Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Ampuh Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Karir & Bisnis

5 Cara Ampuh Mengatasi Stres di Tempat Kerja

2020.03.09

Jika kamu merasa stres akibat pekerjaan yang kamu jalani, jangan menyerah terlebih dahulu. Mengapa? Hal ini sebenarnya wajar terjadi mengingat ada banyak hal yang berpotensi membuatmu merasa demikian; lingkungan kerja, rekan kerja, beban kerja, dan ritual bekerja yang mungkin membuatmu merasa bosan. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Ikuti berbagai tips berikut sebagai cara hilangkan stres dari pekerjaan yang kamu jalani saat ini.

Lakukan hal yang kamu suka

Salah satu cara mengurangi stres yang kamu rasakan karena terlalu lelah bekerja adalah melakukan hal yang kamu suka. Misalnya, menonton film, berjalan-jalan keliling mall, makan makanan yang kamu sukai, atau apapun itu.

Kamu bisa melakukannya sepulang kerja. Biasanya, dengan melakukan hal yang kamu senangi, kamu akan lupa dengan segala stres akibat bekerja yang kamu rasakan. Setidaknya, setelah melakukan hal yang kamu suka, pikiranmu mungkin akan lebih jernih dan suasana hatimu akan membaik.

Pergi bertemu dengan orang yang membuatmu lupa dengan pekerjaan

Cara lain untuk mengurangi lelah setelah bekerja adalah pergi bertemu dengan orang lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu. Kamu bisa bertemu dengan anggota keluarga, teman terdekat, atau dengan pasangan.

Jika perlu, saat bertemu dengan orang lain, minta mereka untuk tidak membahas pekerjaan sehingga kamu bisa sejenak meletakkan beban dan perasaan stres mengenai pekerjaan saat bersama dengan mereka.

Berolahraga

Percaya atau tidak, olahraga adalah salah satu cara mengurangi stres, lho! Bahkan, kegiatan ini bisa membuatmu menjadi lebih rileks dan tidak mudah merasa stres. Kalau kamu rutin melakukan aktivitas yang juga menyehatkan tubuh ini, kamu akan semakin merasakan manfaatnya.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitasmu. Kamu juga bisa lho, melakukan yoga sebagai salah satu pilihan olahraga. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, yoga juga membantumu melatih pikiran untuk lebih tenang.

Tidur yang cukup

Tahukah kamu kurang tidur bisa menjadi pemicu stres? Bagaimana tidak, saat kamu kurang tidur, kamu akan mudah merasa lelah karena tidak beristirahat yang cukup. Ditambah lagi berbagai pemicu stres lain dari tempat kerja, maka rasa lelah dan stres yang kamu rasakan bisa jadi berlipat ganda.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu sudah istirahat dengan cukup. Jangan membiasakan diri untuk begadang atau tidur terlalu malam di hari kerja. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan waktu istirahat yang sesuai. Hal ini mungkin membantu kamu mengurangi rasa lelah dan stres.

Manfaatkan cuti dengan baik

Jika rasa stres sudah tidak bisa diatasi dengan berbagai cara di atas, mungkin kamu memang benar-benar membutuhkan jeda sejenak dari pekerjaanmu. Tidak ada salahnya kok untuk mengambil cuti beberapa hari demi kembali menyehatkan pikiran.

Kamu bisa pergi berlibur dengan keluarga, atau sekedar menghabiskan waktu di rumah untuk beristirahat dan melakukan hal-hal yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Oleh sebab itu, manfaatkan jatah cuti yang diberikan kantor dengan baik. Jangan sampai kamu tidak bisa menggunakannya saat kamu memang benar-benar membutuhkan cuti tersebut.

Stres kerja memang hal yang wajar selama masih bisa diatasi. Namun, jika kamu merasa rasa stres yang kamu rasakan sudah cukup mengganggu, lebih baik temui ahli yang bisa membantumu mengatasinya.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Ampuh Mengatasi Stres di Tempat Kerja