1500-003

4 Tips Memaksimalkan Skor Reading Pada Tes TOEFL

Tes kemampuan berbahasa Inggris memiliki banyak variasi. Salah satu yang cukup banyak dikenal oleh orang yang mempelajari bahasa tersebut adalah tes TOEFL, singkatan dari Test of English as Foreign Language. Di dalam TOEFL, salah satu kemampuan yang akan dinilai atau diamati adalah kemampuan membaca. Reading section dari tes TOEFL sebenarnya tidak susah asal kamu memiliki persiapan yang baik sebelum menjalani tes. Lalu, bagaimana caranya? Baca penjelasannya di dalam artikel berikut. 

Tingkatkan kemampuan untuk membaca dengan cepat

Dalam mengerjakan soal reading untuk TOEFL, waktu adalah segalanya. Artinya, jika kamu tidak bisa memanfaatkan waktu yang telah diberikan untuk mengerjakan seluruh soal reading, kemungkinan besar nilai yang akan kamu raih di akhir tes tidak terlalu tinggi.

Oleh karena itu, saat kamu belajar bahasa Inggris untuk persiapan reading TOEFL, cobalah untuk berlatih membatasi waktu pengerjaan soal. Masalahnya, tidak seperti listening atau speaking yang waktunya telah ditentukan untuk masing-masing pertanyaan atau soal, dalam mengerjakan soal reading, kamu lah yang menjadi penentu berapa lama waktu yang digunakan untuk mengerjakan tiap-tiap soalnya.  

Tingkatkan kemampuan memahami bacaan

Jangan kaget jika kamu menemukan banyak vocabulary atau kosakata asing yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya dalam teks reading. Tenang, kamu tidak perlu menjadi ‘kamus berjalan’ untuk memahami bacaan tersebut, meski ada beberapa kata yang tidak kamu ketahui artinya. 

Kosakata tingkat tinggi memang biasanya sengaja diletakkan pada bacaan untuk menilai apakah terlepas dari pengetahuanmu akan kosakata tertentu, kamu bisa memahami bacaan meski tidak benar-benar mengerti semua kosakata yang terdapat dalam bacaan tersebut.

Pelajari kosakata yang cukup susah

Kamu mungkin tidak bisa memprediksi kosakata apa yang akan muncul pada bacaan reading saat tes TOEFL, namun tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan mencari tahu dan menghafalkan beberapa kosakata yang tergolong susah. 

Kamu bisa melakukannya dengan cara membaca kamu secara langsung dan mencatat arti dari beberapa kata, mencari kosakata dari bacaan-bacaan berbobot lalu melihat maknanya di kamus, atau belajar bahasa Inggris online khusus mengenai kosakata kelas atas yang mungkin belum sering kamu temui sebelumnya. 

Hindari berhenti pada soal yang terlalu susah

Sekali lagi, waktu adalah segalanya saat mengerjakan soal reading dari tes TOEFL. Maka dari itu, akan jauh lebih baik jika kamu meminimalisir kondisi yang mungkin berpotensi membuang-buang waktumu begitu saja. Salah satu kondisi yang dapat mengganggumu mengerjakan soal cepat dan tepat adalah stuck pada sebuah soal. 

Jika kamu menemui sebuah soal yang amat susah dan tidak menemukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya, tinggalkan soal tersebut terlebih dahulu. Lebih baik, selesaikan semua soal yang dirasa mudah sebelum kamu mengerjakan soal yang susah. Dengan mengatur waktu pengerjaan soal dengan baik, kamu bisa menggunakan sisa waktu untuk mengerjakan soal yang sulit dengan perasaan lebih tenang karena soal lainnya sudah dikerjakan.

Maka dari itu, persiapkan diri kamu dengan matang jauh-jauh hari sebelum hari tes TOEFL agar kamu bisa mendapatkan skor tes yang tinggi. Jadi, jangan lupa untuk selalu menerapkan tips-tips di atas, ya. 

Coba Kelas Pertama Gratis