1500-003

5 Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak

Pada era globalisasi seperti saat ini, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang wajib untuk diajarkan kepada anak. Namun, jika kamu ingin mengajarkan bahasa Inggris, kamu harus tahu cara mengajarkan bahasa Inggris pada anak dengan tepat. Lalu, apa saja ya cara terbaik untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak?

Buatlah semenyenangkan mungkin

Metode paling jitu jika ingin mengajarkan bahasa Inggris pada anak adalah buat kegiatan belajar tersebut menyenangkan. Pasalnya, jika anak-anak dipaksa belajar dalam situasi formal yang terlalu kaku, anak mungkin cenderung cepat bosan.

Oleh karenanya, lakukan cara kreatif untuk mengajarkan bahasa ini kepada anak. Misalnya, libatkan berbagai permainan dalam proses belajar. Justru, semakin anak merasa senang saat belajar, semakin banyak hal yang akan diingatnya. Dengan begitu, anak akan lebih mudah menyerap pelajaran yang diberikan kepadanya. 

Ajak anak untuk aktif

Dalam proses belajar mengajar, pastikan bahwa anak mengerti dengan apa yang Anda ajarkan. Maka dari itu, ajak anak untuk aktif berkegiatan. Tidak ada salahnya jika Anda membuat kegiatan yang membuat anak ikut berpikir, ikut menentukan, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa membuat kompetisi kecil-kecilan di dalam kelas sehingga anak lebih bersemangat lagi untuk benar-benar berpartisipasi dalam kegiatan belajar. Semangat anak ini biasanya kunci agar anak senang selama proses belajar. Sehingga, ia tidak akan malas belajar di kesempatan belajar bersama berikutnya. 

Jangan memberikan tekanan pada anak

Jangan lupa untuk selalu menciptakan suasana belajar semenyenangkan mungkin. Hindari proses yang terlalu serius, bahkan bagi anak sekalipun. Jika kamu ingin mengadakan lomba kecil-kecilan di dalam kelas, tanamkan kepada mereka bahwa kalah dan menang itu hal biasa.

Jangan sampai kompetisi yang digunakan sebagai metode belajar justru menjadi boomerang bagi anak-anak yang merasa tertekan dalam proses ini. Misalnya, anak justru menjadi tertekan dan sedih saat harus kalah dalam kompetisi yang kamu adakan saat belajar. 

Siapkan metode cadangan

Saat mengajar anak-anak, kamu harus paham bahwa anak-anak mudah sekali merasa bosan. Bahkan, meski kamu sudah menggunakan metode yang menyenangkan sekalipun. Oleh karenanya, selalu siapkan metode lain sebagai cadangan. Lalu, gunakan metode tersebut jika anak-anak sudah terlihat tidak bergairah dan bersemangat saat belajar dengan metode sebelumnya. 

Les bahasa Inggris

Jika kamu merasa tidak mampu mengajarkan bahasa Inggris sendiri pada anak, tidak masalah untuk memfasilitasinya dengan les bahasa Inggris untuk anak. Tentu pada lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris, para pengajar telah profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Meski harus mengeluarkan biaya tertentu, tetapi kamu bisa menyerahkan sepenuhnya pada orang yang tentu sudah lebih ahli daripada kamu dalam urusan mengajar anak-anak. Belum lagi jika anak bertemu dengan teman seumurannya, tentu ia akan lebih bersemangat belajar bersama dengan teman. 

Dari tips-tips mengajarkan bahasa Inggris pada anak di atas, kamu tentu sudah terbayang kan, metode mana yang akan kamu pilih saat mengajarkan bahasa asing yang digunakan secara global ini pada anak? Selamat mencoba!

Coba Kelas Pertama Gratis