1500-003

5 Aturan Grammar yang Wajib Dipelajari Para Pemula

Belajar bahasa Inggris biasanya diawali dengan mempelajari tata bahasa atau grammar. Grammar menjadi materi belajar yang cukup penting karena akan berguna saat belajar berbicara dan menulis. Namun, mengingat begitu banyaknya aturan yang harus kamu kuasai, kamu bisa memulai belajar bahasa ini dengan aturan grammar dasar. Apa saja aturan-aturan tersebut? Berikut penjelasannya. 

Struktur kalimat dasar

Dalam bahasa Inggris, sebuah kalimat setidaknya harus terdiri dari noun atau kata benda, dan verb atau kata kerja. Biasanya, noun berperan sebagai subjek atau objek dari kalimat, sementara verb adalah predikatnya.

Misalnya, “She eats rice”, yang berarti, “Dia (perempuan) makan nasi.” She dan rice adalah kata benda yang berperan sebagai subjek dan objek. Sementara eats adalah kata kerja yang menunjukkan sebuah kegiatan dan berperan sebagai predikat di dalam kalimat tersebut. 

Penggunaan preposisi in, on, at

Berbeda dengan preposisi dalam bahasa Indonesia, preposisi dalam bahasa Inggris lebih beragam. Penggunaan ini juga diatur dalam tata bahasa. Preposisi biasanya digunakan untuk menunjukkan lokasi.

Misalnya, in digunakan untuk menjelaskan lokasi di dalam sebuah tempat. Sementara, on menjelaskan lokasi di atas suatu tempat. Selain lokasi, in, on, dan at juga bisa digunakan untuk menunjukkan waktu, arah, pergerakan, kepemilikan, alasan, dan masih banyak lagi. Kamu harus menguasainya jika ingin belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi. 

Penggunaan artikel a dan an

Di dalam bahasa Inggris, untuk menunjukkan sebuah kata benda atau frasa nomina, biasanya akan digunakan artikel a dan an. Tetapi, artikel ini hanya digunakan jika menunjukkan objek yang tidak spesifik, atau hanya satu dari sejumlah benda. 

Artikel a dan an berbeda waktu penggunaannya. Misalnya, a digunakan untuk kata yang diawali dengan huruf konsonan seperti a bear, sementara an digunakan untuk mengawali kata yang diawali oleh huruf vokal seperti an oven. 

Tenses

Ada 16 tenses dalam bahasa Inggris. Biasanya, jika kamu belajar bahasa Inggris online, kamu akan menemukan website atau aplikasi yang mengajarkan kamu semua tenses. Begitu pula jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris. Tetapi, sebagai pemula kamu tidak wajib memahami keseluruhannya.

Kamu cukup mempelajari tenses yang paling sering kamu gunakan. Seperti simple present tense, simple past tense, simple future tense, dan simple perfect tense.  

Memahami tipe-tipe pronomina

Dalam bahasa Inggris, pronomina terbagi ke dalam empat jenis. Ada pronomina subjek, objek, kepemilikan, dan demonstratif. Kamu akan sering menggunakan keempat jenis pronomina ini saat berbahasa Inggris. Maka dari itu, kamu harus menguasai cara pemakaian masing-masing tipe.

Misalnya, pronomina subjek seperti I, you, they, he, she, we, dan it digunakan untuk menjelaskan subjek dalam sebuah kalimat. Sementara, you, me, him, her, them, us, dan it adalah pronomina objek. Begitu juga dengan penggunaan pronomina kepemilikan dan demonstratif yang wajib kamu pelajari jika ingin lancar belajar bahasa Inggris. 

Mungkin, kamu butuh waktu yang tidak sebentar untuk benar-benar menguasai secara menyeluruh penggunaan bahasa Inggris. Tetapi, setidaknya, aturan grammar dasar di atas sudah cukup untuk membantumu memulai belajar. Selanjutnya, kamu bisa mempelajari aturan tata bahasa lain dengan tingkatan yang lebih sulit. Selamat
belajar!

Daftar Konsultasi Gratis