Menu
early bird
Education Advice

Yuk, Cari Tahu Jam Belajar Idealmu Di Sini!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.25

Pernahkah EFriends merasa belajar di pagi hari itu bagaikan mimpi buruk? Atau justru kamu lebih produktif di malam hari saat orang lain sudah terlelap? Nah, EFriends mungkin termasuk "early bird" yang lebih aktif di pagi hari atau "night owl" yang lebih berenergi di malam hari.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Night owl biasanya lebih aktif dan produktif di malam hari, sedangkan early bird lebih segar dan fokus di pagi hari. Lalu, jam belajar mana yang terbaik? Jawabannya, tergantung kamu termasuk night owl atau early bird!

Setiap orang memiliki ritme sirkadian yang berbeda, yaitu jam biologis internal yang mengatur kapan kita merasa lelah dan terjaga. Menemukan jam belajar yang sesuai dengan ritme sirkadianmu akan membantumu belajar lebih efektif dan efisien.

Menentukan jam belajar yang efektif itu tergantung beberapa faktor, seperti berikut ini:

cara belajar

Kenali Waktu Emasmu

Setiap orang memiliki jam produktifnya sendiri. Para morning person mungkin akan merasa paling fokus dan bersemangat di pagi hari, antara pukul 6 sampai 11 pagi. Saat ini, suasana biasanya masih tenang dan pikiran masih fresh, cocok untuk belajar materi yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika atau sains. Sementara itu, night owl mungkin baru "panas" menjelang sore atau malam hari, sekitar pukul 7 sampai 10 malam. Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan kreativitas, seperti menulis esai atau merancang presentasi.

Sesuaikan Materi dengan Waktu Belajar

Tidak semua materi pelajaran diciptakan sama. Pelajaran yang membutuhkan hafalan dan logika seperti rumus matematika atau definisi sejarah biasanya lebih mudah diserap pada saat kamu sedang fokus dan tajam. Alokasikan jam produktif kamu untuk menaklukkan materi-materi ini. Sedangkan, pelajaran yang lebih bersifat pengenalan atau repetitif, misalnya menghafal kosakata bahasa asing atau membaca ringkasan materi, bisa EFriends jadwalkan pada saat energi kamu sedikit menurun.

Perhatikan Durasi Fokus Belajar

Kemampuan fokus manusia itu terbatas. Kebanyakan orang hanya bisa belajar secara optimal dalam sesi-sesi singkat, biasanya sekitar 1 sampai 2 jam. Setelah itu, kemampuan konsentrasi akan menurun dan rasa bosan mulai menyerang. EFriends bisa mengatasi hal ini dengan membuat jeda istirahat singkat selama 5-10 menit. Kamu bisa berjalan-jalan ringan, melakukan peregangan, atau sekedar ngemil makanan sehat. Istirahat sejenak ini akan membantu kamu untuk kembali fokus dan siap menyerap materi selanjutnya.

Sesuaikan Jadwal Belajar dengan Beban

Jangan jadi maraton belajar yang justru membuat kamu cepat lelah! Sesuaikan durasi belajar dengan jumlah materi yang perlu dikuasai. Misalnya, jika kamu menghadapi ujian dengan sedikit materi yang padat dan kompleks, alokasikan waktu belajar yang lebih panjang dengan sesi istirahat yang lebih sering. Sebaliknya, untuk ujian dengan materi yang luas tapi cenderung mudah dipahami, kamu bisa membaginya ke dalam sesi belajar yang lebih pendek dan renggang.

Sinkronkan dengan Aktivitas Lain

Ingat! bahwa belajar bukanlah satu-satunya hal penting dalam hidup EFriends. Perhitungkan jam sekolah, waktu tidur, makan, dan aktivitas penunjang lainnya seperti olahraga atau bersosialisasi. Buat jadwal belajar yang realistis dan bisa kamu jalankan secara konsisten.

EFriends bisa membuat rutinitas belajar. Biasakan belajar pada jam yang sama setiap harinya. Ini akan membantu melatih konsentrasi EFriends. Gunakan juga teknik Pomodoro untuk membagi waktu belajar menjadi sesi-sesi singkat selama 25 menit, dengan jeda istirahat di antara tiap sesinya 5 menit. Yang terpenting, cari tempat belajar yang nyaman. Hindari tempat yang terlalu ramai atau banyak distraksi. Ingatlah, EFriends harus disiplin dan konsisten dalam menerapkan jam belajar yang telah dipilih.

Jika EFriends butuh bantuan untuk belajar bahasa Inggris, kamu bisa lho mencoba kelas coba gratis EF dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Disini kamu akan belajar dengan berbagai metode belajar yang menyenangkan bareng guru-guru professional. Buruan daftar. kesempatan terbatas!

Sampai ketemu di kelas ya!