Menu
mengepel rumah
Grammar and Vocabulary

Yuk, Kenali Macam-Macam House Chores

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.05

Ketika kamu tinggal di rumah, pasti ada tugas-tugas rutin yang harus dilakukan untuk menjaga agar rumah tetap bersih dan rapi. Tugas-tugas rumah tangga ini dikenal dengan istilah "house chores" dalam bahasa Inggris. Mau tahu apa saja macam pekerjaannya? Yuk, kita kenali bersama Tom di sini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apakah kalian pernah merasa bahwa rumah selalu butuh perhatian ekstra agar tetap bersih dan rapi? Pasti sering, kan? Membersihkan rumah merupakan tugas semua penghuni rumah, dari ayah, ibu, kakak hingga adik. Ketika tinggal di rumah, ada kewajiban yang harus kamu lakukan untuk menjaga rumah agar tetap nyaman untuk ditinggali bersama.

Dengan adanya house chores atau pekerjaan rumah tangga, akan membuat rumahmu terbebas dari kuman atau bakteri penyebab penyakit. Kira-kira apa saja pekerjaan yang bisa kamu lakukan? Berikut ini adalah macam-macam house chores yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumahmu tetap bersih dan nyaman:

pekerjaan rumah tangga

Making the Bed (Menata tempat tidur)

Menyusun tempat tidur bukan hanya membuat kamar terlihat rapi, tapi juga memberikan perasaan nyaman saat kamu ingin istirahat. Dengan merapikan selimut, bantal, dan memasang seprai dengan rapi, kamu menciptakan suasana tidur yang nyaman dan menyenangkan setelah seharian beraktivitas. Jadi, jangan lupakan langkah ini untuk menciptakan ruang tidur yang nyaman di rumah!

Sweeping & Mopping the Floor (Menyapu dan mengepel lantai)

Siapa di antara kalian yang suka merasakan lantai rumah yang bersih dan berkilau? Nah, untuk itu, kita harus rajin menyapu dan mengepel lantai. Menyapu dan mengepel adalah dua kegiatan yang sering dilakukan secara berurutan. Menyapu dilakukan untuk mengumpulkan kotoran, debu, atau benda kecil lainnya yang berada di permukaan lantai. Bayangkan betapa segarnya lantai setelah kita hapus bersih kotoran dan debunya!

Washing Dishes (Mencuci piring)

Apakah kalian mencuci piring setelah makan? Tentunya! Mencuci piring itu penting, lho, agar makanan atau minuman yang menempel di pealatan makan hilang. Dengan menggosoknya dengan sabun pencuci piring dan mengalirkannya dengan air bersih, piring akan kembali bersih dan siap digunakan kembali.

Doing Laundry (Mencuci pakaian)

Bagaimana dengan mencuci pakaian? Pasti tahu dong caranya. Mulai dari memisahkan pakaian, mencuci dengan deterjen, hingga menjemurnya. Semua itu penting agar pakaian kita selalu wangi dan rapi.

Cooking (Memasak)

Oh ya, siapa di sini yang suka memasak? Dengan memasak, kita bisa menyajikan makanan enak untuk keluarga. Mulai dari memilih bahan, memasak, hingga menciptakan sajian lezat! Memasak juga memberikan kesempatan kamu untuk mencoba resep baru, dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Grocery Shopping (Belanja kebutuhan rumah tangga)

Dan jangan lupa soal belanja kebutuhan rumah tangga. Sebelum pergi ke toko, kita harus membuat daftar belanjaan agar tidak lupa apa yang dibutuhkan. Dengan perencanaan yang baik, belanja jadi lebih efisien dan hemat, lho!

Watering Plants (Menyiram tanaman)

Tak ketinggalan, tanaman di rumah juga butuh perhatian. Jangan lupa untuk rutin menyiramnya agar tetap segar dan hijau. Saat menyiram, kamu harus memastikan tanah benar-benar basah, tetapi tidak tergenang air. Kamu juga bisa memeriksa kesehatan tanamanmu dengan menghilangkan daun kering, atau memberikan pupuk pada tanaman jika diperlukan.

Taking Out the Trash (Membuang sampah)

Mengurus sampah dengan baik adalah tugas penting untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan bau tidak sedap atau menjadi sarang penyakit. Ketika membuang sampah, pastikan untuk memilahnya sesuai dengan jenisnya, seperti sampah organik, non-organik, atau sampah berbahaya. Hal ini membantu dalam proses daur ulang. Dengan membuang dan memilah sampah pada tempatnya kamu juga membantu menjaga lingkungan lho!

Cleaning the Bathroom (Membersihkan kamar mandi)

Kamar mandi adalah area yang sering digunakan dan perlu dibersihkan secara rutin. Membersihkan kamar mandi akan menghilangkan noda, kotoran, dan bakteri yang mungkin ada di toilet, wastafel, kaca, atau area lainnya. Rutinitas membersihkan kamar mandi ini juga membantu mencegah timbulnya jamur atau kerak yang dapat merusak permukaan kamar mandi.

Itulah beberapa contoh house chores atau pekerjaan rumah tangga yang mungkin kamu lakukan setiap hari atau setiap minggu di rumah. Meskipun terkadang tampak melelahkan, melakukan tugas-tugas ini secara rutin dapat membantu menjaga rumah tetap bersih, nyaman, dan menyenangkan untuk ditinggali. Pekerjaan apa yang sudah kamu lakukan hari ini?

Di EF, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, lho! Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan membuat belajar bahasa Inggris lebih seru untuk kamu pelajari. EF punya banyak cara yang membuat kegiatan belajar di kelas jadi super seru!

Sudah siap untuk fasih bahasa Inggris layaknya native speaker? Coba ikut kelas gratis, yuk! Di sini, kamu akan mendapat pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus bertemu guru dan teman yang asik!

Tom tunggu di kelas ya!