Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami

5 Alasan Kamu Harus Menguasai Bahasa Slang

2020.01.03

Tahukah kamu apa bahasa slang? Ya, sama halnya dengan bahasa gaul dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki bahasa slang. Biasanya, bahasa slang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tapi apakah bahasa slang penting untuk dipelajari? Simak alasan mengapa kamu juga harus mempelajari bahasa slang di bahasa Inggris berikut.

Mempermudah komunikasi

Bahasa slang di bahasa Inggris banyak dipahami oleh banyak orang. Hampir setiap lapisan masyarakat menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari bahasa ini agar tidak kaku saat berkomunikasi dengan native. Apalagi, para native menggunakannya dalam komunikasi informal.

Tentu kamu tidak ingin hanya mampu berkomunikasi ala kadarnya dengan para native. Khususnya jika kamu akan lama tinggal di negara lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Berkaitan erat dengan budaya

Layaknya bahasa gaul, bahasa slang juga memiliki kaitan erat dengan budaya. Salah satunya adalah budaya populer. Tak heran jika banyak kosa kata dalam bahasa slang yang terus bertambah.

Pasalnya, bisa jadi hampir setiap hari ada celetukan atau ujaran yang kemudian dijadikan sebagai bahasa sehari-hari. Bahasa ini lalu diamini oleh seluruh lapisan masyarakat, yang kemudian dianggap bagian dari bahasa slang.

Mudah dipahami

Meski bahasa slang kerap berganti-ganti, bahasa ini termasuk bahasa yang mudah dipahami. Apalagi, bahasa slang juga digunakan oleh banyak anak muda. Saat satu ujaran atau celetukan kecil menjadi sebuah kata yang ‘enak’ dan mudah digunakan, bahasa itu akan mudah sekali ‘menyebar’.

Artinya, kata tersebut begitu cepat menjadi mainstream atau populer sehingga semakin banyak orang yang menggunakannya. Saat banyak orang yang menggunakan, maka kata itu termasuk ke dalam bagian bahasa slang. Itu sebabnya bahasa slang mudah dipahami, karena begitu cepat persebarannya.

Menghindari kesalahan berkomunikasi

Bahasa slang mungkin lebih banyak digunakan dibanding bahasa formal yang kamu pelajari. Karena keterkaitannya dengan budaya, tentu bahasa slang wajib kamu pelajari jika tidak ingin mengalami kesalahan fatal saat berkomunikasi.

Contoh, kamu sering bersenda gurau dengan teman dengan cara saling ejek dalam bahasa Indonesia. Lalu, kamu menerapkan hal yang sama dalam bahasa Inggris kepada native. Padahal, belum tentu padanan kata yang kamu gunakan dalam bahasa Inggris memang cocok digunakan sebagai bahan bercanda.

Jika ternyata kata yang kamu gunakan dianggap sensitif, kamu akan menimbulkan suasana yang canggung. Parahnya, bisa saja lawan bicaramu tersinggung atas ucapan yang kamu maksudkan sebagai guyonan belaka.

Membantu mengekspresikan perasaan

Terkadang, kamu mungkin merasa kesulitan saat harus menyatakan perasaan dalam bahasa formal. Bisa jadi kamu justru bertele-tele dan tidak bisa memberikan gambaran yang tepat jika hanya menggunakan bahasa baku.

Maka dari itu, bahasa slang hadir untuk mempermudah kamu mengekspresikan perasaan yang kamu miliki, baik senang maupun sedih. Di samping itu, apa yang kamu ucapkan kepada orang lain juga akan lebih mudah dimengerti.

Nah, kini kamu sudah mengerti kan mengapa bahasa slang menjadi bahasa yang penting untuk kamu pelajari? Jangan malas mencoba dan terus belajar, ya!

Daftar Konsultasi Gratis