Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Tips Jitu Mengikuti Liburan Kantor yang Patut Dicoba
Karir & Bisnis

4 Tips Jitu Mengikuti Liburan Kantor yang Patut Dicoba

2019.09.09

Meskipun company outing adalah kegiatan yang terkesan santai dan menyenangkan, tidak semua pegawai suka dengan kegiatan ini. Pasalnya, liburan kantor yang biasanya digunakan untuk mengakrabkan para pegawai tetap membutuhkan profesionalitas. Artinya, sikap dan perilakumu tetap harus dijaga di depan para kolega dan atasan. Karena pada akhirnya, hal tersebut akan menentukan ‘siapa dirimu’ di depan mereka. Lalu, apa sih, tips dan trik untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik?

1. Bawalah makanan ringan yang bisa dibagi bersama dengan teman kantor

Membawa makanan selalu menjadi kunci keberhasilanmu mingle bersama pegawai lainnya. Tidak perlu muluk-muluk, kamu bisa membawa makanan atau minuman ringan yang pasti disukai oleh semua.

Mungkin kamu bukan satu-satunya yang akan membawa makanan ringan saat melakukan liburan kantor. Pasalnya, sebenarnya ini adalah pengetahuan dasar yang harus kamu miliki. Akan menjadi nilai ‘plus’ untukmu jika kamu bisa membawa makanan yang disukai, apalagi jika kamu adalah pegawai baru. Karena dengan ini, kamu sudah dinilai peka dengan keadaan.

2. Selalu siap sedia

Meski ini hanya ‘liburan’, tetapi kamu harus siap sedia akan segala kebutuhan. Misalnya, di saat liburan kantor, akan ada kegiatan olahraga yang kamu ikuti. Jangan lupa untuk membawa pakaian olahraga. Atau jika sedang musim hujan, bawalah payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga.

Jika kamu tidak siap di saat orang lain penuh persiapan, kamu mungkin akan dinilai tidak profesional, khususnya oleh atasan-atasanmu. Hal sekecil apapun, jika kesalahan yang kamu lakukan cukup kentara, atasanmu akan terus mengingatnya. Percayalah, mereka akan memperhatikanmu bahkan saat kamu tidak menyadarinya.

3. Berbicara dengan rekan kerja dari divisi lain

Mengingat liburan kantor ini biasanya melibatkan seluruh pegawai dari semua divisi, kamu tentu diharapkan untuk bisa mengakrabkan diri dengan yang lain. Artinya, coba untuk ngobrol dengan teman kantor dari divisi lain.

Hanya mengekor teman-teman dari divisi yang sama tidak akan membuatmu menambah teman. Jika kamu bekerja di perusahaan internasional yang memiliki banyak pekerja ekspat atau bule, jangan khawatir. Kamu bisa mempersiapkan diri sebelumnya dengan mengikuti les bahasa Inggris.

Setidaknya, saat kamu memahami bahasa Inggris untuk professional, kamu bisa juga bisa bersosialisasi dengan teman-teman ekspat di kantormu. Dengan begitu, pergaulanmu akan semakin luas.

4. Tunjukkan sisi kepemimpinanmu

Company outing biasanya dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan seru. Kamu mungkin akan dikelompok-kelompokkan dengan beberapa orang untuk mengikuti perlombaan dalam acara tersebut.

Meski kadang kegiatan lomba ini akan membuatmu sedikit mempermalukan diri di depan banyak orang, itulah saat yang tepat untuk menunjukkan sisi

kepemimpinanmu.

Jangan ragu untuk menawarkan diri jadi ketua kelompok. Ikuti perlombaan dengan maksimal dan lakukan yang terbaik. Usahakan untuk memenangkan perlombaan dengan fair. Mungkin saja, atasan-atasan yang memperhatikan atau bahkan ikut bergabung di dalam tim-mu akan memberikan penilaian positif akan dirimu.

Meski kegiatan ini akan dipenuhi dengan berbagai ‘strategi’ agar tidak melakukan kesalahan di depan para kolega dan atasan, jangan lupa untuk menikmatinya dan bersenang-senang. Karena hanya dengan itu, kamu bisa menjalaninya dengan ringan tanpa beban. Sisihkan ketidaknyamanan yang kamu rasakan di kantor dan nikmati waktu yang kamu miliki. Tetap jaga profesionalitas, serta sikap yang sopan dan santun.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Tips Jitu Mengikuti Liburan Kantor yang Patut Dicoba