Menu
body language
Listening and Speaking

Yuk Belajar Body Language Agar Kamu Makin Keren Saat Speaking

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.13

Apa kamu pernah merasa gugup atau kurang percaya diri saat harus berbicara di depan umum? Jangan khawatir, di sini Tom akan memberikan tips khusus yang bisa membuat kamu tampil lebih percaya diri saat speaking.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kali ini Tom akan membahas topik yang sangat menarik, yaitu body language atau bahasa tubuh. Tahukah kamu bahwa apa yang ditunjukkan melalui gerakan tubuh dapat berbicara lebih jelas daripada kata-kata biasa yang keluar dari mulut kita? Supaya tidak terlalu lama menunggu, yuk kita mulai menjelajahi mengenai pentingnya memahami dan menguasai body language agar kamu bisa makin keren saat speaking.

Apa Itu Body Language?

body language meaning

Sebelum melangkah lebih jauh, mari pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan "body language". Body language adalah salah satu media pada komunikasi non-verbal yang melibatkan gerakan, ekspresi wajah, postur tubuh, dan bahasa tubuh secara umum. Ini adalah bahasa yang kamu gunakan tanpa disadari dan mendukung dalam mengungkapkan perasaan dan pemikiran yang ingin disampaikan.

Body language memiliki peran besar dalam komunikasi kita sehari-hari. Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Prof. Albert Mehrabian dari University of California, Los Angeles. Ketika kamu berbicara di depan orang lain, 93% pesanmu disampaikan melalui body language dan intonasi suaramu, sementara hanya 7% melalui kata-kata yang kamu ucapkan. Ini berarti body language sangat memengaruhi seseorang untuk memahami pesan yang kamu sampaikan. Keren, bukan?

Tips Supaya Makin Keren Saat Speaking

how to use body language in speech
  • Kontrol Mata dan Kontak Mata
    Mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling kuat dalam menyampaikan emosi dan pesan tanpa kata-kata. Saat berbicara, pastikan untuk menjaga kontak mata dengan audiensmu. Ini menunjukkan bahwa kamu percaya diri dan peduli pada apa yang kamu bicarakan. Jika kamu terlihat tidak fokus atau malu-malu, orang mungkin akan merasa kurang tertarik.

  • Postur Tubuh yang Tegap
    Postur tubuhmu juga sangat penting. Cobalah untuk berdiri atau duduk dengan tegap. Ini akan memberikan kesan bahwa kamu adalah seorang yang percaya diri dan siap untuk berbicara. Hindari bersandar atau tampak kurang energik, karena itu bisa mengurangi daya tarik saat berbicara di depan publik.

  • Perhatikan Gestur Tangan
    Gerakan tangan yang sederhana dapat memperkuat pesanmu. Saat mulai berbicara, tubuhmu harus rileks dengan kedua tangan di samping badan. Ini akan memberi kesan bahwa kamu selalu siap atau terbuka. Gunakan tanganmu untuk mendukung apa yang kamu katakan, tapi jangan sampai berlebihan. Hindari gestur yang terlalu mengganggu atau tidak relevan dengan pembicaraanmu.

  • Rileks adalah kunci!
    Terkadang, ketika gugup, kita tanpa sadar melakukan gerakan-gerakan yang bisa mengganggu audiens. Misalnya, menggaruk kepala, kaki banyak bergerak atau menggosok tangan. Cobalah untuk mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan ini dan berusaha mengendalikannya. Ini akan membantu kamu tampil lebih profesional dan percaya diri.

    Sstt! Jika kamu masih gugup, kamu juga bisa menggerakan benda-benda di sekitarmu seperti kertas misalnya. Ibaratnya seperti kamu sedang memindahkan rasa gugupmu terhadap objek yang kamu pengang. Selain itu dengan menggerakkan benda kamu bisa lebih memberikan penekanan terdapat isi pesan yang kamu sampaikan. Yuk dicoba!

  • Pahami Bahasa Tubuhmu Sendiri
    Selain memahami bagaimana memanfaatkan bahasa tubuh secara positif, penting juga untuk memahami bahasa tubuhmu sendiri. Ketika kamu bisa mengenali tanda-tanda tubuhmu, kamu dapat lebih baik mengontrolnya dan mengoptimalkan pesan yang ingin kamu sampaikan.

  • Perbanyak Latihan
    Terakhir, jangan lupa untuk berlatih! Practice makes perfect. Cobalah berbicara di depan cermin atau merekam diri sendiri saat berbicara. latih juga facial expressiveness atau mimik wajah. Kamu bisa melatih ekspresi wajah yang tepat dan memikat di depan cermin sambil mengucapkan kata-kata yang ingin diucapkan untuk berbicara di depan umum. Ini akan membantu kamu melihat dan memahami bagaimana kamu terlihat saat berbicara. Kamu juga bisa meminta umpan balik dari teman yang dapat memberikan saran yang berguna.

Dengan memahami dan menguasai body language, kamu akan menjadi lebih keren saat berbicara di depan umum. Ini akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Apapun tujuanmu, penggunaan body language yang baik akan membantu kamu terlihat lebih percaya diri dan memikat!

Jadi, mari mulai belajar dan berlatih meningkatkan kemampuanmu EFriends. Dengan semangat dan usaha, kamu bisa meningkatkan keterampilan berbicaramu dan menjadi pribadi yang lebih keren dalam berkomunikasi. Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat belajar!

Kamu masih ragu dalam berbicara bahasa Inggris? Jika iya, kamu bisa lho menjadi EFStudent! Di sini kamu akan mempelajari banyak tips yang memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris terutama speaking.

Yuk, ambil peluang kamu untuk bergabung dalam kelas GRATIS belajar bahasa Inggris di EF dengan guru yang profesional. Segera isi formulir yang ada pada laman ini sekarang!