Menu
materi public speaking
Listening and Speaking

Yuk Latihan Vokal untuk Public Speaking

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.29

Apa EFriend pernah merasa gugup ketika harus berbicara di depan umum? Jika ya, kamu tidak sendirian. Banyak dari kita merasa cemas ketika harus tampil di hadapan banyak orang. Tapi jangan khawatir, latihan vokal bersama Tom kali ini bisa membantu kamu menjadi lebih percaya diri dalam public speaking.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Public speaking atau berbicara di depan umum adalah keterampilan yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Salah satu kunci sukses dalam public speaking adalah memiliki vokal yang jelas, kuat, dan menarik. Yuk, simak tips latihan vokal untuk meningkatkan kemampuan public speaking mu!

Sebelum melakukan latihan vokal, apakah kamu tahu kenapa latihan vokal sangatlah penting untuk public speaking? Kalau belum, mari pahami mengapa latihan vokal itu penting. Ketika kamu berbicara di depan umum, vokal atau suara kamu adalah alat utama. Suaramu harus terdengar jelas, mudah dimengerti, dan memancar aura kepercayaan diri saat public speaking. Nah, dengan latihan vokal akan membantu meningkatkan kemampuan kamu dalam hal ini.

Bernafas dengan Benar

latihan pernapasan

Sebelum kamu memulai latihan vokal, mari fokus pada hal dasar yang sangat penting, bernafas dengan benar. Bernafaslah dari diafragma, bukan dari dada. Cobalah latihan pernapasan dengan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut. Ini akan memban tu kamu memiliki pasokan udara yang cukup saat berbicara. Dengan mengatur pernapasan, ini akan membantumu menghindari napas pendek dan memastikan suaramu tetap kuat dan tahan lama.

Latihan Pronunciation & Vokal

latihan vokal

Pronunciation yang jelas adalah kunci dalam public speaking. Latihan artikulasi dan pengucapan kata-kata dengan baik adalah bagian penting dari perbaikan vokal. Jika kamu tahu ada kata-kata sulit dalam pidatomu, praktikkan pengucapannya berulang-ulang. Pastikan kata-kata itu diucapkan dengan benar dan jelas.

Setelah melatih pronounciation, kamu juga harus berlatih vokal suara. Teknik vokal melibatkan latihan seperti penggunaan nada, pitch, volume, dan intonasi yang berbeda. Cobalah untuk berbicara dengan berbagai nada, dari yang rendah hingga tinggi, untuk menambahkan variasi pada suaramu. Ini akan membuat public speaking mu lebih menarik.

Merekam Diri Sendiri

self record

Merekam diri saat berbicara adalah cara yang bagus untuk memantau kemajuanmu. Dengarkan rekaman suaramu dan identifikasi area yang perlu ditingkatkan. Ini juga membantu dalam mengatasi kebiasaan buruk yang mungkin kamu miliki dalam berbicara.

Selain merekam, kamu juga bisa latihan berbicara di depan cermin. Dengan ini kamu bisa melihat ekspresi wajah dan gerakan tubuh saat berbicara. Ini adalah aspek penting dalam public speaking, karena ekspresi wajah dan bahasa tubuhmu juga berkontribusi pada kesan yang kamu tinggalkan pada audiens.

Praktikkan dengan Teman atau Kelompok

kelas public speaking

Berlatih dengan teman atau dalam kelompok juga membantu kamu merasa lebih nyaman berbicara di depan orang lain. Berikan dan terima umpan balik dari teman-temanmu untuk meningkatkan kemampuan public speaking mu.

Tips Public Speaking

Setelah mengetahui cara belatih vokal sebelum kamu melakukan public speaking. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam public speaking:

  • Persiapkan materi dengan baik. Semakin kamu menguasai topik, semakin percaya diri kamu saat berbicara.

  • Latih kemampuan mendengarkan. Public speaking juga melibatkan berinteraksi dengan audiens. Dengarkan pertanyaan atau tanggapan mereka dengan baik.

  • Jadilah diri sendiri. Jangan mencoba menjadi orang lain. Biarkan kepribadianmu bersinar.

  • Belatih dan terus berlatih. Semakin sering kamu berbicara di depan umum, semakin baik kamu menjadi pembicara handal.

Ingatlah, public speaking adalah keterampilan yang bisa kamu kembangkan. Tidak perlu khawatir jika saat ini kamu merasa gugup atau suaramu kurang kuat. Dengan latihan vokal yang tepat, kamu akan semakin percaya diri dan mampu memberikan presentasi yang memukau. Jadi, yuk mulai berlatih dan jadilah bintang di atas panggung!

Ingin makin mahir dan percaya diri saat public speaking? Kamu bisa lho bergabung menjadi EF Student. Di EF, kamu akan mendapat banyak tips untuk kamu supaya makin percaya diri saat berbicara di depan umum. Akan ada banyak materi lainnya juga yang akan membantumu dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu. Menarik bukan? Yuk, ambil peluang kamu untuk bergabung dalam kelas GRATIS belajar bahasa Inggris di EF dengan guru yang profesional. Segera isi formulir yang ada pada laman ini sekarang!

Tom tunggu di kelas ya!