Menu
tradisi unik natal
News and Lifestyle

Tradisi Unik Natal di Dunia: Ada yang Sembunyikan Sapu!

2022.12.22

Natal hanya tinggal menghitung hari. Untuk kamu yang merayakan, sudah sampai mana nih persiapannya? Perayaan Natal juga tak hanya dirayakan dengan menghias pohon, membuat kue, dan beribadah. Melainkan ada banyak kegiatan unik dari masing-masing daerah loh.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Di Indonesia, mulai dari pertunjukan wayang kulit, bermain musik keroncong dan berkeliling kampung, menembakkan meriam bambu, berziarah ke makam kerabat, berbagi makanan, hingga berbagai kegiatan lainnya bisa kamu nikmati di setiap daerah. Unik ya? Nah, selain di Indonesia, tentu negara lain juga merayakan Natal. Sudah tahu tradisi unik perayaan Natal di negara lain?

Yuk, simak artikel berikut!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Menyembunyikan Sapu, Norwegia

sapu penyihir

Warga Norwegia percaya bahwa sebelum tidur pada malam Natal, mereka harus sembunyikan sapu. Hal ini dilakukan untuk menakut-nakuti roh jahat agar tidak bisa masuk ke rumah mereka. Sehingga, nenek sihir tidak bisa menggunakan sapu dan berkeliaran di perkampungan. Selain itu, para pria juga menembakkan senapan sepanjang malam. Yup, tentu saja tradisi ini lahir dari cerita rakyat Norwegia. Wah, seru!

2. Tukar Kado, Amerika

tukar kado natal

Kamu yang pernah tinggal atau pernah berlibur ke Amerika saat perayaan Natal. Sudah pernah merasakan tukar kado? Nah, biasanya umat kristiani Amerika merayakan Natal dengan mengadakan sebuah pesta makan malam bersama keluarga atau teman dekat dengan kalkun sebagai makanan utama. Selain itu, adanya tradisi tukar kado dan saling memberi ucapan Natal juga membuat perayaan ini semakin asyik dan intim loh.

3. Menyantap KFC, Jepang

menyantap fastfood

Perayaan yang satu ini benar-benar unik ya. Pasalnya, masyarakat Jepang gemar menyantap KFC saat perayaan Natal. Terjadi di tahun 1970an, di mana iklan KFC yang beredar di TV saat itu mengiklankan orang Amerika yang menyantap KFC saat perayaan Natal. Tradisi tersebut ternyata masih berjalan hingga saat ini loh! Bahkan masih banyak warga Jepang yang rela mengantre hanya untuk membeli KFC. Hayo, siapa yang lapar?

4. Menghias Rumah dengan Lentera dan Kertas, China

lentera dan kertas

Benda apa yang identik dengan China? Yup, lentera dan kertas. Nah, saat perayaan Natal, biasanya masyarakat China menghiasi rumah dengan berbagai kertas dan lentera. Selain itu, biasanya masyarakat China juga memasang foto keluarga atau foto nenek moyangnya di ruangan utama. Saat merayakan Natal, anak-anak pun akan mendapatkan baju baru, makanan, mainan baru, dan kembang api.

5. Festival Lentera Raksasa, Filipina

festival lentera

Kalau China identik dengan lentera dan kertas yang menghiasi rumah. Di Filipina, kamu akan menemukan banyak lentera raksasa. Festival ini berawal pada tahun 1904 yang diikuti oleh berbagai desa untuk berlomba menunjukkan kecantikan dan kerumitan lentera yang mereka buat. Festival ini diadakan setiap hari sabtu sebelum malam Natal dengan diameter yang besar dan dihiasi berbagai lampu cantik.

6. Menyalakan Lilin, Irlandia

lilin

Masyarakat Irlandia akan menyalakan lilin pada malam perayaan Natal. Lilin harus ditaruh di jendela besar dan tidak boleh padam sepanjang malam. Hal ini berfungsi sebagai penerang bagi orang-orang yang sedang mencari tempat teduh. Selain itu, lilin juga merupakan simbol perlindungan dan kehangatan.


Itu dia tradisi Natal di berbagai dunia. Setiap negara pasti memiliki keunikan dan keseruan masing-masing. Namun, tetap tidak menghilangkan ibadah dan tradisi berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Serunya lagi, liburan semakin seru, karena biasanya libur Natal hadir bersamaan dengan libur tahun baru. Wah, libur panjang ya? Sudah ada rencana apa saja nih untuk mengisi waktu liburan?

Yuk, isi kegiatan liburmu dengan kegiatan positif. Nah, setelah liburan, kamu sudah fresh dan bisa sekali ikut Free Demo Class EF! Kamu bisa bertemu dan berdiskusi dengan banyak teman sekaligus guru yang ahli dalam Bahasa Inggris loh. Tunggu apalagi? Ayo daftar kelasnya sekarang! Gratis๐Ÿ˜‰

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 22-12-2022