Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Tips Bekerja Lebih Produktif di Coworking Space
Karir & Bisnis

4 Tips Bekerja Lebih Produktif di Coworking Space

2019.12.09

Coworking space adalah tempat terbuka yang bisa digunakan oleh beberapa perusahaan untuk menyewa tempat di ruang lingkup yang sama. Artinya, pemilik dari tempat tersebut memang menyediakan tempat yang cukup besar untuk digunakan oleh beberapa perusahaan. Biasanya, coworking space juga dilengkapi dengan kebutuhan bekerja seperti ruang rapat, ruang kantor pribadi, bahkan tempat bersantai. Tapi, dengan kondisi ruang kerja yang tidak berbeda dari biasa, bagaimana cara agar tetap produktif bekerja di coworking space?

Gunakan waktumu sebaik mungkin

Jika kamu seorang pekerja lepas atau freelancer dan ingin menyewa tempat di coworking space, kamu harus bijak. Artinya, kamu harus bijak menentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk bekerja di sana, dan pergunakan pula waktumu di sana dengan baik.

Pasalnya, jika kamu tidak mengerjakan pekerjaanmu dengan maksimal selama di sana, percuma saja kamu mengeluarkan uang untuk hal yang sia-sia. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan apakah bekerja di coworking space sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ternyata kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu di rumah dengan baik, buat apa mengeluarkan uang lebih hanya untuk bekerja di coworking space.

Manfaatkan waktu istirahat dengan maksimal

Saat bekerja di coworking space, bukan berarti kamu harus memforsir pikiran dan energimu hanya untuk bekerja. Jika memang sudah waktunya beristirahat, gunakan waktu tersebut untuk berhenti bekerja.

Salah satu plus minus coworking space adalah kamu memang harus membayar selama di sana berdasarkan lama waktu kamu bekerja selama sehari. Namun, kamu bisa menggunakan semua fasilitas yang terdapat di coworking space sesukamu. Saat istirahat, manfaatkan ruang bersantai untuk bermain game, menonton film, atau sekedar bercengkrama dengan orang yang juga menyewa tempat di coworking space tersebut. Hitung-hitung kamu juga menambah teman dan kenalan di sana.

Manfaatkan kemudahan teknologi

Selama berada di coworking space, manfaatkan segala fasilitas dan teknologi yang diberikan. Pasalnya, harga yang kamu bayarkan biasanya sudah termasuk dengan harga fasilitas di sana.

Jika kamu bekerja di sana sebagai bagian dari sebuah perusahaan, gunakan teknologi untuk melakukan meeting atau rapat kecil yang tidak membutuhkan waktu lama. Hindari menggunakan jatah atau credit meeting room untuk pertemuan atau rapat yang tidak perlu. Jatah tersebut bisa kamu gunakan untuk meeting besar yang lebih penting dan memang urgent. Untuk menyiasatinya, kamu bisa berkumpul di meja yang berdekatan atau melakukan meeting melalui platform video atau chat.

Pilih area favoritmu

Salah satu alasan memilih coworking space adalah tempatnya yang luas dan tidak membosankan. Meski kamu disewakan sebuah private office oleh perusahaan, bukan berarti kamu tidak bisa bekerja di common room atau ruangan bersama yang bisa digunakan oleh siapapun.

Jika kamu sedang bosan dan penat, tidak ada salahnya bekerja di common room. Pilih pojok favoritmu agar kamu lebih nyaman dan produktif saat bekerja. Namun, jangan lupa untuk tetap menggunakan ruangan yang telah disewakan oleh perusahaanmu agar uang yang digunakan untuk menyewa tidak terbuang sia-sia.

Jadi, sudahkah kamu siap bekerja di coworking space? Tidak usah khawatir karena bekerja di tempat tersebut juga asik dan menyenangkan. Jika kamu bekerja sebagai freelancer, pilih coworking space dengan suasana dan lokasi yang nyaman dan pas untukmu.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Tips Bekerja Lebih Produktif di Coworking Space