1500-003

5 Lagu yang Bisa Kamu Dengarkan untuk Belajar Bahasa Inggris

Kalau kamu suka mendengarkan musik, kamu bisa memanfaatkan hobimu untuk belajar bahasa Inggris. Pasalnya, materi belajar bahasa Inggris juga bisa datang dari sebuah lagu. Tapi apa saja ya lagu yang bisa kamu dengarkan sebagai bahan belajar? 

Taylor Swift - Begin Again

Pada dasarnya, hampir semua lagu ciptaan Taylor Swift adalah lagu yang bisa kamu jadikan materi belajar. Selain karena liriknya adalah bahasa sehari-hari, hampir semua lagu Taylor memiliki alur cerita yang bisa kamu pahami hanya dari mendengarkan lagunya saja. Jadi, cobalah mendengarkan lagu ini dan pahami bagaimana ceritanya. Jika kamu paham, berarti setidaknya kemampuan kamu dalam mendengarkan lirik lagu ini sudah cukup bagus. Jika belum, coba dengarkan beberapa kali sampai kamu mengerti alur cerita dari lagu ini. 

Rich Brian - Kids

Rich Brian adalah penyanyi asal Indonesia, namun ia sudah sangat lancar berbahasa Inggris. Bahkan, karya-karyanya sudah dikenal luas hingga ke negara-negara lainnya. Lagu Rich Brian yang satu ini memang lebih banyak rap dan cenderung diucapkan dengan cepat. Namun, justru lirik yang diucapkan dengan cepat akan bagus untuk melatih kemampuan listening. 

Cobalah untuk fokus dan jangan panik. Lalu tulis lirik yang bisa kamu tangkap dari lagu ini. Jika masih belum lengkap, cobalah untuk mendengarkannya beberapa kali. Mungkin untuk pertama kali, akan terasa susah tetapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa mendengarkannya. Setelah itu, jika kamu mendengarkan lagu yang lebih perlahan, kamu akan lebih cepat menangkap tiap katanya, karena kamu sudah terbiasa dengan lagu ini. 

Bryan Adams - I’ll Be Right Here Waiting For You

Lagu dengan tempo yang tidak terlalu cepat seperti lagu ini bisa menjadi salah satu media belajar bahasa Inggris. Bahkan, tidak heran jika dalam tempat les Inggris yang kamu ikuti, lagu seperti ini juga dijadikan salah satu lagu untuk menguji kemampuan listening. Jika kamu ingin menggunakan lagu ini untuk belajar, kamu bisa menuliskan liriknya dengan cara mendengar kata demi kata. Setelah kamu berhasil menulis semua liriknya, kamu bisa membedah tenses dari tiap kalimat dalam lagu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode lain yang menurutmu menyenangkan untuk belajar melalui lagu. 

John Legend - Love Me Now

Lagu pop yang satu ini adalah salah satu lagu yang masih terbilang baru. Kalau kamu tidak suka mendengarkan lagu-lagu lama, lagu ini salah satu pilihan yang tepat untuk belajar bahasa Inggris. Pasalnya, di dalam lagu ini terdapat banyak repetisi atau pengulangan yang membuatmu lebih cepat hafal dengan lirik lagunya. Dengan begitu, kamu bisa menambah pengetahuan akan kosakata dalam bahasa Inggris. Selain itu, dalam lagu ini juga terdapat banyak ungkapan yang bisa Anda pelajari juga. 

Ed Sheeran - Shape of You

Ed Sheeran adalah salah satu penyanyi yang berasal dari Inggris, maka dari itu aksen yang digunakan saat menyanyi pun adalah aksen British. Jika kamu ingin belajar aksen tersebut dari sebuah lagu, pada lagu Shape of You, Ed Sheeran menunjukkan logat British dengan begitu baik. Sehingga, kamu bisa belajar pronunciation dalam aksen tersebut sambil mendengarkan suaranya yang merdu. Sebenarnya, kamu bisa belajar bahasa Inggris dari lagu mana saja, selama kamu memilki tekad yang kuat untuk belajar. Selamat mencoba!

Coba Kelas Pertama Gratis