Menu
Seorang lelaki sedang bekerja menggunakan laptop

Tren Pekerjaan Baru yang Bakal Kamu Temukan di Tahun Depan

trend and lifestyleteknologi
2020.06.05

Memiliki sebuah pekerjaan merupakan impian semua orang yang ada di dunia. Banyak profesional bersaing secara ketat untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang diinginkan dan bisa menunjang kebutuhan hidup. Di era globalisasi seperti ini, ketika internet mulai muncul dan teknologi berkembang dengan pesat, industri pun ikut menyesuaikan dan mulai berganti arah.

Perubahan ini yang akhirnya menciptakan suatu tren baru di bidang pekerjaan. Bersamaan dengan munculnya tren baru, ada beberapa jenis keterampilan utama yang sangat dianjurkan untuk kamu kembangkan.

Seperti apa contoh keterampilan tersebut? Digital skills, agile thinking, interpersonal & communication skills, dan global operating skills, merupakan kemampuan dasar yang harus kamu bangun untuk bisa bersaing di zaman modern ini.

Keterampilan tersebut didasarkan pada tren pekerjaan yang diperkirakan akan berubah di tahun-tahun berikutnya. Kira-kita apa tren pekerjaan baru yang akan kamu temukan? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

1. Digital Marketing

tren pekerjaan digital marketing

Pekerjaan di bidang marketing memang sudah ada sejak lama. Proses pemasaran suatu produk dan jasa adalah fokus utama dari bidang ini. Dengan berkembangnya teknologi, cara suatu perusahan dalam memasarkan produk atau jasanya tentu semakin kreatif. Nah dari situlah muncul trend baru, yaitu digital marketing. Sederhananya, pekerjaan ini memasarkan produk atau jasa melalui media digital.

Tren baru ini, tentu saja membutuhkan keterampilan yang berbeda. Untuk digital marketing, digital skills sangat dibutuhkan. Saat ini, kemunculan media sosial menjadi begitu penting ketika ingin memasarkan suatu produk atau jasa. Berkembang pula bisnis e-commerce dimana kamu bisa membeli, menjual dan menyewakan apapun hanya melalui jari-jari mu.

Selain itu, keterampilan seperti agile thinking, interpersonal & communication skills, serta global operating skills juga penting untuk mendukung karir kamu di bidang ini.

Tidak heran, jika melihat teknologi yang terus berkembang dengan pesat, tren pekerjaan ini akan sangat mudah kamu temukan di tahun depan.

2. Cyber Security Operation

tren pekerjaan cyber security operation

Apa itu cyber security operation? Cyber security operation merupakan suatu pekerjaan yang melakukan pengamanan terhadap sistem informasi suatu perusahaan.

Apakah pekerjaan ini penting? Tentu saja! Di era yang serba canggih ini, mudah sekali bagi seseorang untuk mengakses data-data penting. Oleh karena itu, pekerjaan di bidang ini sangat penting untuk menjaga rahasia suatu perusahaan agar data mereka tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Keterampilan yang sangat dibutuhkan di bidang ini adalah digital skills. Karena memang pekerjaannya berhubungan dengan teknologi.

3. SEO Specialist

tren pekerjaan seo specialist

Sepertinya pekerjaan ini masih cukup asing di telinga beberapa orang. SEO adalah singkatan dari search engine optimization yang artinya optimisasi mesin pencarian. Pekerjaan ini berfokus pada pengaturan strategi pemasaran dalam sebuah konten agar banyak dilihat di berbagai mesin pencarian. SEO specialist juga berkaitan erat dengan digital marketing.

4 keterampilan yang telah disebutkan di atas tentunya sangat penting untuk dimiliki jika kamu ingin berkecimpungan di bidang ini. Persiapkan dirimu dengan baik, karena tren pekerjaan SEO specialist akan menunggumu di tahun depan.

4. Content Writer

tren pekerjaan content writer

Mungkin pekerjaan yang satu ini sudah sangat familiar di telingamu. Content writer merupakan penulis konten web, yang biasanya hasil dari tulisannya tersebut akan dipublikasikan di Internet. Bidang ini juga erat kaitannya dengan digital marketing dan SEO specialist. Jadi sudah pasti, tren pekerjaan ini akan merajai tahun 2021.

Meskipun content writer sudah ada semenjak beberapa dekade terakhir, namun seiring perkembangan teknologi, cara bekerjanya pun turut berkembang dan menyesuaikan kebutuhan industri saat ini.

5. Graphic Designer

tren pekerjaan graphic designer

Ketika sedang mencari pekerjaan di beberapa job portal, biasanya kamu akan banyak menemukan lowongan kerja di bidang graphic designer. Graphic designer adalah sebuah pekerjaan yang membuat suatu ilustrasi atau design untuk kebutuhan pemasaran. Hasilnya bisa berupa logo, poster, brosur, dan lainnya.

