1500-003

4 Cara Belajar Bahasa Inggris Saat Liburan

Berlibur adalah kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika kamu bisa berhenti sejenak melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi, sungguh tidak berarti liburanmu apabila kamu tidak bisa mendapatkan manfaat apapun dari liburan tersebut. Maka dari itu, jika kamu punya kesempatan untuk berlibur ke luar negeri cobalah untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris yang kamu miliki. Tapi, bagaimana caranya?

Cobalah berbicara dengan native speaker

Berlibur ke benua Eropa atau Amerika adalah kesempatanmu untuk bertemu dengan native atau orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Saat itu, kamu bisa melatih kemampuan bicara bahasa Inggris dengan mereka. Berbeda dengan saat berbicara dengan teman atau guru les bahasa Inggris, saat berbicara dengan native kamu tidak akan dinilai. Kamu hanya perlu berbicara semampu kamu. Selama native mengerti apa yang kamu ucapkan, kamu sudah dianggap bisa berkomunikasi dengan cukup baik. Setidaknya, kamu bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri serta membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa tersebut. 

Baca semua papan petunjuk jalan dengan cermat

Saat traveling, cobalah sesekali untuk tidak melihat peta online dan pasrahkan dirimu pada petunjuk jalan yang biasanya tersedia dalam bahasa Inggris. Mungkin awalnya akan membingungkan, apalagi jika kamu belum terbiasa dengan bahasa ini. Tetapi, ini adalah salah satu cara untuk melatih dirimu membaca tulisan dalam bahasa Inggris.

Misalnya, alih-alih membaca peta di smartphone yang diatur dalam bahasa Indonesia, mungkin kamu bisa membaca peta penunjuk jalan yang ditempel di stasiun subway, atau di jalan-jalan. Jika perlu, bertanyalah pada penduduk setempat sembari melatih kemampuan berbicara. 

Pergilah menonton film di bioskop

Meski kamu juga bisa menonton film di bioskop Indonesia, tetapi tentu sensasinya akan berbeda jika kamu menonton bioskop di luar negeri. Pasalnya, saat berada di luar, tentu tidak akan ada subtitle bahasa Indonesia di layar sehingga kamu harus mendengarkan dengan seksama setiap ucapan tokoh agar kamu bisa memahami. Dari kegiatan ini, kamu bisa melatih kemampuan mendengar, membiasakan diri untuk lebih konsentrasi, dan membuatmu tidak tergantung dengan subtitle. Jadi, saat kamu kembali ke Indonesia, kamu bisa terus melakukan kebiasaan ini tanpa harus tergantung dengan teks bahasa Indonesia. 

Traveling tanpa agen

Travel agent memang akan memudahkan perjalananmu. Tetapi, jika kamu ingin traveling sambil belajar bahasa Inggris, akan lebih efektif jika kamu pergi sendiri tanpa bantuan agen. Dengan begitu, kamu bisa menentukan sendiri tempat-tempat yang ingin kamu datangi. Pilihlah tempat yang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Misalnya, pergi ke bioskop seperti yang sudah disebutkan, pergi ke museum, dan sebagainya. 

Selain itu, jika kamu bepergian sendiri, kamu akan mengatur segala sesuatunya sendiri. Hal ini membuatmu mau tidak mau harus mengatasi sendiri segala kebutuhanmu. Misalnya, kamu harus memesan makan sendiri, mengatur penginapanmu sendiri, dan harus tahu apa saja transportasi yang harus kamu naiki untuk pergi ke berbagai tujuan yang telah kamu tentukan. 

Kamu akhirnya bisa membiasakan diri dengan native, tidak bergantung pada travel agent dan kemampuan berbahasa Inggris yang kamu miliki pun sedikit banyak akan meningkat. Belum lagi jika kamu bisa menambah teman baru dari perjalanan ini. Seru, kan?

Oleh sebab itu, jangan sia-siakan waktu liburanmu, tetapi manfaatkan dengan baik untuk belajar bahasa Inggris sambil jalan-jalan.   

Daftar Konsultasi Gratis