Menu
burung penguin
News and Lifestyle

Yuk Cek Rahasia Penguin, Burung dari Kutub yang Dingin

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.04.09

Pernahkah EFriends melihat penguin secara langsung? Burung yang menggemaskan ini memang selalu menarik perhatian. Tapi, tahukah EFriends bahwa ada banyak fakta menarik tentang penguin yang mungkin belum kamu ketahui?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bayangkan seekor burung yang tidak bisa terbang, berjalan dengan cara yang lucu, dan hidup di daerah bersalju? Yap, EFriends pasti langsung teringat dengan penguin! Burung yang menggemaskan ini memang selalu menarik perhatian dengan berbagai keunikannya. Yuk, simak beberapa fakta unik penguin berikut ini.

baby penguin

Penguin Tidak Bisa Terbang, Tapi Jago Berenang!

Meskipun memiliki sayap, penguin tidak bisa terbang seperti burung lainnya. Sayap penguin telah berevolusi menjadi sirip yang kuat untuk membantunya berenang dan menyelam dengan kecepatan tinggi. Penguin bahkan bisa menyelam hingga kedalaman 500 kaki dan menahan napas selama 20 menit! Keren, kan?

Cara Berjalannya Unik

EFriends pasti pernah melihat penguin berjalan dengan cara yang lucu, yaitu dengan tubuh tegak dan kaki yang pendek. Ternyata, cara berjalan ini membantu penguin untuk menjaga keseimbangannya di atas es dan salju. Selain itu, penguin juga memiliki ekor kecil yang berfungsi sebagai penyangga saat mereka berdiri.

Penguin Bisa Minum Air Asin

Penguin hidup di daerah dengan air laut yang asin. Tapi, tahukah kamu bahwa penguin bisa minum air asin tanpa merasa dehidrasi? Penguin memiliki kelenjar khusus di atas matanya yang berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan garam dari tubuhnya.

Penguin Adalah Hewan Sosial

Penguin hidup dalam kelompok besar yang disebut koloni. Koloni ini dapat terdiri dari ratusan hingga ribuan penguin. Hidup berkoloni membantu penguin untuk saling menjaga dan melindungi diri dari predator.

Penguin Punya Macam-macam Ukuran

Tahukah EFriends bahwa ada 18 spesies penguin di dunia? Setiap spesies memiliki ukuran yang berbeda. Penguin kaisar adalah spesies penguin terbesar dengan tinggi mencapai 1 meter dan berat hingga 40 kg. Sedangkan penguin kecil, seperti penguin peri, hanya memiliki tinggi sekitar 30 cm dan berat 1 kg.

Burung yang Setia

Penguin adalah burung yang setia pada pasangannya. Mereka kawin seumur hidup dan saling membantu untuk mengerami telur dan merawat anak-anaknya.

Penguin Punya Kemampuan Adaptasi yang Luar Biasa

Penguin telah beradaptasi dengan sempurna dengan lingkungannya yang dingin. Bulu penguin yang tebal dan kedap air membantu mereka untuk tetap hangat di suhu yang ekstrim. Penguin juga memiliki lapisan lemak yang tebal untuk membantu mereka menyimpan energi.

Meskipun memiliki banyak keunikan, penguin terancam punah akibat perubahan iklim dan perburuan liar. EFriends, mari kita jaga bersama habitat penguin dan lestarikan keberadaan mereka.

Nah, EFriends, sekarang kamu sudah tahu kan banyak fakta unik tentang penguin? Burung yang menggemaskan ini memang penuh dengan kejutan. Yuk, kita jaga dan lestarikan keberadaan penguin agar mereka tetap hidup dan berkembang biak di bumi ini.

Bagaimana? Seru kan mengenal tentang penguin? Kamu tahu apa lagi yang seru selain mengenal penguin? Tentu saja belajar bahasa Inggris gratis!

kamu bisa mencoba kelas gratis lho! Cukup dengan mengisi nomor telepon pada laman ini, kamu sudah bisa mencoba kelas gratisnya sekarang juga!