Pekerjaan ini erat kaitannya dengan digital marketing. Ketika digital marketing mengusung sebuah konsep pemasaran, maka graphic designer akan membantu merealisasikan konsep tersebut melalui design yang dibuatnya.

Jika kamu tertarik di bidang ini, keterampilan yang patut kamu kembangkan tentunya digital skills, yang artinya kamu harus mampu menguasi berbagai software untuk membuat design yang menarik.

6. Translator

tren pekerjaan translator

Hidup di era globalisasi, membuat kita menjadi borderless. Kesempatan untuk belajar, bekerja, dan keliling dunia menjadi suatu hal yang sangat bisa diwujudkan. Kemampuan berbahasa asing menjadi kunci untuk bisa mendapatkannya. Tidak heran, di jaman sekarang banyak sekali permintaan pekerjaan terhadap orang-orang yang bisa menguasai berbagai bahasa. Profesi ini disebut sebagai translator atau penerjemah.

Menjadi seorang translator, kamu dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing baik itu secara oral maupun tulisan. Tren pekerjaan ini akan terus meningkat setiap tahunnya. Jadi tidak ada salahnya untuk mempelajari banyak bahasa, selain bahasa Indonesia.

7. Video Editor

tren pekerjaan video editor

Dengan berkembangnya Youtube, terbuka pula peluang besar bagi para video editor. Pekerjaan di bidang ini memang bukanlah suatu hal yang baru, namun permintaan akan sumber daya manusia nya terus bertambah di setiap tahun. Mulai dari freelance, intern, part time, hingga full time, bisa kamu lakukan. Selain itu, banyak juga loh video editor yang dapat bekerja dari rumah. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, kamu tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Lalu, keterampilan apa yang harus dimiliki? Tentunya digital skills, agile thinking skills, serta interpersonal & communication skills. Kenapa bukan hanya digital skills? Karena kemampuan dalam berpikir kritis, komunikasi yang baik, mampu bekerja sama, dan kreatif merupakan dasar keterampilan di semua pekerjaan. Oleh sebab itu, kamu perlu mengembangkan berbagai keterampilan agar dapat bersaing.

8. Business Intelligence Analyst

tren pekerjaan business intelligence analyst

Apa itu business intelligence analyst? Business intelligence analyst adalah suatu pekerjaan yang menggunakan data sebagai poin utama untuk dianalisis dan hasilnya akan menjadi patokan dalam sebuah bisnis ketika ingin mengambil keputusan.

Para pekerja ini akan menganalisis tren yang dapat membantu suatu perusahaan dalam menentukan langkah untuk meningkatkan kualitas dari usaha mereka. Bekerja pada bidang analis, sangat membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, berpikir secara kritis, dan dapat memecahkan masalah dengan cepat.

Di beberapa tahun ke depan, business intelligence analyst akan sangat dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan. Semakin banyaknya usaha-usaha baru yang bermunculan, mulai dari dalam negeri maupun investor asing yang berdatangan, para pengusaha butuh orang yang dapat membantu menganalisa tren di masyarakat dan bagaimana saingannya menjalankan bisnis, dan itu semua bisa dilakukan oleh seorang business intelligence analyst.

9. UI Designer

tren pekerjaan UI designer

UI designer merupakan singkatan dari user interface designer. Masih banyak sekali orang yang bertanya-tanya tentang pekerjaan ini. Jika kamu membuka sebuah website atau aplikasi, dan tampilan atau desain dari kedua nya terlihat menarik itu semua adalah pekerjaan dari UI designer.

Mereka mendesain tampilan sebuah website agar memiliki ciri khasnya tersendiri. Selain itu tentu saja untuk mengundang orang agar mengunjungi website tersebut dan betah berlama-lama di dalamnya.

Semakin banyaknya aplikasi maupun website yang dibuat, maka semakin besar pula peluang pekerjaannya. Apalagi di era teknologi yang semakin canggih, jika kamu menguasai digital skills, jangan takut untuk mencoba terjun di bidang ini.

10. UX Designer

tren pekerjaan UX designer

Setelah mengetahui tentang UI designer, saatnya kamu belajar mengenal UX designer. UX designer atau user experience designer adalah pekerjaan yang membuat sebuah website atau aplikasi menjadi mudah untuk digunakan.

Nah, kalau kamu membuka salah satu website ecommerce, dan kamu merasa sangat mudah untuk mencari barang dan melakukan transaksi di dalamnya, maka UX designer berhasil melakukan pekerjaannya dengan baik.

Tren pekerjaan ini tentunya akan terus berkembang. Sehingga untuk dapat bersaing, kamu perlu mengasah hard skills maupun soft skills. Yuk terus belajar agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.


Itu dia kumpulan tren pekerjaan baru yang bakal kamu temukan di tahun depan beserta keterampilan yang dibutuhkan. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?