1500-003

5 Tempat yang Cocok Sebagai Tempat Belajar Selain di Rumah

Belajar di rumah bisa sangat membosankan, apalagi jika ada gangguan-gangguan lain yang dapat memecah konsentrasi, pasti suasana hati semakin kacau dan keinginan belajar pun lenyap seketika. Kondisi seperti ini bisa menghambat studimu, apalagi jika kamu tidak segera menemukan solusi terbaiknya. Namun, belajar tidak selalu harus dilakukan di rumah dan kamu punya banyak pilihan lain sebagai tempat yang cocok untuk belajar saat rumah bukan lagi tempat yang kondusif untuk belajar, khususnya di akhir pekan. Lalu di mana saja kamu bisa belajar selain di rumah? 

Perpustakaan Umum

Belajar di perpustakaan umum dapat menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa kamu pilih. Selain suasananya yang tenang, di perpustakaan juga tersedia berbagai buku yang bisa menjadi alat pendukung belajarmu. Di sisi lain, perpustakaan umum biasanya menyediakan wi-fi, sehingga kamu bisa tersambung dengan internet dan mencari sumber belajarmu di sana. Tidak hanya itu, dengan sambungan internet yang lancar, kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengambil kursus bahasa Inggris online. Suasana perpustakaan yang cenderung kondusif akan membuatmu semakin betah untuk belajar dan semakin mudah untuk menyerap ilmu dari apa yang sedang kamu pelajari.

Coffee Shop

Sedikit berbeda dengan perpustakaan yang biasanya tidak mengizinkan pengunjungnya membawa makanan dan minuman dari luar, di coffee shop kamu bisa belajar sambil makan dan minum. Meski demikian, tidak semua kedai kopi menyuguhkan suasana yang kondusif untuk belajar, jadi kamu harus tetap melakukan survey mengenai coffee shop mana yang menyediakan makanan enak, suasana nyaman untuk belajar, dan dekat dari tempat tinggalmu. Selain itu, coffee shop biasanya menyalakan musik untuk para pengunjungnya, sehingga kamu yang terbiasa belajar sambil mendengarkan lagu akan semakin santai dan rileks belajar di coffee shop. Jangan lupa siapkan budget tertentu karena meski kamu bisa bebas berlama-lama di sana, kamu tetap harus membayar untuk membeli makan dan minuman di sana. 

Rumah Teman

Belajar di rumah teman bisa sangat berbeda dengan belajar di rumah sendiri karena pergantian suasana bisa memberimu semangat baru dalam belajar. Tentu belajar bersama akan lebih menyenangkan, apalagi kamu bisa bertanya kepada temanmu atau berdiskusi dengannya. Hal ini sangat cocok dilakukan saat kamu sedang mempersiapkan ujian atau tes yang membutuhkan feedback atau penilaian dari orang lain, seperti IELTS, salah satu tes bahasa inggris, yang peningkatan dalam belajar speaking dan writing akan lebih terasa saat dilakukan dan dinilai oleh orang lain daripada belajar sendiri.

Co-working Space

Sedikit mirip konsepnya dengan coffee shopco-working space memang disediakan untuk kamu yang ingin bekerja atau belajar di luar rumah dengan suasana yang tenang. Tidak sedikit dari co-working space yang menjual makanan dan minuman, namun ada juga yang hanya memintamu untuk membayar biaya sewanya. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu merasa sungkan jika hendak berlama-lama di sana karena kamu sudah membayar. Bahkan, jika kamu cocok dengan suasananya, kamu bisa menyewa tempat di co-working space favoritmu untuk satu bulan hingga satu tahun.

 

Belajar memang harus disertai dengan suasana hati yang baik agar memiliki hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mencoba tempat belajar di luar rumah agar kamu bisa mendapatkan hasil terbaik dari belajarmu. Selamat mencoba!

Coba kelas pertama gratis