Menu
good job
Grammar and Vocabulary

Variasi Kata "Good" dalam Bahasa Inggris Supaya Percakapanmu Perfect!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.19

Ketika memberikan pujian kepada orang lain, kita sering kali menggunakan kata "good". Namun, terdapat beragam alternatif yang dapat digunakan untuk menyampaikan apresiasi, seperti "perfect", "fantastic", dan masih banyak lagi. Kira-kira dalam kesempatan apa saja kita dapat menggunakan sinonim "good"?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Secara bahasa, kata "good" memiliki arti positif seperti baik atau bagus. Namun, dalam penggunaan sehari-hari, istilah ini mencakup berbagai makna yang sering digunakan untuk menyatakan sesuatu yang positif atau keadaan yang menggembirakan. Misalnya, kata ini bisa digunakan pada situasi yang menyenangkan, atau bahkan perasaan yang menyenangkan.

ungkapan kata good

Apa Itu Good?

Menurut Cambridge Dictionary, istilah "good" merupakan kata sifat yang menyatakan perasaan menyenangkan atau memuaskan. Biasanya, kata "good" digunakan untuk memberikan deskripsi atau keterangan terhadap kata sifat, seperti dalam ungkapan "good mood," yang berarti perasaan yang baik.

Selain itu, kata ini juga dapat digunakan sebagai ungkapan sapaan atau salam, baik dalam situasi formal maupun tidak formal. Dengan kata lain, "good" mencerminkan sesuatu yang positif atau menggambarkan suatu keadaan yang menyenangkan.

Contoh kata "good" dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyapa:

  • "Good night" (Selamat malam) - Digunakan saat berpisah pada malam hari.

  • "Good afternoon" (Selamat siang) - Salam untuk waktu setelah tengah hari.

  • "Good evening" (Selamat sore) - Digunakan pada waktu senja.

  • "Good morning" (Selamat pagi) - Salam untuk waktu pagi hari.

Selain itu, kata "good" juga bisa digunakan untuk mengakhiri pertemuan atau percakapan untuk memberikan kesan yang baik.

  • "Good to see you" (Senang bertemu dengan kamu) - Ungkapan kebahagiaan saat bertemu seseorang.

  • "Good to know you" (Senang mengenal kamu) - Ungkapan kegembiraan karena mengenal seseorang.

Tak hanya itu, kata "good" juga bisa ditujukan untuk memberikan dukungan kepada seseorang, contohnya "good luck".

Ungkapan "Good" dalam Bahasa Inggris Lainnya

kata lain good

Awesome

"Awsome" merupakan istilah informal yang sering digunakan untuk menyatakan kekaguman atau kepuasan terhadap sesuatu yang disukai. "Awesome" memiliki arti luar biasa atau menakjubkan. EFriends bisa menggunakan kata ini untuk mengekpresikan kesukaan terhadap sesuatu. Contohnya:

  • The concert last night was awesome!
    Konser semalam itu luar biasa banget!

  • "Your performance on stage was awesome!"
    "Penampilanmu di atas panggung sangat mengagumkan!"

Excellent

Excellent mempunyai arti unggul atau hebat dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasanya diucapkan ketika kamu ingin memuji sesuatu. Misalnya, ada temanmu yang belajar sangat luar biasa sehingga nilai ujiannya bagus. Maka, kamu bisa menyampaikan kata “excellent” kepadanya. Contohnya:

  • "You did an excellent job on the test."
    "Kamu melakukan pekerjaan yang sangat baik pada ujian ini."

  • "You did an excellent job on the presentation."
    "Kamu melakukan pekerjaan yang sangat bagus dalam presentasinya."

Perfect

Memiliki arti sempurna, "perfect" digunakan untuk menjelaskan saat-saat di mana segala sesuatunya sesuai dengan keinginanmu sepenuhnya. Misalnya, ketika kamu berada di pantai, duduk di bawah pohon kelapa, dan menikmati minuman es kelapa yang sejuk dan menyegarkan. Kamu bisa bilang bahwa situasinya "sangat sempurna," seperti momen yang benar-benar kamu idamkan. Contohnya:

  • "The sunset view from the beach was perfect."
    "Pemandangan matahari terbenam dari pantai itu sempurna."

  • "The weather for our picnic is perfect!"
    "Cuaca untuk piknik kita sangat sempurna!"

Fantastic

Fantastic atau fantastis dalam bahasa Indonesia, adalah kata yang digunakan ketika kita melihat sesuatu yang sangat bagus dan menarik. Ini seperti memberi tahu orang lain bahwa, kamu sangat senang dan terkesan dengan sesuatu. Jadi, kamu bisa mengatakan "fantastic" ketika melihat sesuatu yang sangat indah atau menyenangkan. Contohnya:

  • "That movie was fantastic; I really enjoyed it."
    "Film itu fantastis; saya benar-benar menikmatinya."

  • "The concert last night was fantastic!"
    "Konser semalam sangat fantastis!"

Cool

Cool dalam hal ini bukan berarti dingin, tetapi artinya keren atau bagus. Biasanya kita mengatakan ini ketika kita ingin memberi pujian kepada seseorang karena gaya atau penampilannya yang sangat bagus, seperti seniman yang tampil mengesankan. Contohnya:

  • "The new video game graphics are so cool!"
    "Grafis permainan video yang baru sangat keren!"

  • "Your new skateboard is really cool!"
    "Skateboard baru kamu keren banget!"

Selain kelima kata diatas kamu juga bisa menggunakan kata "nice", "fine", "great", dan "well" untuk menggantikan kata "good".

Setelah mengetahui alternatif lain dari kata good, kamu bisa menggunakan kata-kata "perfect," "excellent," "cool," "fantastic," dan "awesome" untuk menyampaikan apresiasi atau pujian dengan lebih beragam dan spesifik. dengan kata-kata tersebut dapat membuat ungkapan lebih berwarna dan memberikan kesan yang lebih kuat terhadap kepuasan atau kekaguman terhadap sesuatu.

Kalau kamu mau lebih banyak tentang sinonim dan belajar bahasa Inggris, kamu bisa daftarkan dirimu untuk ikut les bahasa Inggris di EF. Disini kamu akan belajar bahasa Inggris lewat metode yang menyenangkan. Pastinya akan dipandu dengan guru yang profesional!

Penasaran? Yuk coba kelas gratis untuk melihat keseruan kelas EF untuk buah hati.