Menu
toefl bahasa inggris
Education Advice

TOEFL Bahasa Inggris

learning tips and exercisetes internasionalujian internasional
2020.05.09

TOEFL adalah kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat.

Tes TOEFL ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke universitas Eropa dan Australia. Tes ini program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).

Secara umum tes ini untuk menilai:

  1. Mahasiswa mempunyai kemampuan menulis dan tata bahasa yang baik dalam bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah.

  2. Mahasiswa mempunyai kemampuan membaca bahasa Inggris dengan baik dan benar agar nantinya bisa memahami buku-buku materi yang diwajibkan.

  3. Mahasiswa mempunyai kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris.

Umumnya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:

  • grammar structure and written expression

  • listening comprehension

  • reading comprehension

  • writing

Hingga saat ini TOEFL telah mengalami 3 evolusi pergantian format sejak pertama kali dibuat 47 tahun silam. Selain perubahan secara format, TOEFL juga mengalami perubahan yang sangat berbeda di segi hasil/nilai, seperti yang terlihat dalam bagan berikut:

  • Tahun 1964 – 1998: TOEFL Paper Based Test (PBT)

  • Tahun 1998 – 2005: TOEFL Computer Based Test (CBT)

  • Tahun 2005 – sekarang: TOEFL Internet Based Test

Tes TOEFL iBT format baru ini merupakan suatu alat bahasa Inggris yang dapat mengukur keempat keterampilan berbahasa (Listening, Reading, Speaking dan Writing) secara objektif, valid dan terfokus bagi mereka yang mengikuti tes TOEFL ini.

Dengan demikian, TOEFL iBT merupakan alat ukur standar bahasa Inggris dalam dunia akademik yang tepat digunakan sebagai:

  1. Persyaratan bahasa Inggris untuk studi ke luar negeri.

  2. Screening program beasiswa atau pertukaran mahasiswa

  3. Standar kesiapan mengikuti program akademik berbahasa Inggris

Tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English.

Apabila kamu berkeinginan untuk mengukur kemampuanmu dengan tes bahasa Inggris internasional, kamu juga dapat memperolehnya dengan mengikuti EF SET (Standard English Test) dan memperoleh sertifikat yang setara dengan ujian internasional lain.

Kamu juga dapat meningkatkan kemampuanmu agar memperoleh skor yang kamu inginkan dalam ujian bahasa Inggris dengan mengikuti program eksklusif dari EF.

Isi nomor teleponmu pada formulir di bawah ini untuk menemukan caranya!

Selamat, Kamu Dapat Voucher dari EF!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini untuk klaim voucher diskon 10%* sampai tanggal 23 Oktober 2020. Yuk, keburu kehabisan!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku