Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Saat Gap Year
Karir & Bisnis

4 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Saat Gap Year

2019.08.05

Setelah dinyatakan lulus dari sekolah, kebanyakan pelajar memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Tetapi, tidak semua siswa memiliki keyakinan yang sama mengenai apakah mereka mau melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan jurusan apa yang benar-benar diinginkannya. Jika kamu salah satunya, jangan khawatir! Tidak semua harus ada jawabannya sekarang. Ada gap year yang bisa jadi opsi untuk memberimu waktu mencari tahu apa passion yang kamu miliki dan mengeksplor dunia di sekitarmu. Mau tahu apa saja yang bisa kamu lakukan saat cuti belajar?

Kegiatan Sukarelawan

Mungkin, saat duduk di bangku sekolah, tidak banyak waktu yang kamu miliki selain untuk belajar. Saat mengambil cuti belajar, kamu yang suka dengan kegiatan sosial bisa menjadikan kegiatan sukarelawan menjadi pilihan utama untuk mencari suasana dan teman baru.

Kini, banyak sekali kegiatan sukarelawan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari membantu korban bencana alam, membersihkan lingkungan, berbagi rezeki dengan orang yang kurang mampu, hingga berbagi ilmu dengan mereka yang tidak bisa mengenyam pendidikan. Dengan begitu, kamu bisa membagi pengetahuan yang kamu dapatkan di sekolah dulu. Contohnya, mengajarkan kepada anak-anak jalanan tentang penggunaan

bahasa Inggris sehari-hari.

Mencari Pengalaman Kerja

Salah satu cara untuk mendapatkan skill atau kemampuan baru adalah bekerja. Tidak harus muluk-muluk, kamu bisa bekerja paruh waktu atau mengambil program internship. Sekarang sudah banyak lho, perusahaan yang mau menerima lulusan sekolah menengah untuk magang di kantor mereka.

Selain mengisi waktu luangmu dengan cara yang produktif, mencari pengalaman kerja juga dapat mengenalkanmu pada dunia kerja. Ditambah lagi, jika kamu berhasil magang di perusahaan luar negeri, kamu juga bisa mengasah kemampuan bahasa inggris untuk professional. Hal ini merupakan sebuah pengalaman yang belum tentu dirasakan oleh semua lulusan sekolah menengah.

Traveling

Belajar terus-menerus tentu membuatmu penat, tetapi saat di bangku sekolah kamu tidak punya cukup waktu untuk liburan. Ini saat yang paling tepat jika kamu benar-benar ingin menyegarkan pikiranmu. Tidak usah khawatir jika tidak ada teman yang bisa diajak traveling karena bepergian sendiri pun bukan masalah.

Justru, kamu bisa mencari pengalaman dan teman baru serta bisa menggunakan waktu liburanmu untuk benar-benar lebih mengenal dirimu sendiri. Barangkali, setelah itu, pikiranmu bisa lebih jernih untuk memutuskan apa yang ingin benar-benar kamu lakukan di masa depan.

Kursus

Tidak semua soft skill yang dibutuhkan oleh mahasiswa sudah kamu miliki sejak di bangku sekolah. Begitu pula dengan kemampuan-kemampuan lain yang berguna untuk kehidupan, belum tentu kamu dapatkan di sekolah atau universitas.

Jeda yang kamu ambil saat ini bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan masa depanmu dengan mengambil kursus yang nantinya akan berguna di masa depan. Contohnya, kursus bahasa Inggris untuk mahasiswa. Selain itu, kamu juga bisa mengambil kursus komputer, kursus keterampilan, atau kursus bahasa asing lainnya.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Saat Gap Year