Menu
Yuk Kenali Aneka Kuliner dari Depok dalam Bahasa Inggris
News and Lifestyle

Yuk Kenali Aneka Kuliner dari Depok dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.11.25

Tahukah kamu bahwa kota Depok memiliki sejumlah kuliner khas? Apakah kamu sudah tahu beberapa di antaranya atau malah belum tahu sama sekali? Yuk lihat daftar makanan Depok yang paling terkenal berikut!

Kali ini, akan dibahas beberapa makanan dan minuman dari Depok, Jawa Barat sekaligus terjemahannya dalam bahasa Inggris. Jadi, kamu pun juga bisa menjelaskannya ke teman-temanmu yang berasal dari luar Indonesia. Penasaran apa saja? Yuk disimak!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Belimbing Dewa dan Aneka Olahannya

tumbuh dan diproduksi di sini. Jenis belimbing yang berasal dari Depok dikenal dengan sebutan Belimbing Dewa. Buah ini berwarna kuning, berukuran besar, dan rasanya manis. Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Nah, kini sudah banyak juga aneka makanan dan minuman olahan yang terbuat dari Belimbing Dewa. Contohnya ada nastar belimbing, dodol belimbing, dan juga sirup belimbing.

Dalam bahasa Inggris, belimbing disebut star fruit karena jika dipotong maka bentuk potongannya seperti bintang. Keren, ya!

  • Belimbing Dewa = Dewa star fruit

  • Nastar belimbing = Star fruit-filled cookie

  • Dodol belimbing = Star fruit sticky confectionery

  • Sirup belimbing = Star fruit syrup

2. Biskuit Temma

Siapa yang suka dengan biskuit? Jika kamu adalah penggemar biskuit, kamu harus coba nih, biskuit Temma dari Depok. Temma merupakan singkatan dari tepung, tempe, kurma. Sesuai namanya, biskuit ini terbuat dari tepung kedelai yang merupakan bahan dasar tempe dan juga kurma. Unik sekali, bukan? Bentuk biskuitnya pun bermacam-macam. Ada yang berbentuk bulat, bintang, hingga hati.

  • Biskuit Temma = Temma Biscuit (biscuit made of soybean flour and dates jam)

  • Kurma = Dates

  • Tempe = Fermented soybean

  • Tepung = Flour

3. Perkedel Bakar

Biasanya, kudapan perkedel yang umum dijumpai adalah olahan kentang tumbuk yang digoreng. Namun, di Depok kita bisa menjumpai perkedel yang tak biasa. Perkedel bakar ini terbuat dari kentang tumbuk yang diberi isi daging, dibumbui aneka rempah, lalu dimasukkan ke oven.

Perkedel bakar ini merupakan resep warisan dari keturunan orang Belanda yang tinggal di Depok. Maka, tak heran jika kuliner ini seperti perpaduan antara masakan tradisional Indonesia dan Barat.

  • Perkedel Bakar = Grilled potato croquette

4. Peyek Kembang Goyang

Camilan yang satu ini menggabungkan 2 jenis makanan, yaitu peyek dan kembang goyang. Peyek sendiri merupakan gorengan tepung beras yang biasanya diberi isian seperti ikan teri atau kacang, sehingga rasasnya menjadi gurih dan renyah. Sementara itu, kembang goyang adalah camilan berbentuk kelopak bunga yang biasa terbuat dari tepung beras dan rasanya manis.

Karena merupakan gabungan, peyek kembang goyang memiliki rasa seperti peyek pada umumnya yang gurih tapi berbentuk seperti kembang goyang. Tampilannya pun tampak menjadi lebih cantik.

  • Peyek / rempeyek = Deep-fried savoury cracker

  • Kembang goyang = Flower-shaped tradional snack

Wah, ternyata Depok memiliki banyak kuliner khas yang unik dan menarik ya. Di antara aneka makanan dan minuman khas ini, apakah ada yang sudah pernah kamu coba? Lalu, mana yang kira-kira paling membuatmu tertarik ingin mencobanya?

Ben Small Stars
Author
Ben