuan kamus. Kamu bisa melihat padanan kata yang lebih tepat dari dalam kamus. Cari tahu sinonim dari tiap-tiap kata yang kamu gunakan agar isi essay lebih variatif dan minum repetisi.

Jangan khawatir dengan penggunaan kamus, karena tidak selalu orang yang menggunakan kamus akan ketergantungan. Selama kamu mau memelajari dan menggunakan kosakata baru yang kamu dapatkan di kamus terus-menerus, kamu akan hafal dengan kosakata tersebut tanpa perlu mencarinya lagi di kamus. Ini merupakan salah satu cara ampuh menambah kosakata yang kamu miliki. 

Minta bantuan native speaker untuk mengecek tulisanmu

Jika essay kamu telah selesai ditulis, mintalah bantuan kepada native speaker atau setidaknya orang lain yang kamu yakini lebih mahir dalam penulisan berbahasa Inggris untuk memeriksa isi essay. Manfaatkan bantuan ini untuk mendapatkan masukan-masukan dalam segi penulisan.

Bila banyak yang harus diperbaiki, ingatlah selalu bagian mana saja yang dikoreksi. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari melakukan kesalahan yang sama saat menulis essay.

Terapkan beberapa tips menulis essay dalam bahasa Inggris di atas. Meski terasa berat, jangan pernah berhenti sampai kamu benar-benar ahli dalam menulis essay bahasa Inggris. Salah bukan berarti buruk, selama kamu mau memperbaikinya. Selamat mencoba, ya. 

Coba Kelas Pertama Gratis