1500-003

5 Film Menarik untuk Belajar Bahasa Inggris

Materi belajar bahasa Inggris bisa berasal dari mana saja. Kamu juga bisa kok belajar dari film. Setiap film yang kamu tonton memiliki cerita dan detil yang berbeda, sehingga kamu bisa mengambil pelajaran yang berbeda dari tiap filmnya. Tapi apa saja sih film yang bagus dalam membantumu belajar bahasa Inggris? Simak terus, ya. 

The King’s Speech

Salah satu film yang berasal dari negara Inggris ini menceritakan tentang salah satu raja Inggris, King George V yang berusaha mengatasi masalah berbicara yang dialaminya. Saat itu, King George hendak menyampaikan pidato mengenai perang untuk pertama kali di radio nasional.

Dengan menonton film ini, kamu akan turut serta mempelajari dan meningkatkan kemampuan berbicara dalam aksen British. Pasalnya, film ini memang fokus terhadap bagaimana berbicara dalam bahasa Inggris yang benar. 

Coco

Film kartun atau film yang biasanya ditujukan untuk anak-anak juga bisa digunakan sebagai media belajar untuk kamu yang masih pemula. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kesusahan memahami percakapan dan alur cerita dari film ini.

Dari menonton film ini, kamu juga bisa melatih kemampuan listening atau mendengarkan. Film kartun biasanya tidak memiliki banyak kosakata yang terlalu rumit, sehingga lebih mudah untukmu menangkap setiap kata yang terdapat di dalam film. 

You’ve Got Mail

Film dengan genre romance ini memang terhitung film lama. Namun, bukan berarti ceritanya tidak menarik untuk ditonton. Film ini bercerita mengenai dua orang yang saling mengirim e-mail dan chatting online, tanpa mengetahui satu sama lain.

Dalam film ini ada beberapa adegan di mana para pemeran utama mengetik e mail di komputer. Jika kamu perhatikan, kamu bisa memahami bagaimana penulisan dari kata ke kata. Selain itu, setiap adegan mengetik, selalu disertai dengan voice over tokohnya. Jadi selain penulisan, kamu juga belajar salah satu aspek penting, yaitu pronunciation dari kata yang sedang ditulis. 

To All The Boys I’ve Loved Before

Film yang ditargetkan untuk para remaja ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik, karena film ini ringan dan bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa sehari-hari. Sehingga, kamu akan lebih mudah belajar bahasa Inggris dari percakapan yang terdapat di dalam film.

Selain bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari, kamu tentu akan menemukan dan mempelajari banyak bahasa slang dalam film bergenre teen
romance yang satu ini, karena slang memang cukup banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari remaja Amerika.  

Forrest Gump

Film yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sering kali merasa kesulitan memahami ucapan bahasa Inggris dari orang lain karena orang tersebut berbicara terlalu cepat. Ya, di dalam film ini, Forrest Gump, sang tokoh utama, menderita cacat mental sehingga ia berbicara sangat pelan sekali. 

Hal ini memudahkan kamu untuk memahami isi dari ucapan Forrest. Selain itu, kamu juga bisa belajar cara pelafalan dari tiap kata yang diucapkan olehnya, mengingat ia berbicara dengan perlahan.

Pada dasarnya, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan menonton film apa saja, selama bahasa utama dalam film adalah bahasa Inggris. Tetapi 5 film di atas bisa kamu tonton sebagai permulaan sebelum belajar dari film-film lainnya. Selamat menonton!

Coba Kelas Pertama Gratis