Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Aspek dalam Bahasa Inggris Mana yang Harus Dipelajari Lebih Dulu?
Karir & Bisnis

4 Aspek dalam Bahasa Inggris Mana yang Harus Dipelajari Lebih Dulu?

2019.11.29

Tahukah kamu apa itu reading, writing, listening, dan speaking dalam bahasa Inggris? Ya, keempat aspek itu adalah kemampuan yang harus kamu kuasai jika ingin mahir dalam berbahasa Inggris. Tapi, diantara keempatnya, bagaimana

sih urutan 4 skill dalam bahasa Inggris yang harus dipelajari terlebih dahulu?

Speaking

Setelah mengetahui apa itu 4 skill, kini saatnya mengurutkan mana yang lebih penting. Sebenarnya, dari empat skill yang telah disebutkan, semuanya sama pentingnya untuk dipelajari. Bahkan, semuanya saling berkaitan, sehingga saling mendukung untuk belajar di aspek lainnya.

Salah satunya adalah speaking. Salah satu tips belajar Inggris yang cepat dalam waktu singkat adalah menguasai kemampuan ini. Speaking dalam bahasa Inggris dapat membantu kamu dalam aspek listening. Pasalnya, tanpa disadari, saat kamu speaking, kamu juga mendengarkan ucapanmu dan lawan bicaramu.

Di samping itu, kamu akan lebih kaya dengan kosakata karena meski kamu tidak paham apa yang dibicarakan oleh lawan bicara, kamu akan memahaminya melalui konteks situasi dan kondisi. Sehingga, di kemudian hari, kamu juga bisa menggunakan kosakata yang diucapkan oleh orang lain.

Reading

Tentu kamu tahu, apa itu reading. Skill yang satu ini sangat membantu mu meningkatkan kemampuan dalam ketiga aspek lainnya. Saat membaca teks bahasa Inggris, kamu akan menemukan kosakata yang mungkin tidak pernah kamu ketahui sebelumnya.

Kosakata yang kamu dapat dari membaca bisa kamu gunakan dalam menerapkan skill aktif seperti speaking dan writing. Di samping itu, semakin kamu terbiasa dengan kosakata tersebut, kamu pun tidak akan terasa asing saat mendengarkan kosakata tersebut digunakan orang lain dalam percakapan, atau saat kamu ingin menggunakannya di tulisanmu yang lain.

Writing

Salah satu active skill dalam berbahasa Inggris ini juga termasuk penting dan erat kaitannya dengan kemampuan speaking, mengingat keduanya adalah kemampuan aktif. Semakin sering Anda terbiasa menggunakan otak untuk mengolah kalimat dan paragraf dalam tulisan, maka semakin “akrab” pikiran Anda dengan bahasa Inggris. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah berbicara.

Namun, kemampuan writing juga akan didukung oleh kemampuan reading.

Karena semakin banyak membaca, kamu akan semakin banyak menyerap kosakata yang bisa kamu gunakan dalam kalimat-kalimat yang kamu susun dalam tulisanmu.

Listening

Sedikit berbeda dengan aspek lainnya, listening selalu dianggap yang paling mudah. Meski begitu, listening tetap akan terasa sulit jika kamu tidak terbiasa mendengarkan ucapan dalam bahasa Inggris.

Aspek yang satu ini mungkin akan terasa lebih mudah jika didukung dengan aspek seperti speaking. Saat berbicara, kamu akan mendengarkan ucapanmu dan ucapan lawan bicaramu. Selain itu, kemampuan reading juga membantumu memahami konteks. Jadi, saat kamu tidak berhasil mendengar ujaran secara menyeluruh, mungkin kamu akan memahami inti ujaran tersebut melalui konteks yang kamu tangkap.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa keempat aspek atau skill dalam bahasa Inggris saling mendukung satu sama lain. Keempatnya harus dipelajari secara beriringan agar semuanya bisa dikuasai secara merata.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Aspek dalam Bahasa Inggris Mana yang Harus Dipelajari Lebih Dulu?