Menu
pronunciation
Listening and Speaking

Tips Untuk Meningkatkan Pronunciation mu!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.08.25

Pada saat belajar Bahasa Inggris, apakah kamu sering kesulitan dalam mengucapkan suatu kata atau kalimat? Dalam Bahasa Inggris pengucapan yang jelas dan benar akan membantu orang lain memahami apa yang kamu katakan. Pengucapan yang baik adalah kunci untuk melakukan komunikasi, supaya pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Kali ini Tom akan memberikan jurus jitu supaya pronunciation kamu terdengar jelas layaknya native speaker.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pengucapan atau pronunciation yang jelas dan akurat merupakan hal yang sangat penting dalam berbahasa Inggris. Pronunciation yang baik akan meningkatkan kepercayaan dirimu saat berbicara dengan native speaker atau temanmu. Jika kamu ingin menyempurnakan pelafalan Bahasa Inggris mu, ada beberapa tips berharga yang bisa kamu tiru untuk untuk meningkatkan pronunciation mu. Let's check this out!

Mendengarkan Secara Aktif

listening

Untuk meningkatkan kemampuan pronunciation mu, kamu perlu banyak mendengar berbagai macam jenis speaking yang menggunakan Bahasa Inggris. Ada banyak sekali saluran yang dapat kamu gunakan untuk memperjelas pengucapan, seperti TV, podcast, audiobook, hingga berlatih dengan penutur asli atau temanmu yang pandai berbahasa Inggris. Pada saat mendengarkan kamu harus memperhatikan cara mereka mengucapkan kata-kata, ritme, dan pola intonasi yang digunakan dalam percakapan Bahasa Inggris.

Mengembangkan Kemampuan Fonik

fonic

Fonik adalah mempelajari kata atau kalimat dengan melihat bentuk dan mendengarkan secara langsung. Biasakanlah dirimu untuk mengenali suara secara persis dengan setiap huruf atau kombinasi huruf. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam latihan melalui aplikasi atau audiobook untuk meningkatkan kemampuan fonikmu.

Berlatih Teratur

pronunciation english

Latihan yang konsisten adalah kunci untuk meningkatkan pronunciation. Sisihkanlah waktumu selama beberapa menit untuk berlatih berbicara Bahasa Inggris. Mulailah dengan mempelajari bunyi dasar, kata-kata, hingga kalimat dan percakapan yang lebih panjang. Gunakanlah alat yang dapat membantumu belajar atau mintalah temanmu untuk memberikan masukan mengenai cara pengucapannya.

Break Down Words

apa itu pronunciation

Kata-kata dalam Bahasa Inggris seringkali rumit dan sulit diucapkan. Pecahlah kata-kata tersebut menjadi suku kata lalu latihlah setiap suku kata secara terpisah sebelum mengucapkan seluruh kalimat. Memecah kata akan membantumu fokus pada pelafalan yang benar dari setiap suku kata hingga menghasilkan pelafalan yang lebih baik.

Mirror Native Speakers

mirror native speaker

Pilihlah beberapa penutur asli yang pelafalannya mudah kamu tiru cara berbicaranya. Amatilah gerakan mulut, intonasi dan bagaimana cara mereka mengucapkan suatu kata hingga kalimat. Latihan ini dapat membantumu mempelajari ritme dan melodi dalam mengucapkan suatu kata Bahasa Inggris, yang akan menghasilkan pelafalan yang terdengar alami layaknya native speaker.

Record Yourself

self recording

Rekamlah dirimu saat berbicara Bahasa Inggris, hal ini memungkinkanmu mengidentifikasi kata apa saja yang haru ditingkatkan. Dengarkanlah rekamannya dan bandingkanlah dengan native speaker karena dapat mengevaluasi pelafalan dan memberikan feedback secara instan. Dengan melakukan self recording saat melakukan latihan pronounciation. Kamu akan membantu dirimu dalam melacak kemajuan pronunciation.

Join Pronunciation Class

kelas pronunciation

Bergabunglah dengan kelas bahasa inggris yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pronunciation. Pada setiap kelas Bahasa Inggris kamu nantinya akan dipandu dengan guru-guru profesional dan berpengalaman sehingga dapat memandumu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Jangan ragu untuk meminta feedback pada guru terkait pelafalan Bahasa Inggris mu. Kritik yang membangun dapat memberikan dukungan dan peningkatan kemampuan dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, termasuk pengucapan yang baik, konsisten dalam latihan, mendengarkan dengan saksama, dan menerima umpan balik adalah langkah-langkah yang sangat penting. Keseriusan dalam memperbaiki pengucapan akan membantu kamu untuk memberikan pesan yang efektif dalam berbahasa Inggris.

Ingat meningkatkan kemampuan pelafalan Bahasa Inggris membutuhkan kesabaran dan usaha yang konsisten. Buatlah kesalahanmu sebagai kesempatan dalam belajar untuk menjadi yang lebih baik. Agar pronunciation-mu bisa semakin baik, jangan takut untuk mengetes level kemampuan Bahasa Inggrismu! Semakin sering evaluasi, semakin meningkat pula kemampuanmu. Yuk, ketahui level bahasa Inggrismu bersama EF. Jika kamu sudah berhasil meningkatkan berilah dirimu self reward untuk meningkatkan semangat supaya dapat belajar lebih dalam lagi mengenai Bahasa Inggris. 

Tom tunggu kamu di kelas ya!