Menu
belajar di rumah
Education Advice

Trik Rahasia Belajar di Rumah yang Seru

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.05.30

Haloha! Apa kabar teman-teman EF Blog? Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari kegiatan belajar. Bahkan tidak jarang dari kita yang mencari cara belajar di rumah yang efektif. Supaya kegiatan belajar ini tidak membosankan lagi, yuk ikuti trik rahasia belajar seru di rumah!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Secara garis besar, cara belajar adalah sebuah usaha yang sedang atau biasa dilakukan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Beberapa orang mungkin sudah menemukan cara belajar efektifnya, namun pada dasarnya kita juga memerlukan trik belajar yang seru agar materi dapat dengan mudah masuk ke otak.

Jadi, bagaimana cara belajar agar cepat masuk ke otak? Tentunya dengan mengikuti metode pembelajaran efektif di bawah yang dapat kamu praktikkan sekarang juga. Let’s scroll down! 😉

1. Atur waktu belajar yang efektif

waktu belajar yang efektif

Trik rahasia belajar yang pertama yaitu perhatikan waktu belajar yang efektif. Pada dasarnya setiap orang memiliki waktu belajarnya masing-masing. Namun terkadang kita juga bingung memilih waktu yang tepat untuk belajar.

Terdapat lima waktu belajar, yaitu saat subuh, pagi, siang, sore, dan malam. Di antara kelima waktu tersebut, subuh atau pagi hari adalah waktu yang paling baik karena otak masih dalam keadaan segar dan siap berpikir dan menyimpan memori pembelajaran. Hal ini didukung oleh penelitian yang menyatakan bahwa kecerdasan otak meningkat pesat ketika bangun tidur.

Bagi anak-anak, waktu belajar efektif yaitu mulai dari jam 7 pagi sampai jam 9 pagi. Kemudian, kita juga bisa memulainya dari jam 9 pagi sampai jam 11 untuk lebih fokus menerima materi. Apabila terdapat materi yang sulit dipelajari maka kita juga bisa belajar pada jam 11 sampai jam 2 siang.

Tentunya waktu belajar efektif ini tergantung pada jenis kegiatan yang sedang kamu lakukan. Agar otak tidak jenuh, kamu perlu memperhatikan lama waktu belajar. Misalnya yaitu selama 30 menit sampai 40 menit, setelah itu kita perlu istirahatkan otak agar dapat kembali fresh.

2. Pelajari dan praktikkan

belajar di rumah

Agar otak mudah menangkap dan memahami setiap materi maka hal yang perlu kamu lakukan setelahnya adalah praktikkan!

Cara mempraktikkannya yaitu dengan mengerjakan soal, praktik berbicara bahasa Inggris jika materinya adalah bahasa Inggris, dan sebagainya. Mempraktikkan materi yang sudah dipelajari bertujuan untuk meningkatkan daya ingat otak dan memudahkan kita untuk menangkap terkait apa yang sedang kita pelajari.

3. Setel lagu favorit

lagu yang cocok untuk belajar

Biar makin seru, kamu bisa sambil memutar lagu favoritmu yang dapat meningkatkan semangat. Jika kamu bukanlah orang yang suka dengan musik saat belajar maka kamu bisa menyetel instrumen relaksasi musik untuk membuat suasana belajar semakin nyaman.

4. Belajar dari games

games untuk meningkatkan daya ingat otak

Siapa bilang games hanya digunakan untuk bermain? Saat ini games sudah dimodifikasi untuk membantu murid belajar lewat aplikasi. Pada dasarnya, setiap games memberi kita ilmu baru tentang bagaimana cara memecahkan teka-teki. Hal ini tentunya dapat melatih otak kita untuk berpikir dan menganalisis setiap peluang.

Jika di lingkungan sekolah kita tidak bisa belajar sambil bermain games, maka di rumah kita dapat menggunakan trik ini sebagai media pembelajaran yang seru. Asyik, kan?

5. Belajar online dari platform seru

platform belajar online

Saat mengunjungi artikel ini pasti terlintas dalam benakmu, bagaimana cara belajar yang efektif di rumah dan menyenangkan? Mungkin trik yang kelima adalah metode pembelajaran yang paling mudah untuk dilakukan.

Kenapa terbilang cukup mudah? Karena di dalam platform belajar seperti Youtube, dan ruang online lainnya memberikan penjelasan yang lebih detail seperti guru yang mengajarkan muridnya di sekolah. Oh iya di Hari Anak biasanya akan banyak sekali kegiatan seru dan promo dari platform belajar yang asyik loh!

Dengan menonton video belajar online terkait materi tersebut kita akan lebih mudah memahaminya. Apalagi jika kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan gurunya seperti kelas belajar bahasa Inggris di EF online yang memudahkan murid untuk belajar interaktif di rumah.

Di EF, bukan hanya kelas online saja loh! Kini kamu bisa belajar langsung di kelas dengan metode pembelajaran yang seru! Supaya makin asyik, kamu bisa ikut dalam kegiatan LifeClub dan bergabung di Program Adventures in English Holiday Academy!

Kapan lagi bisa liburan seru sambil belajar bahasa Inggris? DAFTAR sekarang juga yuk! 😉